bendungan pandandure

Bendungan Pandandure, Keindahan Bendungan Lombok Bagian Selatan

Bendungan Pandandure, Keindahan Bendungan Lombok Bagian Selatan
5 (100%) 1 vote

Lombok seperti yang sudah diketahui adalah daerah yang penuh dengan tempat wisata di seluruh daerahnya. Mulai dari wisata pantai, air terjun, gunung, hutan, semuanya ada di sini. Dan ternyata ada satu tempat wisata yang sebenarnya potensial untuk menjadi salah satu tempat wisata baru di Lombok. Yaitu wisata bendungan.

“emang siapa mau ke bendungan buat wisata?”

Eittt…jangan salah, bendungan pandandure ini salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar entah sekedar untuk rekreasi, memancing bahkan pamer foto loh. Gak usah heran, karena emang bendungan pandandure (ada juga yang bilang bendungan pandanduri) ini masih begitu alami, luas dan indah.

bendungan pandandure

bendungan pandandure

Bertempat di kecamatan Terara, Bendungan Pandandure ini berada di kawasan 4 desa yaitu Desa Pandandure, Embung Raja, Suwangi dan Santong. Luasnya sekitar 450 hektar dengan kontur bendungan yang tidak datar. Ini terlihat dari beberapa daerah tinggi yang belum tergenang penuh oleh air di Bendungan ini.

bendungan pandandure

view 1 bendungan pandandure Lombok Timur

Pada awalnya, tujuan utama dibentuknya bendungan Pandandure, sebagai salah satu proyek MP3EI Pemerintah adalah untuk mengatasi kekeringan di daerah Lombok bagian Selatan. Namun, belakangan ini, bendungan yang baru beroperasi belum lama ini tak disangka menjadi tempat wisata bagi masyarakat di Pulau Lombok. Tidak sedikit masyarakat yang berkumpul dan mengajak keluarga untuk sekedar menikmati luas dan indahnya bendungan ini, atau muda-mudi yang sengaja berdiam diri sampai sore hari hanya untuk sekedar menikmati sunset dari bendungan ini.

bendungan pandandure

muda mudi berkumpul di sore hari di bendungan

Kalo mau ke bendungan Pandandure ini, lokasinya tidak terlalu sulit. Selain karena begitu luasnya bendungan ini, sudah adanya papan penunjuk jalan, akses masuk yang jelas dan bagus juga menjadikannya mudah untuk ditemukan.

bendungan pandandure

tempat budidaya ikan di bendungan pandandure

Jika datang dari daerah Mataram atau Kota Selong, maka akan melalui Desa Pandandure. Di pertigaan Terara ambil ke arah timur. di sana kita akan menikmati hijaunya sawah dan perkebunan di sebalah kiri-kanan perjalanan menuju ke arah bendungan. Tidak ada tiket masuk ke tempat bendungan ini.

bendungan pandandure

jalan menuju bendungan Pandandure

Sesampainya di daerah bendungan tersebut, maka akan terlihat hamparan lahan cekung yang begitu luas, dimana masih sebagian yang terisi air, sedangkan sebagiannya belum. Maklum, bendungan ini baru beroperasi baru satu tahunan, baru sekali mendapatkan musim hujan, jadi wajar saja jika airnya belum penuh. Apalagi sekarang kan musim kemarau nih. Tapi itu tidak mengurangi keindahan pemandangan di sepanjang jalur bendungan Pandandure ini.

bendungan pandandure

daerah yang belum tergenang air di bendungan pandandure

Selain pengairan dan tempat wisata, Bendungan Pandandure ini menjadi lokasi budidaya ikan tawar dan juga spot memancing yang ramai didatangi oleh warga sekitar. Mengingat lokasi ini selalu ramai didatangi oleh warga untuk bersantai, membuat para pedagang banyak berdatangan di sepanjang lokasi bendungan.

bendungan pandandure

view 2 bendungan pandandure

bendungan pandandure

view 3 bendungan pandandure

bendungan pandandure

view 4 bendungan pandandure

bendungan pandandure

view 5 bendungan pandandure

bendungan pandandure

jalur pengairan bendungan ke masyarakat

bendungan pandandure

peraturan di bendungan pandandure

Ke depan sih, gue ngarepnya nih bendungan ada wahana kayak speedboat, banana boat, lesehan tengah bendungan atau sekedar tempat pemandiannya gitu, kan sayang udah dikenal masyarakat gitu, tapi potensinya di sia-siakan. Walaupun belum ada wahana dan fasilitas yang lengkap, tetapi bendungan Pandandure ini tetap saja menarik perhatian masyarakat untuk didatangi.

(Visited 504 times, 1 visits today)


About

blogger - humoris - penyuluh perindustrian - sherlockian


'Bendungan Pandandure, Keindahan Bendungan Lombok Bagian Selatan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool