Berburu Air Terjun di Gangga, Lombok Utara

5 (100%) 1 vote

Cuaca di Pulau Lombok belakangan ini lagi terasa anomali, kalau siang panasnya ampun-ampunan kalau malam dinginnya kadang bisa sangat menusuk tulang. Dan karena cuaca ini, saya bersama teman-teman blusukan Lombok saya memutuskan untuk episode blusukan wiken bulan lalu kami akan mengunjungi air terjun saja.

Mantai rasanya bukan pilihan bijak untuk saat ini dan setelah berunding semalam suntuk, akhirnya kami sepakat bahwa tujuan kami adalah Air Terjun Kerta Gangga di Lombok Utara.

Air Terjun Gangga sendiri berlokasi di Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Ada 2 pilihan rute yang dapat ditempuh untuk menuju Gangga jika kita dari Mataram. Rute pertama : Mataram – Gunung Sari – Pusuk –Pemenang – Tanjung – Gangga. Dan alternatif lainnya adalah Mataram – Ampenan – Senggigi – Pemenang – Tanjung – Gangga.  Kedua rute tersebut jika ditempuh dengan berkendara akan menghabiskan waktu +- 2 jam.

***

Perjalanan menuju Gangga kami mulai sejak jarum jam di pergelangan tangan menunjukkan pukul 9.00 Wita dan kami memilih rute pertama yaitu melalui pusuk. Perjalanan kami bertujuh menuju lokasi terasa begitu singkat karena pemandangan yang komplit di sepanjang jalan sukses menghilangkan bosan walau 2 jam di mobil. Yeap komplit, karena kami melewati hutan pusuk yang asri dan ratusan monyet jinak di tepi jalan, pesisir pantai nan indah sampai persawahan hijau khas lombok utara yang menyejukkan mata.

Akses jalan yang dilalui pun nyaris seluruhnya sangat bagus, kecuali di 10 menit terakhir sebelum tiba di lokasi. Kendaraan harus melintasi jalan beton dan sedikit tanah bergelombang.

Sekitar pukul 11 kami sudah tiba di Gerbang masuk Air Terjun Gangga

Sebuah lahan parkir yang tak jauh dari hamparan sawah dan satu plank informasi menyambut kami.

plank nama air terjun gangga

Setelah membayar parkir dan HTM 5000/orang, kamipun bergegas menuju air terjun gangga yang pertama. Ya, “yang pertama”. Lhoo? Memangnya ada berapa air terjun di sini, dep?

Lemme tell you guys, Asyiknya mengunjungi Kerta gangga Waterfall ini adalah, kita mendapatkan 2 bonus air terjun sekaligus. Yesss! Air terjun Kerta gangga memiliki 3 buah spot air terjun yang letaknya berdekatan.

***

Untuk tiba ke air terjun pertama kita hanya perlu berjalan +- 15 menit dari lokasi parkir tadi. Menyusuri kebun coklat dan kemudian menaiki puluhan anak tangga dan kita sudah tiba di depan air terjun pertama. Air terjun pertama ini berada persis di lereng tebing dengan ketinggian tebingnya sendiri bisa mencapai puluhan bahkan seratusan meter. Arus air terjun dari atas nampak kecil namun semakin membesar ketika semakin ke bawah. Air terjun Gangga I ini jatuh persis di hadapan sebuah pintu air dimana pintu air ini adalah alat kontrol untuk irigasi persawahan yang ada di daerah Gangga itu sendiri.

salah satu air terjun gangga di lombok utara

Setelah puas menikmati air terjun pertama, kami langsung beranjak ke air terjun kedua yang berada di sebelah kanan air terjun pertama. Pengunjung hanya perlu menyeberangi pintu air tadi kemudian berjalan kaki kurang lebih 50 meter untuk menemukaan spot kedua. Sebuah jembatan dari besi akan menyambut kita sebelum memasuki spot yang kedua ini.

Berbeda dengan Air terjun pertama dimana pengunjung biasanya hanya menikmati panoramanya saja, di spot kedua ini pengunjung biasanya tidak akan melewatkan sensasi berenang dibawah air terjunnya. Air yang jatuh dari atas dibendung sebagian sehingga membentuk seperti sebuah kolam rahasia. Sementara saya hanya beristirahat dengan jeprat-jepret dan menikmati camilan yang saya bawa, teman-teman yang lain mandi-mandi sambil cliff-jumping. Oh iya, hati-hati bagi kalian yang ingin mencoba cliff-jumping dari sisi tebing. Tetap waspada dan hindari bahaya kecelakaan ya. Stay safe.

air terjun lombok utara

Setelah hampir 1 jam kami menikmati spot kedua ini, kami pun berpindah ke spot terakhir yakni spot ketiga.

Tidak semua orang tahu cara untuk menuju spot ketiga ini, karena akses dan petunjuk arahnya yang kurang. Jika kalian mau aman, lebih baik manfaatkan guide yang disediakan di pintu masuk awal tadi. Untungnya sebelumnya saya sudah pernah ke spot yang ketiga, jadinya sayalah yang menjadi guide untuk grup saya kali ini. 😀

***

Untuk tiba ke spot terakhir, kita harus kembali ke jalan awal sebelum spot pertama, sampai di berugak kita wajib memilih jalan yang menuju bawah persawahan. Ikuti saja jalan di pematang sampai ke lembah di bawah sawah sampai kita bertemu sebuah kali kecil. Setelah itu susuri kali menuju hulu sampai akhirnya kita tiba di spot ke-tiga. Hati-hati jika kalian mengunjungi nya ketika musim hujan karena air yang menggenangi kali biasanya cukup dalam dan lintasan yang harus dilalui adalah bebatuan licin yang diapit lereng batu.

Keunikan dari  air terjun ketiga adalah air terjun ini benar-benar tersembunyi dan airnya yang jatuh pada sebuah gua vertikal yang tingginya 20-30 meter. Dan untuk benar-benar dapat mandi di bawah pancurannya, kita harus berenang menyebrangi genangan kali lalu meniti sebuah tangga kayu yang memang sudah disiapkan bagi pengunjung untuk tiba di hadapan gua.

The best moment untuk saya nikmati adalah ketika duduk-duduk di cerukan gua sambil dihujani jatuhan air dari bagian atas gua vertikal tadi. That was an amazing feeling, u know!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bermain air tentunya membuat perut mudah lapar, dan Thank God kami sudah membawa bekal makanan yang cukup untuk kami nikmati.

Ketawa-ketiwi, Basah-basahan, jepret-jepret, makan-minum-ngemil, ulangi.

Itulah aktivitas yang kami lakukan sampai hari menjelang sore.

What a blast weekend we had.

Jalan-jalan yang menyenangkan.

Pengin? Dong Ayok Ke Lombok 🙂

(Visited 413 times, 1 visits today)

About

blogger yang sangat mencintai lombok. impiannya sederhana, keliling Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan budayanya. "menikmati hidup dengan mensyukurinya dan mensyukuri hidup dengan menikmatinya karena hidup itu indah" adalah tagline hidupnya. ^^

'Berburu Air Terjun di Gangga, Lombok Utara' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool