Berburu Cacing Laut Jelmaan Putri Mandalika, Lombok

Berburu Cacing Laut Jelmaan Putri Mandalika, Lombok
5 (100%) 3 votes

Ayo ke Lombok!

Salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang cukup terkenal di Lombok adalah Pantai Seger. Pantai Seger merupakan sebuah pantai di pesisir selatan pulau Lombok dengan pasir putih yang cantik. Panorama alam yang sangat ciamik. Selain itu pantai Seger juga merupakan lokasi yang memiliki legenda rakyat yang dikenal dengan tradisi Bau Nyale yang sampai saat ini masih mempunyai nilai sakral yang sangat tinggi bagi suku Sasak, Lombok.

Bau Nyale berasal dari bahasa Sasak, Bau artinya adalah bisa/dapat sedangkan Nyale adalah menyala. Dan arti lengkap Bau Nyale kurang lebih adalah cacing-cacing laut yang muncul sekali dalam setahun dan cacing yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai reinkarnasi dari Putri Mandalika ini terlihat berkilatan cahaya atau menyala layaknya lampu.

Bau Nyale ini biasanya diselenggarakan sekitar bulan Februari dan Maret. Ribuan masyarakat Lombok akan membanjiri pantai-pantai Lombok. Namun, pantai Seger merupakan pusat dari tempat penyelenggaraan dari tradisi sakral Bau Nyale.

koleksi pribadi @yayax

koleksi pribadi @yayax

Seperti tadi sudah disebutkan di atas, Nyale atau cacing laut yang ditangkap dipercaya merupakan jelmaan putri dari seorang raja, yaitu putri Mandalika. Putri Mandalika adalah seorang putri yang cantik jelita yang dahulu diperebutkan oleh pangeran-pangeran dari berbagai kerajaan di Lombok. Karena tidak bisa memilih salah satu diantara para pangeran-pangeran agar tidak terjadi perpecahan dan pertumpahan darah, maka putri Mandalika memutuskan untuk meloncat ke laut, mayatnya tidak ditemukan dan muncul cacing laut berwarna-warni yang diyakini oleh suku Sasak sebagai putri Mandalika.

b

Bagi masyarakat Lombok, Bau Nyale adalah pesta rakyat yang diadakan setiap tahun. Saya dan beberapa teman sangat antusias untuk mengikuti acara sakral ini. Sehari sebelumnya kami sudah mempersiapkan peralatan menginap seperti tenda dan lainnya. Ya, kami menginap karena cacing-cacing laut ini akan bermunculan pada rentang waktu antara pukul 03.00-07.00 WITA pagi. Kami sengaja mendirikan tenda di atas bukit agar bisa melihat ribuan wisatawan lokal dan asing yang berbondong-bondong untuk mengikuti acara ini. Perayaan pesta yang didukung oleh pemerintah setempat, banyak rangkaian acara-acara yang digelar untuk memeriahkan pesta Bau Nyale. Dan puncak acaranya tentu Bau Nyale itu sendiri. Tradisi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

koleksi pribadi @yayax

koleksi pribadi @yayax

Setelah mendirikan tenda, hari semakin larut namun mata saya tidak bisa terpejam. Saya sangat terpukau dengan ribuan lampu yang gemerlap di pesisir pantai. Cantiiiikkk sekali… seperti taburan bintang pantai. Ketika dini hari mejelang, kami memutuskan untuk turun dan bergabung dengan ribuan pemburu cacing laut lainnya. Suara hiruk pikuk para pemburu cacing laut memecah keheningan pantai Seger pada dini hari tersebut. Matahari semakin menyingsing dan serangkaian acara masih berjalan. Saya kembali ke tenda dan bersiap untuk sarapan pagi. Sayangnya tak banyak cacing laut yang saya dapatkan, maklum bukan ahli.. hehehe

koleksi pribadi @yayax

koleksi pribadi @yayax

Kamu juga bisa ikut bergabung berburu cacing laut tahun depan. Menikmati keseruan bareng dengan masyarakat Lombok yang masih antusias dengan acara Bau Nyale. Booking aja tiket pesawatmu di ezytravel.co.id, banyak paket wisata juga lho! Eits, setelah ikutan pesta rakyat ini, jangan lupa bawa pulang sampahmu ya…!

(Visited 280 times, 1 visits today)


About

Simply Complicated


'Berburu Cacing Laut Jelmaan Putri Mandalika, Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool