Taman Wisata Alam di Lombok

Ini Dia! 3 Taman Wisata Alam di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Ini Dia! 3 Taman Wisata Alam di Lombok yang Wajib Dikunjungi
Vote Us

Pulau Lombok menyimpan banyak sekali keindahan alam yang sangat cantik nan mempesona. Selain pantai, gunung dan air terjun, di Lombok juga banyak terdapat Taman Wisata Alam. Ezytravelers tau gak apa itu Taman Wisata Alam? Well, Taman Wisata Alam adalah sebuah kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk tujuan pariwisata dan rekreasi alam. Setidaknya, terdapat enam Taman Wisata Alam di Lombok yang tersebar dibeberapa wilayah. Nah, pada postingan kali ini, saya akan mendeskripsikan tiga Taman Wisata Alam di Lombok yang memiliki keindahan alam yang sangat menawan.

1. Taman Wisata Alam Bangko-Bangko

Taman Wisata Alam di Lombok, Bangko-Bangko

Taman Wisata Alam di Lombok yang pertama adalah Bangko-Bangko. Taman Wisata Alam Bangko-Bangko memiliki luas sekitar 2.610,17 Ha. Secara topografi, Taman Wisata Alam Bangko-Bangko terletak pada ketinggian 0 – 400 mdpl dengan kondisi bentang alam yang bervariasi.

Taman Wisata Alam di Lombok, Bangko-Bangko

Taman Wisata Alam Bangko-Bangko, secara administratif, terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Jaraknya dari Kota Mataram sekitar 80-90 KM dan dapat ditempuh selama 2,5 – 3 jam dengan kendaraan roda empat/dua. Rute yang dilalui yaitu: Mataram – Gerung – Lembar – Sekotong – Desa Batu Putih – Taman Wisata Alam Bangko-Bangko.

Taman Wisata Alam di Lombok, Bangko-Bangko

Di dalam kawasan Taman Wisata Alam Bangko-Bangko terdapat beberapa obyek wisata alam yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan, antara lain: Pantai berpasir putih, goa dan meriam peninggalan Jepang, desert point dan hutan bakau. Ombak pantai di Bangko-Bangko ini merupakan salah satu spot surfing terbaik dan menjadi favorit para bule. Jadi tidak mengherankan kalau setiap weekend spot surfing ini ramai dikunjungi oleh para surfer. Di kawasan ini ezytravelers dapat melakukan beberapa kegiatan wisata, seperti: soft-trekking, swimming, camping, fishing, surfing dan sunbathing.

2. Taman Wisata Alam Pelangan

View Taman Wisata Alam di Lombok, Pelangan

Taman Wisata Alam di Lombok yang kedua adalah Pelangan. Taman Wisata Alam Pelangan memiliki luas sekitar 344 Ha. Secara topografi, Taman Wisata Alam Pelangan terletak pada ketinggian 0 – 100 mdpl dengan kondisi bentang alam yang bervariasi. Di sebelah barat, timur dan utara, Taman Wisata Alam di Lombok yang memiliki banyak pantai cantik ini berbatasan dengan hutan lindung, sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Taman Wisata Alam di Lombok, Pelangan

Taman Wisata Alam Pelangan terletak di Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Jaraknya dari Kota Mataram sekitar 65-70 KM dan dapat ditempuh selama 2 – 2,5 jam dengan kendaraan roda empat/dua. Rute yang dilewati yaitu: Mataram – Gerung – Lembar – Sekotong – Desa Pelangan – Taman Wisata Alam Pelangan.

Jalur Taman Wisata Alam di Lombok, Pelangan

Nah, di dalam kawasan Taman Wisata Alam Pelangan terdapat banyak sekali pantai cantik berpasir putih dengan keindahan alam yang sungguh eksotis. Selain itu terdapat juga hutan lindung dan gili kecil. Di kawasan ini, ezytravelers dapat melakukan beberapa kegiatan, seperti: Jungle trekking, swimming, camping dan fishing.

3. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Taman Wisata Alam di Lombok, Gunung Tunak

Taman Wisata Alam di Lombok yang ketiga adalah Gunung Tunak. Taman Wisata Alam Gunung Tunak memiliki luas sekitar 1.217,91 Ha. Secara topografi, Taman Wisata Alam Gunung Tunak terletak pada ketinggian 0- 105 mdpl dengan kondisi bentang alam yang cukup bervariasi. Salah satu Taman Wisata Alam di Lombok ini merupakan deretan beberapa bukit serta lembah. Di sebelah barat, Taman Wisata Alam di Lombok yang sedang ‘booming’ ini berbatasan dengan Teluk Bumbang, di sebelah timur berbatasan dengan Teluk Awang, di sebelah utara berbatasan dengan Dusun Takar Akar Desa Mertak dan di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

View Taman Wisata Alam di Lombok, Gunung Tunak

Taman Wisata Alam Gunung Tunak, secara administratif, terletak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Jaraknya dari Kota Mataram sekitar 65 KM dan dapat ditempuh selama 2 – 2,5 jam dengan kendaraan roda empat/dua. Rute yang ditempuh, yaitu: Mataram – Sengkol – Kuta – Desa Mertak – Taman Wisata Alam Gunung Tunak.

Pantai Taman Wisata Alam di Lombok, Gunung Tunak

Di dalam kawasan Gunung Tunak terdapat beberapa obyek wisata alam yang menjadi tujuan favorit para wisatawan, antara lain: Pantai Tanjung Ujung, Pantai Bilasayaq dan Pantai Goang Sari. Di kawasan ini ezytravelers dapat melakukan beberapa kegiatan wisata, seperti: Jungle trekking, swimming, camping, fishing dan pengamatan satwa. Selain tempat rekreasi, Taman Wisata Alam Gunung Tunak seringkali juga dijadikan tempat favorit untuk ‘shooting’ beberapa acara TV.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Hotel di Lombok, Tiket Pesawat Jakarta Lombok & Bikin Visa Online

Well, itulah tiga Taman Wisata Alam di Lombok yang mesti dikunjungi kalau ezytravelers datang ke Lombok.

Sekian!

(Visited 376 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Ini Dia! 3 Taman Wisata Alam di Lombok yang Wajib Dikunjungi' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool