gunung-rinjani-basecamp

Ke Gunung Rinjani? Coba Menginap di Bacapesat (Basecamp Pendaki Tersesat)!

Ke Gunung Rinjani? Coba Menginap di Bacapesat (Basecamp Pendaki Tersesat)!
3.25 (65%) 4 votes

Gunung Rinjani yang terkenal dengan julukan surganya para pendaki ini merupakan salah satu gunung yang paling populer di kalangan pendaki. Keindahannya mampu menarik siapa saja dari penjuru nusantara bahkan dunia untuk datang ke Lombok dan menjajal trek Rinjani. Tak peduli mereka yang datang tersebut adalah para traveler dengan budget tinggi hingga mereka yang senang backpacker-an dengan seminimal mungkin pengeluaran untuk segala kebutuhan termasuk soal penginapan. Bagi para pendaki atau umumnya traveler yang datang ke Lombok dan bingung mencari tempat singgah untuk sekedar tinggal beberapa hari atau malah berlama-lama tinggal di Lombok, nih ada sebuah basecamp yang bisa kalian kunjungi sebagai alternatif penginapan murah di Lombok.

gunung rinjani basecamp

Kawan-kawan bacapesat saat mendaki rinjani. Foto via Bagos Amaito.

Ialah Bacapesat, nama sebuah basecamp pendaki yang dengan sukarela menjadi wadah perkumpulan bagi para pendaki atau para traveler yang datang ke Lombok. Bacapesat sendiri merupakan kepanjangan dari Basecamp Pendaki Tersesat. Bacapesat ini ada karena berawal dari keinginan untuk membuat wadah atau tempat menginap bagi para pendaki yang kebingungan soal penginapan di Lombok. Spesialisasi awal adanya basecamp ini adalah bagi para pendaki yang sengaja datang ke Lombok untuk mendaki Gunung Rinjani, namun basecamp ini juga tidak menutup kemungkinan bagi para traveler yang tujuannya datang untuk mengeksplor Lombok lebih jauh. Bagi para traveler (yang bukan pendaki) yang ingin menjelajah pantai, situs budaya atau apa saja di Lombok, basecamp ini juga terbuka bagi mereka. Kalau kalian bertanya-tanya, kalau mau menginap di basecamp ini gimana soal biaya? Ini jawabannya~

“Masalah feedback dari mereka yang singgah, kami tidak pungut biaya. Kalaupun ada biaya yang masuk, itu mereka memaksa, untuk operasional basecamp itu sendiri”, ungkap Bagos sebagai salah satu pendiri Bacapesat.

gunung rinjani basecamp

Poto bareng dedengkot bacapesat di basecamp 😀 Foto via Bagos Amaito.

Lebih jauh Bacapesat bukan hanya sebuah tempat singgah para pendaki. Bacapesat kemudian bisa dibilang sudah menjadi semacam komunitas yang dimana para anggotanya yang memang berdomisili di Lombok ini selalu standby di basecamp ketika ada tamu yang datang menginap, para tamu tidak pernah alpa untuk diberikan edukasi sambil ngopi-ngopi haha-hihi, terkait sampah di gunung yang kian menggunung, yang memang merupakan salah satu masalah yang tidak kunjung teratasi. Dan yang paling penting adalah para pendaki ini terus diingatkan untuk membawa turun sampah saat mendaki. Selain itu para pendaki yang mampir ke Bacapesat juga tidak lupa diberi informasi terkait tentang safety pendakian, manajemen, serta etika pendakian di Gunung Rinjani itu seperti apa.

gunung rinjani basecamp

Geng bacapesat nih! saat trip ke pantai. Foto via Bagos Amaito.

Selain memberi edukasi pada para pendaki yang singgah di basecamp pendakian Bacapesat, para anggota Bacapesat sering terlibat dalam kegiatan-kegiatan bertemakan lingkungan. Karena memang para anggota Bacapesat ini sekaligus merupakan para warrior atau pejuang pejuang lingkungan yang tergabung dalam komunitas Trashbag Community, yang dimana kegiatan komunitas ini adalah bersih-bersih gunung yang semuanya dilakukan secara swadaya. Basecamp Bacapesat ini pun juga sekaligus merupakan basecamp dari Trashbag Community DPD NTB.

 

gunung rinjani basecamp

Here we are, bacapesat! Foto via Bagos Amaito.

Menurut pengalaman pribadi saya sendiri terkait dengan adanya basecamp semacam Bacapesat ini, adanya basecamp sangat membantu para pendaki yang apalagi baru pertama kali mendaki suatu gunung di daerah tertentu tersebut. Seperti pengalaman sebelumnya ketika untuk pertama kalinya saya mendaki ke Gunung Kerinci dan sangat terbantu dengan adanya basecamp yang berada di kaki Gunung Kerinci. Di basecamp ini kami bisa menginap dengan gratis, dan terbantu dengan info-info terkait transportasi juga soal pendakian ke Kerinci itu sendiri seperti apa. Selain itu juga di basecamp tersebut saya bisa mendapat banyak kenalan baru sehingga imbasnya bisa memperluas circle of friends.

gunung rinjani basecamp

Suasana basecamp bacapesat. Foto via Bagos Amaito.

Bagi pemula ataupun yang sudah biasa mendaki, yang ingin mendaki Gunung Rinjani, ingin tahu tentang informasi Gunung Rinjani, sekaligus ingin menambah kawan, Bacapesat bisa menjadi wadah dimana kalian bisa berbagi pengetahuan dan hobi yang sama juga seru-seruan bareng. Tinggal di sebuah basecamp selama traveling, tidak cuma mengirit budget selama traveling, lebih dari itu kalian bisa mendapat pengalaman yang sangat berbeda dan mengesankan jika dibandingkan dengan tinggal di penginapan pada umumnya. Tinggal di basecamp berbaur dengan banyak orang dari asal yang berbeda memperkaya pengalaman traveling itu sendiri.

Tidur ngemper macam ikan pindang di basecamp bersama para travelers lainnya seperti yang saya alami saat di Kerinci sungguh-sungguh pengalaman pertama yang sangat mengesankan dan tak terlupakan bagi saya. Tentu tinggal di basecamp tidak akan semewah dan senyaman seperti berada di hotel atau penginapan komersil. Namun satu hal yang saya rasa sangat berharga adalah pengalaman berbaur dengan banyak orang, perbincangan hangat yang tidak jarang berujung pada kedekatan kemudian persaudaraan yang bisa terjalin melalui pertemuan di basecamp. Itu! Berharga!

Nah, kira-kira begitulah ceritanya~ Buat kalian yang nanti ke Lombok dan mau mencoba apa rasanya tinggal di basecamp, boleh mampir ke Bacapesat yang ada di Jalan Candi Roro Jonggrang, sebelah timur SMP 5 Mataram, Babakan Timur, Kelurahan Babakan, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram. Tuh lengkap alamatnya! Kuy lah!

 

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: tiket murah, tour murah, dan holiday packages to Indonesia
(Visited 274 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Ke Gunung Rinjani? Coba Menginap di Bacapesat (Basecamp Pendaki Tersesat)!' have 3 comments

  1. December 15, 2016 @ 8:48 am davidaguss

    Greatcool!!

    Reply

  2. December 15, 2016 @ 8:56 am tejok

    Amazing bang @bagosamaito

    Reply

  3. January 24, 2017 @ 7:57 pm Indah tarigan

    Great job pak bagos… gw pernah ketemu sm pak bagos pas si Gili, orangnya ramah banget !! See you soon pak bagos

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool