Ada Maui Beach di Hawaii, Lombok Punya Pantai Mawi!

Ada Maui Beach di Hawaii, Lombok Punya Pantai Mawi!
5 (100%) 1 vote

Pulau Seribu Pantai!

Tak salah bila Lombok mulai dijuluki seperti itu. Belum habis keindahan satu pantai dieksplor sudah muncul spot pantai baru yang tak kalah indahnya. Terdapat cukup banyak pantai di daerah Lombok Tengah bagian selatan yang “belum terdeteksi” oleh pemerintah daerah setempat. Padahal memiliki potensi keindahan yang akan sangat menguntungkan secara ekonomi maupun sosial bila dikelola secara serius. Salah satu dari pantai-pantai tak terdeteksi itu adalah Pantai Mawi. Nama pantainya cukup mirip dengan nama sebuah pantai di Hawaii. Kalau di Hawaii namanya Pantai Maui, sedangkan di Lombok terdapat Pantai Mawi.

Eksotisme Pantai Mawi di Lombok Tengah

Eksotisme Pantai Mawi di Lombok Tengah

Pantai Mawi ini lokasinya agak tersembunyi, berada di antara Pantai Selong Belanak dan Pantai Mawun di Lombok Tengah. Agak sulit mencari penunjuk jalan untuk menuju Pantai Mawi. Disebabkan karena posisinya yang berada di balik bebukitan. Selain itu lokasi pantainya agak jauh dari jalan raya Mawun – Selong Belanak. Oleh karena itu, sangat disarankan jika ingin mengunjungi tempat ini, rajin-rajinlah bertanya kepada warga masyarakat di sekitar alias GPS (gunakan penduduk setempat) 🙂

Jalan raya Mawun – Selong Belanak itu sendiri kini sudah lumayan bagus dengan aspal tebal namun mulai dari pintu gerbang sampai ke bibir pantai masih belum begitu memadai. Dari Pantai Mawun diperlukan waktu kurang lebih 20 menit perjalanan untuk mencapai pintu masuk Pantai Mawi. Pantai Mawi ini terletak di sebuah lokasi yang konon dimiliki oleh pihak swasta namun agak terbengkalai sepertinya. Oleh sebab itu pintu masuknya pun harus melewati sebuah gerbang yang dibangun oleh perusahaan pemilik tanah. Jangan khawatir, kita tetap dibolehkan masuk jika keperluan kita hanya untuk menikmati alam dan pemandangannya. Untuk masuk ke Pantai Mawi tidak diperlukan tiket masuk, hanya cukup membayar parkir untuk sepeda motor Rp. 10.000,- dan mobil Rp. 20.000,-.

Pantai Mawi dapat ditempuh +- 20 menit perjalanan dari Kuta. Setelah melewati gerbang masuk, kita akan jalur yang cukup menantang. Tekstur jalan aspal yang seadanya lalu sisanya berupa jalan tanah yang melintasi persawahan. Sabar saja, semua kesulitan itu akan terbayar lunas ketika kita sampai di Pantai Mawi.

Ombak Pantai Mawi yang menjadi favorit para peselancar

Ombak Pantai Mawi yang menjadi favorit para peselancar

Garis ombak Pantai Mawi yang panjang tak kalah dengan Maui di hawaii

Garis ombak Pantai Mawi yang panjang tak kalah dengan Maui di Hawaii

Mata kita akan dibuat terbelalak kagum menyaksikan keindahan Pantai Mawi ini. Betapa tidak pantai ini seperti sebuah harta karun yang tersembunyi. Potensi pantai alami yang indahnya luar biasa dan seperti tak terjamah oleh manusia. Belum ada bangunan permanen disini, kecuali beberapa berugaq yang berdiri di sisi pantai untuk tempat beristirahat. Terdapat kerangka atap-atap rumbia yang dibuat untuk menjadi peneduh bagi kendaraan tamu yang datang.

Bagi wisatawan yang memiliki hobi berselancar atau surfing, maka berkunjunglah ke Pantai Mawi. Iya pantai ini terkenal sebagai pantai alternatif bagi para surfer karena tipe ombaknya yang menunjang hobi berselancar di laut. Pantai Mawi lokasinya bersebelahan dan tidak jauh dari Pantai Semeti.

surfer mawi

Ramainya para peselancar di Mawi yang kebanyakan warga asing – by @ayiep_darbozt

Jangan terkejut jika suara-suara ramai malah terdengar dari arah laut. Itulah suara para pemburu ombak alias surfer. Yeap, Pantai Mawi ini lebih familiar di telinga para penantang ombak mancanegara ketimbang tamu lokal. Ombaknya yang lumayan tinggi membuat pantai ini cukup populer walau promosinya sendiri hanya berasal dari mulut ke mulut di kalangan turis-turis itu. Surfer pemula atau yang baru belajar berselancar lebih memilih belajar di Pantai Selong Belanak yang memiliki ombak tidak setinggi Pantai Mawi. Lokasinya pun tak jauh dari pantai ini.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini selain berselancar apa? Berenang. Selain itu? Masih pake nanya lagi?!

Ya foto-foto narsislah! Kapan lagi bisa nampang di pantai sekeren ini 🙂

Narsis di Mawi

Narsis di Mawi

(Visited 849 times, 1 visits today)


About

Admin @infolombok l Suka menggalau di akun @bli_arie yang hobi ke sana ke mari ke mana-mana dan sangat mencintai makanan (tanpa sayur)!


'Ada Maui Beach di Hawaii, Lombok Punya Pantai Mawi!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool