Danau Segara Anak

5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan di Danau Segara Anak, Lombok

5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan di Danau Segara Anak, Lombok
5 (100%) 4 votes

Mendaki Gunung Rinjani di Lombok tentu kurang afdol rasanya kalau tidak ke Danau Segara Anak, sebuah danau yang terletak di kaldera Gunung Rinjani, Desa Sembalun lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya danau ini terletak di lembah sisi barat Gunung Rinjani. Segara anak yang merupakan bahasa sasak ini memiliki arti anak laut. Dinamakan anak laut disebut-sebut karena air danau yang tampak biru seperti laut.

Danau Segara Anak

View danau segara anak.

Danau Segara anak merupakan menu wajib untuk dikunjungi setelah mendaki puncak Rinjani. Umumnya sehabis mendaki puncak, para pendaki melakukan perjalanan ke danau start dari Plawangan Sembalun menuju ke Danau Segara Anak yang dapat ditempuh kurang lebih sekitar 4 jam. Jalur yang dilalui pun cukup menantang. Turunan yang curam dan jurang mendominasi jalur ini. Tapi tenang, saat sampai di danau, lelah dan gelisah akibat jalur yang sedikit parah akan terbayar dengan indahnya surga kecil yang biru membentang di tengah-tengah hijaunya lembah dan pepohonan.

Pemandangan danau segara anak dari plawangan sembalun

Pemandangan danau segara anak dari plawangan sembalun.

Saat sampai di Danau Segara anak tentu saja banyak yang bisa dilakukan. Berikut ini 5 hal yang wajib kamu lakukan saat berada di surga kecil ini. Cekidot!

1. Berfoto dengan latar belakang danau dan Gunung Baru Jari.

Berfoto memang merupakan cara paling sip mengabadikan view yang super pecah kerennya. Jangan sampai melewatkan pemandangan keren di Danau Segara Anak tanpa berfoto dengan latar belakang danau dan Gunung Baru Jari. Gunung Baru Jari yang berada di tengah Danau Segara Anak memang merupakan ikon tempat ini.

Danau Segara Anak Lombok

Take nothing but picture.

2. Ngecamp

Danau Segara Anak adalah salah satu spot ngecamp favorit para pendaki selain Plawangan Sembalun. Disini, deretan tenda para pendaki berjejer di pinggir danau. Apalagi saat bulan agustus, saat dimana banyaknya para pendaki yang ingin merayakan hari kemerdekaan Indonesia 17 agustus di sini, tenda bukan cuma berderet, tapi bahkan bisa numpuk sampai harus berdempetan. Bukan tanpa alasan, Danau Segara Anak bisa jadi tempat kemah yang asik karena tempat ini memang camp-able banget karena fasilitas alam yang komplit. Fasilitas hotel bintang lima tentu kalah dengan fasilitas hotel bintang banyak ini. Fasilitas yang sudah disediakan alam. Kebutuhan air bersih, mandi dan makan bisa terpenuhi di sini. Menginap barang semalam atau lebih di Danau Segara Anak adalah wajib. That’s why, once you have a chance to climb Mount Rinjani, make sure you have more time to spent your night camping by the lake.

Serunya ngecamp bareng di pinggir danau segara anak

Serunya ngecamp bareng di pinggir danau segara anak.

Tenda para pendaki berjejer di pinggir danau segara anak

Tenda para pendaki berjejer di pinggir danau.

3. Mancing

Buat kamu yang hobi mancing, Danau Segara Anak akan memanjakanmu. Disini kamu bisa puas mancing di danau yang luas. Di danau ini terdapat banyak ikan, seperti ikan nila, ikan mas dan ikan mujair. Katanya ikan-ikan ini memang sengaja dikembangkan oleh pemerintah dan masyarakat setempat agar bisa menambah daya tarik dari Danau Segara Anak. Mancing di Danau Segara Anak memang menjadi kegiatan favorit di sini. Oleh karena itu, jangan sampai lupa bawa alat pancing kalau ingin merasakan sensasi mancing di danau di atas gunung.

Mancing di danau segara anak adalah kegiatan favorit

Mancing di danau segara anak adalah kegiatan favorit.

4. Mandi di Aik Kalaq

Belum pernah kan merasakan mandi air panas di atas gunung ? Yang belum pernah, bisa banget mencoba yang satu ini. Di Danau Segara Anak, kamu bisa menemukan beberapa sumber mata air panas dengan tingkat panas yang berbeda-beda. Tinggal pilih mau berendam di air yang hangat, lebih panas atau yang paling panas. Semuanya ada di sini. Kamu bisa mandi dan berendam sepuasnya atau cuma sekedar merendam kaki yang sudah berhari-hari lelah berjalan. Hebatnya lagi, mandi di sini dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

Jalur menuju aik kalaq Gunung Rinjani

Jalur menuju aik kalaq.

Pemandian air panas disekitar danau segara anak

Pemandian air panas di sekitar danau segara anak.

TIKET KE LOMBOK

5. Pungut sampah

Nah, yang paling terakhir dan yang paling utama kamu lakukan adalah memungut sampah. Maklum saja, sebagai salah satu tempat kemah, Danau Segara Anak menjadi kotor akibat sampah. Sampah-sampah ini umumnya adalah sampah bekas makanan, sampah plastik, sampah botol minuman yang ditinggalkan oleh oknum pendaki yang menyebut diri pencinta alam tapi masih buang sampah sembarangan. Oleh karena itu kalau ada waktu luang, lebih tepatnya adalah luangkanlah waktu untuk memungut sampah yang banyak berserakan di pinggir danau. Sampah-sampah ini bukan cuma mengganggu keindahan danau, tapi juga sangat mengganggu kenyamanan.

Jaga Kebersihan

Jangan lupa bawa trash bag sendiri!

Ingat ya! bukan cuma dipungut, setelah dipungut sampahnya dipilih mana yang bisa ditimbun seperti sampah organik dan mana sampah yang bisa dibakar seperti sampah plastik. Bakar sampah bukan cuma buat mengurangi sampah yang berserakan, tapi bisa juga berfungsi sebagai api unggun yang manfaatnya bisa menghangatkan diri di danau yang dingin.

Bakar sampah itung itung jadi api unggun

Bakar sampah itung itung jadi api unggun 😀

Gimana? Hal-hal apalagi yang menurut kamu wajib dilakukan di Danau Segara Anak?

(Visited 2,240 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan di Danau Segara Anak, Lombok' have 7 comments

  1. May 5, 2015 @ 6:20 pm bunsal

    Sukaaaaa…
    Mingdep nulis lanjutannya ahhh..Eh tapi, ndak punya foto sendiri 😀
    *ngarepngetripRinjanilagi

    Reply

  2. May 5, 2015 @ 10:07 pm Hurmayani

    I do hope one day i will be there…
    *dream.com* hehe

    Reply

  3. June 28, 2016 @ 1:54 pm Seno anwari

    Duh bikin pingiiii…n bngetz nih…

    Reply

  4. October 5, 2016 @ 11:42 pm Angelique

    Hi makasih byk ya infonyaa.. bermanfaat bgt!
    Tapi pengen kasih masukan dikit nih.. sampah anorganiknya jgn dibakar ya.. karena jadi polusi, terutama kalo bakar plastik.. karena menghasilkan racun dioksin. Jadi sampah anorganiknya dibawa turun aja. Duh semoga org2 segera sadar utk ga buang sampah sembarangan di rinjani yah..

    Salam lestari,
    Angelique

    Reply

    • March 8, 2017 @ 9:12 am Eka Fitriani

      Yass! Thank you for sharing tips kak. Salam lestari 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool