3 Kawasan Wisata Favorit Wisatawan di Lombok

3 Kawasan Wisata Favorit Wisatawan di Lombok
5 (100%) 1 vote

Pulau Lombok yang menjadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  bersama Pulau Sumbawa terdiri dari 5 kota/kabupaten yaitu Kota Mataram sebagai ibukota provinsi, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara (KLU). Sejak dicanangkannya program Visit Lombok Sumbawa pada tahun 2012 dan mencapai target lebih dari 1 juta pengunjung, NTB khususnya Lombok mulai booming sebagai salah satu destinasi utama pariwisata Indonesia.

lombok map 1

Peta Destinasi Wisata Utama di Pulau Lombok

Kini dengan target jumlah kunjungan wisatawan yang lebih tinggi (2 juta), Pemerintah Provinsi NTB semakin giat melakukan promosi pariwisata dibantu oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB. Para pegiat sosial media pun tak mau ketinggalan untuk ambil peran dalam hal ini. Dengan adanya empat pintu masuk utama yang menjadi andalan masuknya arus kunjungan wisatawan ke Pulau Lombok, harapan itu seharusnya mampu diraih secara bersama-sama dengan peran serta semua pihak. Keempat pintu masuk utama tersebut adalah Bandara Internasional Lombok (BIL) di Kabupaten Lombok Tengah, Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat, Pelabuhan Kayangan di Kabupaten Lombok Timur, dan Pelabuhan Bangsal di Kabupaten Lombok Utara. Kemudahan akses jalan dan transportasi ke kawasan wisata termasuk akomodasi serta kelengkapan fasilitas wisata dan hiburan menjadi poin penting suatu kawasan akan menjadi pilihan utama para wisatawan menikmati waktu liburannya.

Daerah mana saja yang menjadi favorit wisatawan yang berlibur ke Lombok?

1. Kawasan Wisata Senggigi

kawasan wisata senggigi

Kawasan Wisata Senggigi

senggigi harbor

Dermaga Pantai Senggigi

Sebuah kawasan yang sudah lama menjadi ikon dunia pariwisata di Provinsi NTB yang terletak di Kabupaten Lombok Barat. Kawasan Wisata Senggigi berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Mataram bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika wisatawan datang dari BIL akan menempuh sekitar 2 jam perjalanan baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Sarana transportasi yang tersedia di BIL standby sejak jadwal penerbangan pertama sampai penerbangan akhir, berupa bus Damri melayani rute Mataram, Senggigi di Lombok Barat, dan Selong di Lombok Timur. Wisatawan juga bisa menggunakan mobil sewaan yang siap sedia di area penjemputan BIL. Pun di Pelabuhan Lembar juga sudah tersedia moda transportasi berupa angkutan umum Kopaja Lembar.

tarif bus damri bil

Tarif Bus Damri BIL

Berbagai macam jenis hotel atau penginapan mulai dari kelas backpacker sampai kelas berbintang tersedia di Kawasan Wisata Senggigi. Deretan pantai-pantai indah akan menyambut para wisatawan yang datang dimulai dari Pantai Duduk, Pantai Batulayar, Pantai Senggigi, sampai Pantai Kerandangan. Terdapat lokasi wisata religi di kawasan ini antara lain Makam Keramat Batulayar dan Pura Batu Bolong. Suguhan indah proses terbenamnya matahari (klik sunset) juga menjadi daya tarik kawasan ini.

Bagi yang doyan belanja untuk oleh-oleh jangan khawatir karena terdapat Pasar Seni dan Toko Oleh-oleh di sekitar Kawasan Wisata Senggigi yang menjual berbagai macam kerajinan dan makanan lokal Khas Lombok. Pusat hiburan malam berupa cafe, pub dan karaoke terletak di sepanjang jalan raya utama Senggigi sehingga suasana sangat hidup di malam hari 🙂

surving area senggigi

Anjungan Pantai Senggigi – Surfing Area

pura batu bolong

Pura Batu Bolong

2. Kawasan Wisata Kuta

mandalika resort

Lokasi Mandalika Resort Lombok Tengah

Kawasan yang bakalan menjadi primadona baru dunia pariwisata di Lombok! Koq bisa? Iya, daerah wisata yang terletak di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah ini sedang menjadi target para investor dalam mengembangkan kawasan wisata kelas dunia melalui mega proyek Mandalika Resort. Banyaknya pantai indah berpasir putih yang dikelilingi perbukitan menjadi ciri khas daerah wisata Kuta. Pantai Kuta (Mandalika), Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan, Batu Payung, Pantai Mawun, Pantai Semeti dan Mawi, Pantai Selong Belanak perlahan-lahan mulai menjadi pantai favorit para wisatawan yang ke Lombok. Dan ternyata, semua pantai tersebut bisa dikunjungi dalam waktu 1 hari saja! Cek ulasannya di sini.

mandalika beach

Pantai Mandalika – Kuta Lombok Tengah

selong belanak

Pantai Selong Belanak – Lombok Tengah

Lokasi kawasan yang dekat BIL (kurang dari setengah jam perjalanan) dengan akses jalan yang mulus (hotmix) menjadi keunggulan sendiri untuk pilihan berlibur di Kuta Lombok Tengah. Selain itu banyaknya pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang sampai penginapan kelas backpacker juga tersedia di Kawasan Wisata Kuta Lombok Tengah.

3. Kawasan Wisata Tiga Gili

Siapa wisatawan yang belum tahu tentang tiga pulau kecil (gili) nan cantik di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara ini? Belum? Waduh ke mana saja selama ini?

gili trawangan

Panorama dari Gili Trawangan – Lombok Utara

Gili Tramena adalah singkatan dari tiga gili yaitu Trawangan, Meno, dan Air. Gili Air berlokasi terdekat dengan Pulau Lombok (Pelabuhan Bangsal), Gili Meno berada di tengah dan Gili Trawangan sebagai gili terbesar dari ketiganya dan memiliki fasilitas terlengkap. Gili Trawangan terkenal sebagai Party Island karena hidupnya suasana setiap malam di gili ini. Bagi yang suka suasana sepi dan romantis bisa menginap di Gili Meno atau Gili Air. Gili Meno Bird Park menjadi pesona tersendiri bagi wisatawan pecinta satwa.

gili air

Salah satu sudut di Gili Air – Lombok Utara

Berikut ini jadwal Public Boat penyeberangan ke tiga gili dari Pelabuhan Bangsal:

Pel. Bangsal – Gili Air pkl. 09.00 WITA & pkl. 15.00 WITA Rp.12.000,- | Pajak Dishub Rp. 3.000,- | Pel. Bangsal – Gili Meno pkl. 14.00 WITA & pkl. 17.00 WITA Rp.14.000,- | Pajak Dishub Rp. 3.000,- | Pel. Bangsal – Gili Trawangan pkl. 07.30 – 17.00 WITA Rp. 15.000,- | Pajak Dishub Rp. 3.000,-.

Penginapan kelas melati, backpacker dan hotel berbintang tersedia lengkap di tiga pulau kecil ini (terutama di Gili Trawangan). Oya alasan lain yang menjadikan Kawasan Wisata Tiga Gili ini mendunia adalah spot snorkeling dan diving bawah lautnya yang sangat indah. Coba baca ulasannya di sini. Nanti saya ulas dalam tulisan tersendiri deh kawasan wisata kelas dunia yang satu ini, atau kalau tidak bisa sabar tanya ke mbah google dulu ya 🙂

Nah, dari ketiga kawasan tersebut mana yang menjadi kawasan wisata favoritmu? 🙂

Dong ayok ke Lombok!

(Visited 2,105 times, 1 visits today)


About

Admin @infolombok l Suka menggalau di akun @bli_arie yang hobi ke sana ke mari ke mana-mana dan sangat mencintai makanan (tanpa sayur)!


'3 Kawasan Wisata Favorit Wisatawan di Lombok' have 1 comment

  1. July 13, 2015 @ 5:06 pm depz

    lombok emang keterlaluan indahnya

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool