Kolam Air Panas Sebau

Asyiknya Berendam di Kolam Air Panas Sebau, Lombok Timur

Asyiknya Berendam di Kolam Air Panas Sebau, Lombok Timur
5 (100%) 2 votes

Setelah trekking atau mendaki bukit/gunung, kita biasanya merasakan pegal-pegal di badan atau kaki dan kadang membuat kita malas untuk melakukan apa-apa. Nah, bagi teman-teman yang sering merasakan pegal setelah mendaki bukit/gunung yang ada di kawasan Sembalun – Lombok Timur, kini tidak usah khawatir karena di dalam kawasan hutan Sembalun ada kolam air panas yang sangat asyik digunakan untuk berendam. Dijamin, badan akan kembali segar bugar dan pegal-pegal di badan atau kaki langsung hilang.

Nama kolam air panas ini adalah Kolam Sebau. Kolam ini terletak di kawasan Desa Sapit, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. Kolam ini tepat berada di kawasan hutan di wilayah perbatasan antara Kecamatan Suela dan Kecamatan Sembalun. Dari puncak pusuk Sembalun, kolam ini dapat di capai dalam waktu sekitar 20-30 menit atau sekitar 2 – 2,5 jam dari Kota Mataram. Untuk memasuki kawasan kolam air panas ini, kita harus membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah/orang. Cukup murah kan?!

Nah, waktu itu, setelah selesai mendaki Bukit Pergasingan, saya dan tiga orang teman saya menyempatkan diri untuk berendam di kolam air panas ini.

Setelah membayar tiket masuk, dari gerbang masuk, kami harus mengendarai motor kami sejauh 3 km memasuki kawasan hutan untuk dapat tiba di lokasi kolam air panas. Trek yang dilalui pun cukup menantang. Jadi, kami harus fokus dan konsentrasi ketika mengendarai kendaraan kami. Karena jika tidak, maka akan terjadi kecelakaan yang fatal. Sepanjang jalan menuju lokasi kolam, kami melihat banyak monyet dan lutung yang bergelantungan dan saling kejar di atas pohon. Selain itu, banyak juga tumbuhan jamur dan pakis serta pohon-pohon raksasa seperti Rajumas dan Kelokos yang kami temui.

Kolam Air Panas Sebau

Setelah berkendara melewati jalan tanah berbatu yang nanjak dan berkelok, kami akhirnya tiba di tempat parkir kendaraan. Nah, dari tempat parkir ini kami harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 150 meter. Suasana hutan yang lebat dan udara pegunungan yang sejuk membuat kami tidak merasa lelah untuk menapakkan kaki menyusuri hutan. Apalagi ditambah dengan suara kicauan burung yang suaranya bagaikan alunan nada yang menghibur. So syahdu!

Kolam Air Panas Sebau

Pemandangan di sekitar kolam

And finally here we are!

Kami pun tiba di lokasi kolam air panas Sebau.

Ukuran kolam air panas Sebau ini tidak terlalu besar, sekitar 3 x 4 meter dengan kedalaman 60 – 70 cm. Kolamnya yang tidak terlalu dalam menjadikannya tempat yang sangat asyik untuk berendam. Airnya hangat (mendekati panas) tapi nyaman untuk berendam. Dan bau belerangnya tercium dengan jelas.

Mata air panas Sebau (Sebau hot springs) ini, dari informasi yang kami baca, merupakan situs geologi dan warisan alam Kawasan Geopark Rinjani. Mata air panas Sebau ini muncul sebagai manifestasi adanya potensi panas bumi. Mata air panas ini muncul sebagai akibat adanya rekahan yang mengarah ke lokasi ini, yang berasal dari sumber panas bumi yang ada di sekitar kawasan kaldera tua Sembalun.

Pemandian Air hangat di Lombok

Selain kolam air panas, di sini juga terdapat pancuran mata air yang sangat dingin. Para pengunjung biasanya membasuh diri di pancuran ini setelah berendam di kolam air panas. Oh iya, FYI, ketika berada di kawasan ini, tolong jaga barang bawaan dengan baik. Karena di sini banyak terdapat monyet-monyet nakal yang suka mencuri barang bawaan pengunjung. So, be careful guys!

Kolam Air Panas Sebau

Karena sudah gak sabaran, kami pun langsung membuka baju dan mulai berendam di kolam air panas. Sensasi ketika masuk ke dalam kolam air panas benar-benar luar biasa. Awalnya terasa sangat panas dan menyengat, tapi lama kelamaan kulit akan beradaptasi dan rasanya benar-benar enak dan nyaman, seperti di pijat.

Kolam Air Panas Sebau

Pemandian Air Hangat di Lombok

Waktu kami datang ke sini, kami bertemu dengan beberapa pengunjung lainnya yang sedang asyik berendam. Menurut mereka, kolam air panas ini banyak khasiatnya, seperti: menyembuhkan penyakit reumatik, menghilangkan berbagai macam penyakit kulit serta meningkatkan dan menjaga kebugaran tubuh.

Sambil ngobrol santai dan bercanda ria, kami asyik berendam sambil tiduran di dalam kolam. Benar-benar nyaman dan rasanya kami seperti tidak ingin beranjak dari dalam kolam ini.

Kolam Air Panas Sebau

Saking asyiknya, tak terasa kami sudah berendam selama hampir 40 menit. Karena hari sudah semakin sore, kami kemudian memutuskan untuk naik dari kolam dan segera membasuh diri di pancuran mata air yang dingin. Setelah selesai membasuh diri, kami kemudian mengganti pakaian basah kami dengan yang baru.

Setelah berendam dan mandi, badan kami terasa segar kembali. Rasa capek dan pegal pun sudah menghilang. Kami kemudian mulai melangkah pulang dengan riang gembira.

Sekian!

Mau liburan ke Lombok? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 1,301 times, 2 visits today)


About

Son of the Beach


'Asyiknya Berendam di Kolam Air Panas Sebau, Lombok Timur' have 4 comments

  1. August 12, 2016 @ 1:23 am Dzikri

    Bisa tolong bagi titik GPSnya? Jarak dari tempat parkir mobil sampai ke kolam berapa jauh kira-kira? Thanks!

    Reply

    • August 12, 2016 @ 6:16 am Loetfi ONO

      Kira2 ini titik gps nya mas: 8.463309,116.544500
      Klo mw ke pusuk sembalun psti lewatin tmpt ini, ada plank namax dipinggir jalan.
      Jaraknya skitr 3 kilo dr tmpt prkir mobil.

      Reply

  2. August 13, 2016 @ 8:05 pm jannatan

    Lebih tepatnya jaraknya 2 km kawan.
    Kalau berminat datang aja langsung temen2 pemuda selalu ada yang siap anter.

    Reply

    • August 15, 2016 @ 12:24 pm Loetfi ONO

      Saya baca di papan informasix jaraknya 3 km… kata penjagax juga jarakx 3 km.. 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool