GIli Petagan Lombok

Berenang Bersama Ratusan Ikan di Gili Petagan, Lombok Timur

Berenang Bersama Ratusan Ikan di Gili Petagan, Lombok Timur
3 (60%) 5 votes

Pulau Lombok memiliki ratusan gili atau pulau kecil yang tersebar di beberapa wilayah. Nah, diantara gili-gili ini, ada beberapa gili yang sudah dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata andalan seperti Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Namun, masih banyak juga diantara gili-gili ini yang belum dikembangkan dan dikelola serta ada juga beberapa gili yang tidak berpenghuni.

Nah, pada postingan saya kali ini, saya akan menceritakan pengalaman snorkeling trip saya bersama teman-teman ke salah satu gili yang ada di kawasan Sambelia, Lombok Timur, namanya Gili Petagan.

Gili Petagan merupakan salah satu gili dari tujuh gili yang terletak di kawasan Sambelia, Lombok Timur. Nah, untuk mencapai gili ini dari Kota Mataram, rute yang dapat ditempuh yaitu: Mataram – Narmada – Kopang – Aikmel – Sambelia – Desa Padak Luar (tempat penyebrangan) – Gili Petagan. Waktu tempuhnya kurang lebih 2-2,5 jam.

Well guys, here is the story!

Melalui chat di grup WA, salah seorang partner in crime saya dalam blusukan yang sekaligus seorang diver mengajak saya dan beberapa teman yang lain untuk snorkeling di Gili Petagan. Karena sudah cukup lama gak pergi piknik bersama-sama dan kami sedang kekurangan vitamin sea, saya pun langsung menyambut baik dan meng-iya-kan ajakan sang master diver. Akhirnya kami semua sepakat untuk pergi snorkeling ke Gili Petagan.

Singkat cerita, kami pun bertemu di mepo alias meeting-point yang telah ditentukan dan setelah itu langsung meluncur ke kawasan Sambelia. Karena sudah lama sekali gak pergi piknik bersama geng blusukan saya yang satu ini, sepanjang perjalanan menuju Sambelia kami isi dengan canda tawa dan bully-membully. Yah, walaupun yang selalu jadi korban bully sih ya kami yang masih mblo-mblo ini. Asyik bercanda ria dan tawa, tidak terasa kalau kami hampir tiba di tempat penyebrangan ke Gili Petagan.

Tiba di tempat penyebrangan, kami langsung menuju tempat penyewaan perahu dan membayar retribusi sebesar 5.000 rupiah/orang. Setelah urusan sewa menyewa selesai, petualangan kami pun segera di mulai. Cihuy!

Mesin perahu mulai dihidupkan, jangkar mulai ditarik dan perahu kami pun dengan perlahan mulai bergerak. Cuaca hari itu sangat cerah dan membuat warna air laut terlihat begitu bening, sebening kak Raisa. *eh. Selain itu, gelombang lautnya juga cukup tenang sehingga perahu kami berlayar dengan mulus tanpa ada guncangan. What a day this will be!

Setalah 20 menitan berlayar, perahu kami mulai memasuki kawasan perairan Gili Petagan yang bersih dan sangat bening. Sampai-sampai karang dan ikan-ikannya terlihat dengan jelas dari atas perahu. Melihat pemandangan yang memukau ini, kami berasa tengah berada di atas sebuah akuarium raksasa. So amazing! Sang boatman dengan cekatan kemudian memilihkan kami spot terbaik untuk snorkeling.

GIli Petagan Lombok

Ketemu spot yang pas, kami langsung menyiapkan snorkeling gear kami dan langsung nyebur. Byyuuurrr! Begitu masuk ke dalam air, kami langsung dibuat takjub. Ratusan ekor ikan langsung bergerombol menyambut kedatangan kami. Benar-benar luar biasa. Sensasi berenang bersama ratusan ekor ikan benar-benar pengalaman yang tiada duanya.

GIli Petagan Lombok

GIli Petagan Lombok

GIli Petagan Lombok

Nah, kemudian, salah satu teman kami, sang diver, mengajak kami untuk mengeksplor setiap jengkal keindahan alam bawah laut Gili Petagan ini. Kami berenang menjauhi perahu dan berkeliling di perairan Gili Petagan yang cukup luas ini. Dalam perjalanan, kami berjumpa dengan berbagai jenis ikan termasuk si Clown Fish a.k.a Ikan Nemo yang bersembunyi di balik karang. Menyaksikan Nemo secara langsung begini pastinya langsung mengingatkan kita pada film animasi Holywood yang booming beberapa tahun lalu. Film yang berjudul “Finding Nemo” ini tokoh utamanya adalah seekor ikan nemo nan lucu yang terpisah dari keluarga dan akhirnya berpetualang di lautan.

Selain bercengkerama dengan nemo, kami juga melihat banyak sekali kumpulan terumbu karang dengan berbagai macam jenis, bentuk dan ukuran. Semua terumbu karang disini masih terlihat cukup sehat dan masih utuh.

GIli Petagan Lombok

GIli Petagan Lombok

GIli Petagan Lombok

Tak mau dibilang hoax, kami pun mulai berfoto-ria di bawah laut dan mengabadikan setiap momen dan setiap jengkal keindahan alam bawah laut Gili Petagan ini. Yah, itung-itung juga buat nambah koleksi foto underwotah kami. 😀

GIli Petagan Lombok

GIli Petagan Lombok

GIli Petagan Lombok

Setelah puas menikmati semua keindahan alam bawah laut Gili Petagan dan karena perut kami sudah mulai keroncongan, kami pun kemudian memutuskan untuk naik ke atas perahu untuk istirahat makan siang.

Karena keasyikan bermain air, tak terasa waktu sudah mulai beranjak sore. Saya dan teman-teman pun memutuskan untuk segera pulang agar tidak kemaleman di jalan. And mesin perahu dinyalakan kembali, jangkar mulai ditarik, dan kami pun mulai berlayar pulang dengan batin yang terpuaskan.

GIli Petagan Lombok

GIli Petagan Lombok

Well, it was a perfect day! Dalam sehari saya bisa piknik bersama teman-teman yang asyik, bisa menikmati keindahan bawah laut Gili Petagan yang membuat kami semua speechless, dan tentunya dapat asupan vitamin sea.

Oiya, pesan buat teman-teman yang mau berkunjung ke Gili Petagan, tolong di jaga kebersihan dan jangan membuang sampah apalagi sampah plastik ke laut. Selain itu, terumbu karang nya jangan diinjak dan ikannya jangan di tangkap ya. Supaya mereka tetap lestari.

GIli Petagan Lombok

Well, mungkin cukup sampai disini kisah snorkeling trip saya ke Gili Petagan, buat teman-teman pecinta alam bawah laut, maka spot yang satu ini wajib di coba.

Oh ya satu lagi, buat teman-teman yang berasal dari luar Lombok, tidak perlu khawatir masalah tiket ke Lombok, karena sekarang teman-teman bisa booking tiket di ezytravel.co.id, banyak promo-nya lho!

Sekian!

(Visited 650 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Berenang Bersama Ratusan Ikan di Gili Petagan, Lombok Timur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool