3 SPOT TRIP GILI DI LOMBOK

3 SPOT TRIP GILI DI LOMBOK
4.5 (90%) 2 votes

Sudah jauh lebih terkenal sejak dunia pariwisata Lombok mulai tumbuh, kawasan tiga gili (fyi, gili berarti pulau kecil di Lombok) di ujung barat pulau bukan menjadi trip gili bagi kebanyakan wisatawan (Trawangan, Meno dan Air). Saat ini, tiga spot utama yang tawarkan wisata gili berada di ujung barat daya –kabupaten Lombok Barat, dan dua spot di Lombok Timur.

Trip gili biasanya lebih tepat dilaksanakan dalam rombongan besar atau keluarga. Spot-spot gili yang didatangi umumnya berupa trip foto, diving, snorkeling serta sunrise atau sunset hunting.

TRIP GILI KESUN (KEDIS SUDAK NANGGU)

Web travel rujukan Anda untuk telusuri spot wisata di Lombok ini sudah banyak ulas spot satu ini. Saya hanya menekankan ulang beberapa apdet, terutama jika melakukan trip gili. Pertama, Anda akan selalu ditawarkan paket termurah, yaitu kunjungi tiga gili utama. Gili Nanggu sebagai spot diving dan snorkeling, Gili Sudak menjadi spot makan siang serta berakhir di Gili Kedis sebagai spot sunset hunting atau sesi foto-foto cantik.

Laut dan pantai sebening kristal di Gili Kesun.

Laut dan pantai sebening kristal di Gili Kesun.

Magnet utama Gili Kesun, spot diving cantik.

Magnet utama Gili Kesun, spot diving cantik.

Rata-rata kunjungi tiga gili di satu trip, paket trip dengan kunjungan gili yang lebih banyak juga bisa Anda minta. Menambahkan Gili Tangkong, atau gili layar bisa di trip yang spot sandar perahunya terletak di desa Batu Kijuk Sekotong ini.

Siluet Kesun nan cantik.

Siluet Kesun nan cantik.

Gili Kedis berlatar bebukitan di Sekotong, view dari atas perahu yang kembali ke desa Batu Kijuk.

Gili Kedis berlatar bebukitan di Sekotong, view dari atas perahu yang kembali ke desa Batu Kijuk.

Di perjalanan menuju spot perahu untuk lakukan trip ini, Anda bisa menyaksikan suasana pelabuhan Lembar dari kejauhan. Bahkan beberapa kapal besar yang sedang lempar sauh di Lembar bisa terlihat dari Gili Nanggu.
Perjalanan darat sekitar 1 sampai 1.5 jam dari kawasan wisata Senggigi atau sekitar 2 jam jika Anda memutuskan langsung ke spot selepas landing di Bandara Internasional Lombok di Praya Lombok Tengah.

TRIP GILI PANTAI PINK LOMBOK TIMUR

Digunakannya nama Pantai Pink atau Pantai Tangsi di trip gili di sisi tenggara pulau Lombok ini lebih karena memang magnet utama trip masih di spot pantai cantik ini. Namun jika kebetulan Anda seperti rombongan tamu saya yang lebih menyukai spot-spot wisata lebih sepi, beberapa spot pantai lain di luar Pantai Pink atau Pink 2 bisa saja Anda lakukan. Banyak sekali spot pantai yang terdapat di sekitar Pantai Pink. Adanya tanjung-tanjung atau bukit-bukit pembatas antar pantai yang kadang masih sulit dilalui normal, menjadikan Anda sebagai satu-satunya pengunjung pantai.

Ada sekitar 5 sampai 7 gili yang bisa Anda hampiri. Salah satunya Gili Petelu sebagai spot snorkeling dengan koleksi ikan Nemo yang cukup mudah ditemui. Melewati Pulau Maringkik, pulau dengan penghuni suku Bugis Makassar, Anda akan dikenai tip extra karena spot ini tidak dimasukkan sebagai destinasi trip. Tenang, pemandangan luar pulau yang ramai dengan rumah-rumah penduduk serta kubah masjid tetap bisa Anda shoot dari atas perahu yang melaju.

Akses menuju desa nelayan Telong-Elong sebagai spot perahu sekitar 2 jam berkendara dari kawasan wisata Senggigi atau kota Mataram serta hanya 1 jam jika Anda langsung cap cuss sejak landing di BIL Lombok Tengah.

TRIP GILI KONDO LOMBOK TIMUR

Masih tawarkan kunjungan tiga gili utama sebagai paket trip, yaitu Gili Kondo, Gili Bidara dan Gili Lampu. Gili lain yang bisa diminta sebagai ekstra, Gili Petagan, Gili Sulat dan Gili Lawang dengan spot hutan bakau sebagai alternatif trip foto pun eksplorasi ekosistem bakau.

Gosong pasir di trip gili-gili Lombok.

Gosong pasir di trip gili-gili Lombok.

Saat ini sudah cukup banyak dermaga kecil di beberapa kampung nelayan di sepanjang garis pantai lokasi gili-gili cantik ini. Trip wisata ekstra bisa dipilih misalnya dengan lakukan trip bersama warga setempat. Anda bisa dapatkan berbagai sisi-sisi kearifan local serta wisata kuliner yang belum umum disediakan resto atau rumah-rumah makan yang terdapat di sepanjang jalan menuju spot wisata ini.

Hutan Liyan yang berada persis di sisi jalan utama baik saat menuju pun pulang dari trip gili bisa juga dimasukkan sebagai spot foto. Trip gili ini menjadi cukup lengkap, karena saat berwisata Anda bisa lakukan snorkeling, wisata kuliner dengan berbagai menu serba seafood a la Lombok serta view Rinjani nan gagah yang bisa disaksikan baik saat telusuri ruas jalan pun ketika sampai di beberapa gili target kunjungan (bisa dibaca ulang di tulisan khusus saya tentang Hutan Bakau Gili Sulat dan Gili Lawang).

Terletak paling jauh dari dua opsi trip gili di atas, Anda bisa memilih untuk menginap di hotel sekitar BIL atau di desa wisata Sembalun di kaki Gunung Rinjani. Akses berkendara sekitar 1 sampai 1.5 jam Anda sudah sampai di desa nelayan Padak Guar, spot perahu yang bisa antarkan lakukan trip gili.

Jadi, mari berkunjung lagi ke Lombok, cusss..

(Visited 175 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'3 SPOT TRIP GILI DI LOMBOK' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool