Kuliner Khas Lotim, Kerake Bagus Rase Kelayu

Beli Di Sini, Oleh-Oleh Khas Lombok Timur

Vote Us

Terdiri dari empat kabupaten dan satu kotamadya, Pulau Seribu Masjid Lombok memiliki pusat perbelanjaan yang lengkap. Meski mall hanya terpusat di kota Mataram, namun berbagai swalayan serta pasar tradisional yang tersebar di empat kabupaten lain sediakan berbagai kebutuhan. Terutama produk-produk yang paling dicari Ezytravelers. Berbagai macam oleh-oleh khas Lombok. Tentu saja contekan untuk kuliner khas Lombok Timur.

Di kampung kelahiran saya, kabupaten Lombok Timur, swalayan atau took pusat oleh-oleh tak sebanyak seperti di Mataram atau tepatnya di kawasan pantai wisata Senggigi Lombok Barat. Beberapa swalayan mini memang menyediakan kemasan-kemasan kecil oleh-oleh khas Lombok Timur. Namun sebagian besar jenis oleh-oleh sediakan pilihan lebih lengkap di pasar-pasar tradisional.

Ruas jalan raya lintas propinsi mulai dari kecamatan yang berbatasan langsung dengan kabupaten Lombok Tengah di desa Kopang, sampai ujung pelabuhan penyeberangan menuju pulau Sumbawa di Pelabuhan Kayangan, terdapat beberapa pasar tradisional besar yang pasti dilewati jika Ezytravelers melintas di Lombok Timur.

Empat yang terbesar, diantaranya: Pasar Rarang, Pasar Paok Motong, Pasar Masbagik dan Pasar Aikmel.

Empat pasar tradisional di atas juga merupakan spot angkutan publik lintas kabupaten yang akrab disebut engkel.

Kerake Kuliner Khas Lombok Timur

Kerake Kuliner Khas Lombok Timur

Kuliner khas Lombok Timur apa saja sih yang rekomended dibeli Ezytravelers sebagai oleh-oleh? Salah satu yang paling awet, tentu saja Kerake. Jajanan manis yang dibungkus daun jagung kering ini berbahan dasar tepung ketan dengan campuran gula aren. Bentuk ikatannya mirip seperti pengikat pocong. ‘Penampakan’ yang membuat kerake kerap juga disebut kue pocong.

Salah satu ‘brand’ yang terkenal karena menjadi oleh-oleh wajib para pelajar asal Lombok Timur yang bersekolah di luar pulau, yaitu Kerake Bagus Rase dari Kelayu Lombok Timur (alamat detail di foto header tulisan).

Belanja Oleh-Oleh Khas Lombok Lainnya? Contek rekomendasi ini yak

Kuliner khas lainnya, kue bantal atau jamak juga disebut tekel. Sedikit perbedaan penyebutan untuk bahasa di kabupaten Lombok Tengah, wilayah lokasi Bandara Internasional Lombok atau BIL. Di sini, tekel lebih sering disebut teken (penyebutan seperti proses tanda tangan). Masih berbahan dasar ketan, namun berupa beras yang dikukus sampai matang serta pulen. Dilengkapi dua isian favorit, pisang raja matang atau kacang tanah. Sedddaappp..

Kue ini bahkan dijual khusus di kiri dan kanan jalan raya di desa Gapuk kecamatan Aikmel. Di samping itu, pasti selalu ada di lapak jajanan basah di pasar-pasar tradisional yang saya sebutkan di atas, termasuk pasar tradisional kota kabupaten Lombok Timur yaitu Selong.

Kerake Bagus Rase Kelayu

Kerake Bagus Rase Kelayu

Tekel atau Kue Bantal

Tekel atau Kue Bantal

Kuliner berikutnya, Jaje Tareq (jaje: kue dalam bahasa Sasak Lombok). Salah satu dari banyak kuliner minimalis dari Lombok Timur. Kue kering ini berbahan utama tepung beras, sedikit garam dan ulenan adonan tersebut bersama santan kental sampai kalis baru dibentuk semacam bulan sabit dengan bantuan pinggiran gelas minum yang jamak digunakan di lapak-lapak kopi pinggir jalan.

Buruan langsung terbang ke Lombok! Booking hotel murah dan tiket pesawat promo. Gak mau

ribet? Ambil paket tour aja!

Bahkan untuk cemilan paling sederhana, campuran santan bisa ditiadakan. Tentu saja ada bentuk cantik lain daripada sekadar bentuk bulan sabit biasa. Adonan yang sudah ditipiskan, digarisi dengan bantuan alat besi bergerigi. Bentuk akhir kue bisa menjadi bunga, atau kipas mini. Sebagai pemanis, toppingnya diberikan gula aren kental yang nantinya mengering saat digoreng.

Tareq Gula Aren

Tareq Gula Aren

Kue Kerake dan Jaje Tareq terhitung kuliner yang bisa bertahan cukup lama. Kerake bisa dinikmati sampai sebulan lebih sejak Ezytravelersnya membekalnya sebagai oleh-oleh khas Lombok, dengan catatan simpan di rak terdekat dari posisi pendingin di kulkas (bukan di pintu kulkas). Jaje Tareq juga bisa bertahan di dalam toples yang tidak lembab sampai sebulan lebih. Pengecualian bagi Jaje Tekel atau Bantal. Ini kuliner yang sebaiknya disantap segera.

Jika kue Bantal bisa Ezytravelers nikmati di kisaran harga sepuluh ribu rupiah dapat empat sampai lima kue, kerake dihargai per buah dan tareq dibeli per hitungan kilo. Kualitas premium kerake Bagus Rase saat ini dihargai sekitar tiga ribuan rupiah per satu buah. Sementara, tareq yang umumnya dijual bakul kue dengan bentuk lebih menarik dibanderol mulai dari belasan ribu per seperempat kilo. Kecuali kue Bantal dan Kerake yang packingnya bisa dibungkus rapat dan aman masuk bagasi, tareq harus dibawa ekstra hati-hati karena gampang sekali remuk saking renyahnya. Jadi, Ezytravelers tidak bisa menitipkannya di bagasi pesawat serta harus ekstra sabar membekalnya di kabin pesawat.

Sudah yakin ingin berlibur di destinasi-destinasi favorit di sekitar Lombok Timur? Mintalah bantuan driver atau guide trip Ezytravelers untuk mencari tiga kuliner khas Lombok Timur di atas.

Happy travelling..

(Visited 53 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Beli Di Sini, Oleh-Oleh Khas Lombok Timur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool