Pantai Seger Lombok

Adakah Jejak Pengorbanan Puteri Mandalika di Pantai Seger ?

Adakah Jejak Pengorbanan Puteri Mandalika di Pantai Seger ?
5 (100%) 1 vote

Dalam sebuah legenda yang berkembang di masyarakat Sasak, konon katanya di lautan biru yang membentang di arah timur Kute itulah Puteri Mandalika menceburkan diri. Mandalika menceburkan diri ke laut lepas sebagai sebuah bentuk pengorbanan agar tidak terjadi perang besar yang mengancam wilayahnya.

Puteri yang merupakan anak Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting ini disebut berparas cantik dan diperebutkan banyak pangeran dari berbagai kerajaan di seluruh negeri. Tapi tak ada satu pun pangeran yang dipilihnya. Karena jika salah satu pangeran dipilih, maka perang akan pecah. Untuk itulah ia mengorbankan dirinya dengan terjun ke laut dan berubah menjadi nyale, sejenis cacing laut.

Yanet Fawzia

Ala ala Puteri Mandalika dan pangeran

Masih adakah jejak puteri cantik jelita ini di Pantai Seger? Let’s pack your backpack and fly to Lombok. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Kute, sekitar tiga kilometer. Setelah landing di Bandara Internasional Lombok (BIL), bisa langsung deh ke pantai ini karena lokasinya tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan. Akomodasi? Gampang, banyak homestay ataupun hotel di sekitar kawasan Kute. Pantai Seger juga salah satu spot favorit para peselancar karena ombaknya yang cukup menantang. Pantai ini cukup ramai pengunjung, apalagi di hari libur atau akhir pekan.

Selain selancar, kita juga bisa berenang cantik di pantai Seger atau sekadar duduk di gazebo a.ka berugak yang ada di tepi pantai sambil memandang para peselancar yang sedang menantang ombak di tengah laut. Kalau bosan duduk di gazebo, coba naiklah ke atas bukit. Ada empat bukit yang bisa dijajal. Dari atas bukit, kita bisa memandang lautan lepas sambil tiduran di atas rumput, it feels like lying down on paradise. Eittt tapi jangan coba-coba terjun ke laut dari atas bukit ya, jangan sekali-sekali ikuti jejaknya Mandalika.

Pantai Seger

Memandang lautan lepas dari atas bukit. Jangan terjun !!!

Mau berfoto dengan sang puteri jelita? Bisa… Karena Mandalika telah dijadikan ikon pantai ini, pemerintah kabupaten setempat membuat patung Mandalika yang ditempatkan tidak jauh dari bibir pantai. Bentuk patung ini menunjukkan Mandalika pada saat menerjunkan diri ke laut lepas. Di belakangnya ada tiga orang pangeran yang berusaha menghalaunya agar tidak terjun ke laut. Di patung ini, Mandalika menggunakan pakaian adat Sasak, lambung. Jika air laut sedang surut, kita bisa berjalan ke tengah dimana patung ini berada dan bisa ikutan berpose layaknya Mandalika.

Teluk Pantai Kute

Dari salah satu bukit, kita bisa melihat pemandangan teluk dan Pantai Kute.

Pantai Seger dari atas bukit

Seger dari atas bukit

TIKET KE LOMBOK

By the way, Seger ini juga setiap tahunnya dijadikan pusat lokasi pelaksanaan event Bau Nyale. Bau Nyale biasanya diselenggarakan awal tahun, sekitar bulan Februari-Maret. Jika ingin menyaksikan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah ini, silahkan susun rencana liburan Anda di bulan tersebut. Pada saat puncak perayaan Bau Nyale, masyarakat dari berbagai penjuru di Lombok ini tumpah ruah disana. Selama semalam mereka akan berkemah di sekitar pantai dan pada dini hari, mereka akan turun ke laut, menangkap nyale. Nyale hasil tangkapan ini kemudian ada yang dijual ke pasar dan ada juga yang diolah untuk dikonsumsi. Pantai Seger juga pernah dijadikan lokasi syuting film Sajadah Ka’bah yang dibintangi raja dangdut Rhoma Irama, Ida Iasha, dan Ruhut Sitompul.

Biar pikiran segar, atur segera agenda liburan ke Seger.

(Visited 524 times, 1 visits today)


About

Wartawan di koran Suara NTB, pecinta buku, full time dreamer, mimpi keliling dunia karena dunia layaknya buku, harus dibaca sampai tuntas.


'Adakah Jejak Pengorbanan Puteri Mandalika di Pantai Seger ?' have 8 comments

  1. May 13, 2015 @ 3:22 pm deehati

    Informatif banget! Keren.. Hayuk kapan2 piknik asyik ke sini..

    Reply

  2. May 13, 2015 @ 9:15 pm depz

    seger beach emang bikin seger 😀

    Reply

  3. May 14, 2015 @ 7:44 pm hurmayani

    Bagus pantainya…seru jln ceritanya

    Reply

  4. May 20, 2015 @ 12:41 pm Suzan

    Pantainya keren banget, aaah kenapa gak kesini pas ke Lombok kemarin

    Reply

    • May 22, 2015 @ 5:40 am Yanet Fawzia

      Iya mbak, keren banget.. apalagi naik ke bukit2nya.. hehe.. next bisa jd pilihan objek wisata yang harus didatengin mbak 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool