Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu Lombok

Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu, Lombok. Each of the Waterfalls is Awesome!

Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu, Lombok. Each of the Waterfalls is Awesome!
3 (60%) 2 votes

As we saw, oh, this light

I swear you emerge blinking into

To tell me it’s alright

As we soar walls

Every siren is a symphony

And every tear’s a waterfall

Is a waterfall, ah Is a waterfall, ah Is always a waterfall

Every tear is always a waterfall

Does anyone recognise the lines above? Yes, it is a song lyric from my favorite band, Coldplay. Ngapain sih ini lirik lagu kecantol disini? Entah kenapa kalau saya melihat atau mengunjungi air terjun, lagu ini selalu terngiang di kepala saya. The reason might be because di dalam lagu ini ada kata waterfall-nya. LOL. Anyway, saya disini bukan mau nge-review tentang lagu Coldplay, melainkan mau cerita tentang dua air terjun bersaudara yang awesome di Lombok. Kalau kata Coldplay “every tear is a waterfallthen I will say “every waterfall is awesome!” Setidaknya begitulah gambaran saya tentang air terjun di Lombok. Termasuk dua air terjun yang akan saya bahas disini.

WATERFALLS IN LOMBOK

Pulau Lombok, sebagai sebuah pulau kecil punya baaaaaanyak sekali air terjun. Menurut sejumlah sumber, setidaknya ada lebih dari 100 air terjun yang tersebar di berbagai wilayah di Lombok. Mulai dari timur ke barat, selatan ke utara. Banyak memiliki air terjun memang merupakan hal yang wajar bagi suatu wilayah yang berada di wilayah pegunungan. Ada namanya air terjun Sendang Gile, air terjun Tiu Kelep, air terjun Tiu Teja, air terjun Mangku Sakti, air terjun Mangku Kodek dan banyak lagi lainnya. Itu baru secuil saja nama air terjun yang saya tahu. And there are still many other waterfalls.

Diantara banyak air terjun yang disebutkan diatas, belum semua pernah saya kunjungi. Salah dua dari daftar diatas, air terjun Benang Stokel dan air terjun Benang Kelambu merupakan air terjun yang pernah saya kunjungi beberapa waktu lalu. Begini ceritanya…

Trip to Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu

Mataram-Lombok Tengah merupakan rute perjalanan kali ini. Tepatnya menuju Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah dimana lokasi air terjun bersaudara Benang Stokel dan Benang Kelambu berada. Butuh waktu sekitar kurang lebih 1 jam untuk kami sampai ke lokasi tujuan dari pusat Kota Mataram. Sesampainya di pintu gerbang masuk lokasi, ritual seperti biasa bayar parkir dan bayar tiket masuk air terjun pun wajib dilakukan.

Lepas itu, kami harus berjalan kaki menuju air terjun, semacam trekking kecil-kecilan. Awalnya target kunjungan saat itu adalah air terjun Benang Kelambu. Tapi saat baru saja sampai di lokasi parkir kawasan air terjun ini, terdapat papan informasi  tentang kawasan air terjun tersebut. Dari situ saya baru tahu kalau ternyata ada air terjun lain yaitu Benang Stokel! Great. Sekali jalan bisa ke dua air terjun sekaligus!

Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu Lombok

Air terjun Benang Stokel terlihat dari kejauhan

Gak sampai 15 menit saja berjalan kaki melewati hutan dan menuruni puluhan anak tangga, kami pun sampai. Dari kejauhan tampak seperti dua ikat benang menggantung di tengah-tengah hutan. Hey! Itu bukan benang. Itu air terjun Benang Stokelnya. Ngomongin benang, ternyata nama air terjun “Benang Stokel” yang merupakan bahasa sasak memiliki arti seikat benang. Oh well, pantesan air terjunnya terlihat seperti ikatan benang halus.

Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu Lombok

Yuk main air!

Lanjut! Kami berjalan semakin mendekat, di lokasi pertama ini terdapat berugak (pondokan/pendopo) bagi pengunjung yang ingin duduk  bersantai. Ada juga “toilet daruratnya” untuk umum. Puas lihat-lihat sekeliling dan foto-foto juga sedikit main air, kami melanjutkan berjalan kaki menuju air terjun kedua, Benang Kelambu yang berada tidak jauh diatas air terjun Benang Stokel.

Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu Lombok

Taking picture is a must!

Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu Lombok

Air terjun Benang Stokel. Kelihatan seperti tirai dari benang yaa…

Dari spot Benang stokel ke Benang Kelambu kami harus sedikit berjuang.

No pain no gain kan? 😀

Ya, kami harus mengeluarkan tenaga extra karena soft trekking-nya lebih lama. Kurang lebih 30-45 menit melewati hutan yang lintasannya naik turun dan kadang harus menyebrangi kali kecil. Pokoknya seru, seperti sedang outbound. Haha. Dan terakhir, kami harus menuruni anak tangga untuk tiba di hadapan Air terjun Benang Kelambu.

Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu Lombok

Menuju Benang Kelambu

Fiuhhh…. Akhirnya sampai juga di Benang Kelambu.

I was surprised!

Terkejut dengan pemandangan air terjun yang super awesome. Gimana nggak kagum kalau serupa namanya, air terjun yang jatuh di sisi bukit membentuk kelambu tipis. Ya, bentuknya layaknya kelambu yang dulu (mungkin sampai sekarang masih) sering digunakan di kamar tidur untuk menghalau nyamuk itu. Oh iya, saya juga terkejut karena pengunjung yang datang saat itu sangat ramai. Alhasil saya yang tidak begitu suka keramaian, memilih untuk duduk menonton para pengunjung saat itu sambil tentunya mengagumi keindahan karya Tuhan pada air terjun ini. Pengunjung yang kebanyakan penduduk lokal memenuhi lokasi karena memang kebetulan saat itu bertepatan dengan hari libur.

 

Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu Lombok

Pengunjung air terjun Benang Kelambu ramai saat hari libur

Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu Lombok

Mandi dibawah air terjun Benang Kelambu. Segerrrrr…..

Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu Lombok

Enjoy the view~

Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu Lombok

Tidak hanya penduduk lokal, tidak sedikit turis mancanegara juga main kesini

It always happens. Selalu dan wajib, kalau yang namanya hari libur lokasi wisata pasti ramai. Tidak hanya penduduk lokal, ada juga wisatawan mancanegara. Puas duduk mengamati dan menikmati udara sejuk disana kami memutuskan menyudahi kunjungan saat itu. Walau bagaimanapun hanya sekedar duduk menikmati suasana dan sejuknya air terjun ini bisa jadi bekal nambah semangat balik lagi ke rutinitas kerja seperti biasa. It was so refreshing. Buat yang belum kesini, Ayo main ke Lombok!

(Visited 405 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu, Lombok. Each of the Waterfalls is Awesome!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool