berburu-barang-bekas

Berburu Barang Bekas di Mataram, Lombok

Vote Us

Entahlah, barang bekas, secondhand stuffpreloved stuff atau apapun you name it, selalu menarik bagi saya dan barang bekas yang sering dipandang tak berharga oleh orang lain selalu punya tempat tersendiri di hati. Barang bekas bagi saya semacam harta karun. Karena hal inilah setiap kali jalan-jalan keluar daerah, hal yang tidak pernah luput dari pikiran saya adalah berburu barang bekas. Seperti misalnya saat berkunjung ke ibukota Jakarta saya sempat mampir di daerah Thamrin untuk mencari-cari buku bekas. Saat sempat ke Makassar juga saya sempatkan menengok ke lapak barang bekas yang banyak bertebaran di pinggir jalan raya saat itu (saya lupa nama jalannya apa). Di sepanjang jalan tersebut banyak yang menjual barang bekas dan saat itu saya banyak melihat para pedagangnya kebanyakan adalah anak muda. Kebanyakan barang yang dijual adalah sepatu. Nah mungkin ada dari para ezytravelers yang punya kebiasaan sama seperti saya berburu barang bekas saat jalan-jalan ke luar daerah? I believe pasti ada! Nih nanti kalau kalian jalan-jalan ke Lombok dan juga ingin berburu barang bekas di Lombok, saya punya rekomendasi lokasi dimana kalian bisa berburu barang bekas.

berburu barang bekas

Jejeran pakaian di lapak pasar barang bekas karang sukun mataram.

berburu barang bekas vintage

Flowery flowery~

Namanya Pasar Karang Sukun, lokasi thrifting ini berada di kota Mataram tepatnya di Jl. Amir Hamzah No. 2. Pasar Karang Sukun ini merupakan satu-satunya tempat yang saya tahu menjual berbagai macam barang bekas khususnya pakaian di Kota Mataram, Lombok. Beragam baju, parka, jaket, dress, celana, rok, sampai pernak pernik unik yang akan susah kalian temukan di toko biasa bisa didapat dengan harga yang superduperhyper murah! Selain pakaian beberapa barang yang dijual adalah tas, dulu juga saya sempat juga pernah melihat ada sepatu tapi sekarang sudah sangat jarang, lalu ada juga boneka hingga bed cover dan macam-macam lagi barang random lainnya. Namanya juga barang bekas, jadi kalau soal harga bisa sangat-sangat fleksibel, pintar-pintarnya kita menawar barang. Kalau ezytravelers kebetulan lagi di Lombok dan pengen mampir ke Pasar Karang Sukun ini, fyi biasanya hari jumat merupakan hari dimana para pedagang baru membongkar jualan mereka sehingga barang yang ada pun lebih banyak dan beragam daripada hari-hari lainnya.

berburu barang bekas

Dipilih-dipilih bajunya~

berburu barang bekas

Parka~

Tidak jarang saat saya berburu barang bekas di sini saya menemukan berbagai macam barang-barang unik dan lawas yang juga biasa disebut dengan vintage stuff. Hal yang membuat saya suka bolak-balik ke pasar barang bekas Karang Sukun ini adalah ya itu tadi berburu barang-barang vintage. Saya termasuk dalam orang-orang yang suka dengan barang-barang jadul. Kenapa berburu barang vintage-nya harus di pasar barang bekas? Karena kalaupun membeli vintage stuff di toko online ataupun offline, jarang sesuai dengan keinginan dan harganya pun sudah pasti mahal. Kalau dilihat-lihat dalam beberapa tahun belakangan vintage stuff semakin menjadi buruan dan tren yang kian banyak peminatnya hingga banyak akhirnya bermunculan toko offline maupun online yang menjual vintage stuff.

berburu barang bekas

Deretan baju flannel.

berburu barang bekas

Rok vintage~

Kegiatan berburu barang bekas ini juga biasa dikenal dengan sebutan thrifting. Saya mengenal istilah ini berkat sebuah akun instagram yang saya ikuti dan melihat postingannya terkait hobi thrifting ini. Ialah Nazura Gulfira atau yang biasa disapa dengan Ozu. Perempuan cantik ini sangat menggemari barang-barang bekas vintage sehingga dimanapun ia berada setiap kali traveling ia selalu berburu barang-barang bekas dan tidak jarang yang ia dapatkan adalah barang-barang unik dan bagus pula! Dari situ saya menyadari bahwa jauh sebelum saya hobi berburu dan mengoleksi barang bekas ini ternyata sudah ada duluan si mbak Ozu yang melakukannya, dan mungkin juga banyak lagi orang-orang di luar sana, atau bahkan mungkin ezytravelers yang sekarang lagi baca artikel ini juga suka berburu barang bekas. Bahkan lagi katanya berdasarkan buku yang ditulis oleh Ozu berjudul The Art of Thrifting, beberapa selebriti dunia sebut saja Zoe Kravitz, Lorde, Katy Perry, juga selebriti lokal seperti Alex Abbad dan Tara Basro ternyata juga menikmati thrifting alias berburu barang vintage atau secondhand ini. Dalam bukunya tersebut juga si Ozu juga  merekomendasikan beberapa lokasi thrifting seperti mulai dari Pasar Gedebage (Bandung), Mode Off (Tokyo), sampai Camden Market (London).

berburu barang bekas

Tas ketje!

berburu barang bekas

Polkadot backpack.

Nah kalau ezytravelers belum sampai juga ke beberapa tempat yang direkomendasikan oleh Ozu tersebut dan malah duluan nyangkut di Lombok, kebetulan lah itu, manfaatkan kesempatan untuk mampir di Pasar Karang Sukun, Mataram untuk memuaskan hobi berburu barang bekas dan temukan harta karun yang kalian cari di sini! Selain Pasar Karang Sukun, di Lombok sebenarnya masih ada lagi lokasi thrifting yang bisa kalian coba kunjungi seperti Pasar Kopang dan juga di daerah Masbagik, Lombok Timur. Kuy lah! To all vintage or secondhand stuff lovers, di Lombok kalian tidak cuma bakal menemukan lokasi-lokasi wisata yang oke tapi juga lokasi thrifting yang patut untuk dikunjungi juga! Happy holiday happy thrifting in Lombok!

Eh, boleh dong rekomendasi lokasi thrifting di daerah kalian, jangan lupa tulis di kolom komen yaaa. Nanti siapa tahu saya akan berkunjung kesana jika ada kesempatan, atau mungkin mau nemenin saya? hehee… Cheers~

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: holiday packages to indonesiatour murah, dan tiket pesawat lombok
(Visited 878 times, 4 visits today)

About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Berburu Barang Bekas di Mataram, Lombok' have 1 comment

  1. January 10, 2017 @ 8:25 pm baiq rosmala

    saya orang lombok tapi belum pernah kesana mba.. bukan karena nggak mau, tapi nggak ada yang ngajakin *hihihi.
    tapi kalau ada barang-barang unik kayak gitu mah mau lah entar kapan-kapan saya main ke Karang Sukun, nice share 🙂

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool