7 spot surfing terbaik di Lombok

7 spot surfing terbaik di Lombok
4.5 (90%) 2 votes

Selain “pulau seribu mesjid”, Pulau Lombok pun memiliki julukan lain seperti “Pulau Seribu Pantai”. Bukan sebuah julukan yang terdengar hiperbola sebenarnya, mengingat Pulau Lombok memang memiliki buanyakkkkk sekali pantai. Eitss.. ralat… Buanyakkkkkk sekali pantai keren!

Pada umumnya, para wisatawan baik lokal maupun mancanegara biasanya datang ke pantai untuk beberapa tujuan, seperti piknik di pinggir pantai, mandi-mandi, foto-foto, menikmati surya tenggelam, berenang, snorkling, diving maupun untuk berselancar alias surfing.

Nah… untuk tujuan yang disebut terakhir ini, Pulau Lombok memiliki banyak pilihan bagi mereka yang menyukai olahraga/hobi berselancar.

Yuk, mari cek 7 spot surfing nan kece di Lombok berikut.

1. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong belanak adalah sebuah pantai yang memiliki garis pantai sangat panjang, luas dan landai. Selain itu pantai ini memiliki gulungan ombak yang sangat menarik para surfer, khususnya para pemula. Ombak yang tidak terlalu tinggi dan dasar pasir yang landai sehingga sangat cocok buat mereka yang masih memiliki jam terbang rendah. Di sini juga kita akan sangat mudah menemukan para pelatih/coach bayaran yang siap melatih dan mendampingi kalian para surfer pemula atau bahkan yang benar-benar baru pertama kali menyentuh surf-board.

dsc_4800

dsc_4787

2. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan dan Selong Belanak keduanya sama-sama berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah bagian Selatan. Selain di Selong Belanak, di Tanjung Aan pun para peselancar pemula dapat menjajal gulungan ombak dengan ketinggian 1-2m. Selain menikmati waves, peselancar pun dijamin akan dimanjakan panorama indah yang mengelilingi spot surfing ini.

surf-lombok-nalua tjg-aan-kura-kura-surf-camp

3. Pantai Senggigi

Siapa yang tak kenal akan Pantai Senggigi. Kalau Bali identik dengan Pantai Kuta nya, Makassar terkenal dengan Pantai Losari, maka di Lombok ya Pantai Senggigi. Pantai yang berada di Lombok Barat ini selain menjadi icon wisata Pulau Lombok juga merupakan salah satu lokasi untuk beselancar bagi para surfing mania. Gulungan ombak dengan tinggi yang cukup bersahabat adalah incaran bagi peselancar kelas pemula. Selain menyaksikan panorama indah di Senggigi dan sunset-point tentunya. Ombak di Pantai Senggigi sendiri mendapatkan dorongan dari arus lautan di Selat Lombok.

senggigi-indo-surf-and-travel

senggigi-surf-forecast-dot-com

Karena posisinya yang berada di Pusat Senggigi, tak heran jika Pantai Senggigi dipilih para penggemar surfing karena akses yang sangat mudah dan juga tak sulit menemukan penginapan baik kelas utama yang langsung di depan lokasi berselancar maupun penginapan kelas sedang dan biasa juga .

4. Pantai Seger

Kalau Pantai Senggigi sudah tidak diragukan lagi ketenarannya, maka Pantai Seger sendiri tidak terlalu dikenal. Pantai yang diapit oleh Pantai Tanjung Aan dan Pantai Mandalika Kuta ini sebenarnya sangat menyimpan potensi yang luar biasa. Selain karena panoramanya yang indah, Pantai ini memiliki nilai historis yang tinggi. Ya, karena Pantai Seger dipercaya menjadi lokasi dimana Putri Mandalika menenggelamkan dirinya dan kelak menjelma menjadi cacing-cacing “Bau Nyale”. Selain itu, Pantai Seger pun adalah salah satu lokasi tujuan para pemburu ombak.  Alasannya adalah ombaknya yang cukup tinggi 1-3m sangat menantang untuk ditaklukkan.

seger-beach-lombok-3 seger-surf-trips-4

5. Pantai Mawi

Pantai Mawi adalah Pantai yang lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara dibanding wisatawan lokal. Dan para wisman itu memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih Pantai Mawi, yang berada di Lombok Selatan ini, sebagai destinasinya. Alasan itu adalah gelombang alias ombak yang sangat menantang. Dikelilingi garis pantai yang sungguh menawan dan panorama khas Lombok Selatan membuat Pantai Mawi ini memang sangat layak dikunjungi khususnya bagi para surfer.

dsc_0078

dsc_0072

mawi

6. Pantai Desert-Point Bangko-Bangko

Pantai Desert-Point di Kawasan Sekotong, Lombok Barat ini memiliki gelombang kidal (left hand wave) terbaik di dunia. Dan tidak main-main karena klaim itu dinobatkan oleh sebuah majalah Aussie Tracks. Ombak di Bangko – Bangko ini sangat panjang dengan gulungan yang selalu berakhir dengan “Barrel”. Kekurangan dari spot ini adalah akses menuju lokasi yang masih belum begitu memadai dan infrastruktur juga fasilitas seperti penginapan yang masih minim.

ricko-bangko2

7. Pantai Gerupuk

Last but not least, adalah Pantai Gerupuk. Berbeda dengan enam spot di atas, untuk sampai ke spot surfing, para peselancar harus menggunakan perahu dulu. Jangan khawatir, karena ada banyak perahu yang dapat disewa dan dengan mudah ditemui ketika tiba di Gerupuk. Di Gerupuk, daerah Lombok Selatan, gelombang kiri dan kanan lebih cocok untuk papan yang panjang. Seperti halnya Pantai Mawi dan Bangko-Bangko, Gerupuk juga adalah spot favorit para peselancar dengan level advance.

grupuk

Itu dia 7 spot surfing keceh di Lombok. Berniat menjajalnya?

Dong Ayok Ke Lombok!

😀

(Visited 1,414 times, 2 visits today)


About

blogger yang sangat mencintai lombok. impiannya sederhana, keliling Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan budayanya. "menikmati hidup dengan mensyukurinya dan mensyukuri hidup dengan menikmatinya karena hidup itu indah" adalah tagline hidupnya. ^^


'7 spot surfing terbaik di Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool