Berendam di Kolam Air Terjun Segenter Lombok, Segaaarrr…

Berendam di Kolam Air Terjun Segenter Lombok, Segaaarrr…
3.67 (73.33%) 3 votes

Ayo ke Lombok!

Hello guys, sudah liburan ke mana aja selama long weekend kemarin? Kamu yang berada di kota lain, pasti ngebet banget untuk liburan ke Lombok. Iya dong, pulau Lombok memiliki sejuta alasan menarik perhatian bagi kaum haus liburan. #halah. Banyak tempat wisata di Lombok yang sangat memikat dan menunggu kamu untuk menjejakkan kaki. Di Lombok, cuaca sedang tidak menentu nih, terkadang panas begitu menyengat, terkadang juga mendung datang mengirimkan hujan. Tapi dengan suhu di Lombok yang memang lebih sering terasa panas maka yang terpikirkan ketika panas mendera pasti ingin berendam di dalam air yang segar. Jadi sepertinya berburu air terjun akan sangat menarik di hari yang terik.

Seperti itulah kira-kira yang ada di benak saya ketika memutuskan untuk mengunjungi Air terjun Segenter.

Air terjun Segenter di Lombok

koleksi pribadi yayaX

Air Terjun Segenter #1 *koleksi pribadi yayaX*

Air terjun Segenter terletak di dusun Kumbi, Desa Lembah Sempaga, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Air terjun Segenter atau yang dikenal juga dengan nama air terjun Kumbi ini terletak di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa.

Sejak dari rumah, saya dan tiga orang sahabat sudah mengimajinasikan bagaimana sejuknya berendam dan mandi-mandi di air yang mengalir dari Air terjun Segenter ini.

Hari itu hari sabtu, kami berempat memacu kedua motor kami dengan kecepatan normal saja. Dari pusat Kota Mataram, kami hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit berkendara untuk sampai di Pintu Gerbang Balai Taman Hutan Raya Nuraksa Sesaot. Rutenya adalah Mataram – Selagalas – Narmada – Sesaot.

Setibanya di Pintu Gerbang, kami menitipkan motor di halam rumah warga yang berada persis di depan pintu gerbang. Selanjutnya kami harus soft-tracking alias berjalan kaki menyusuri Tahura (Taman Hutan Rakyat) yang hijau dan kaya akan vegetasi.

Sebenarnya kami bisa saja lanjut menggunakan kendaraan roda dua kami untuk mendekati air terjun, tetapi kami agak ragu dengan kondisi jalan dan lagi pula itung-itung olahraga, kami berempat sepakat untuk berjalan kaki saja. Toh, hari masih cukup pagi, sehingga udara masih sangat segar dan mentari belum terlalu kejam dengan sinarnya.

Oh iya, Sekadar info, Tahura ini berada di bawah pengawasan langsung Dinas Kehutanan Provinsi NTB. Jadi, jangan heran kalau sering bertemu dengan polisi kehutanan yang sedang berjaga di kawasan Tahura.

Perjalanan melintasi Tahura ini tidak terlalu panjang, kurang lebih 5km atau 40 menit maka kita sudah sampai di hadapan Air terjun Segenter. Sepanjang jalan kami isi dengan bercengkerama sambil menikmati kudapan yang sebelumnya kami beli di tengah perjalanan menuju TKP, sambil sesekali membaca nama-nama latin pepohonan yang ada di sisi jalan. Lumayan, nambah-nambah pengetahuan kan. Hihihi..

Oh iya, kondisi jalan yang kami lalui ketika soft-trekking adalah jalan tanah yang berdebu, yang sudah tentu ketika musim hujan datang maka lintasan akan menjadi becek dan sangat licin.

Ketika air terjun sudah terlihat di bawah, kami masih harus menyelesaikan “tantangan” terakhir, yaitu menuruni lembah menuju air terjun dengan melewati tangga berundak yang lumayan curam dan licin. Entah mengapa tangga beton yang ada seperti dibuat “ngga niat”. Tapi yaa sudahlah…

Ketika menyusuri lembah dan tangga pada lintasan menurun , kami disajikan pemandangan ciamik, yaitu lembah yang hijau dengan suara gemuruh air yang cukup deras menampar dasar kolam di bawahnya. Belum lagi bebatuan yang indah yang menjadi “aksesorisnya”.

Kamipun semakin mempercepat langkah karena tak sabar untuk menyentuh air yang sangat jernih di hadapan kami.

koleksi pribadi yayaX

Air Terjun Segenter #2 *koleksi pribadi yayaX*

Nyesss….

Sejuk sekali rasanya ketika pertama kali kaki-kaki kami yang terasa cukup lelah ini menyentuh air yang dingin yang mengalir dari jatuhan Air Terjun Segenter ini.

Ketinggian dari air terjun Segenter hampir mencapai 20 meter dengan kolam yang cukup luas dan cukup dalam di bawahnya. Suasana yang sangat asri dan sangat memukau, panasnya Lombok langsung jadi adem. Menurut cerita seorang kawan, karena pernah terjadi insiden, pengunjung tidak diijinkan mandi di bawah jatuhnya air secara langsung. Tapi pengunjung masih diperbolehkan berendam di kolamnya dengan catatan harus selalu berhati-hati dan hindari pusaran air di dekat jatuhan air terjun.

Segera setelah duduk-duduk merendam kaki, kami meletakkan semua tas dan siap-siap untuk mandi-mandi.

Playing time 😀

Setelah mandi-mandi, masing-masing dari kami sibuk dengan aktifitas masing-masing. Ada yang sibuk dengan kamera DSLR-nya, ada yang nyelfie, sedangkan saya? Sibuk menikmati keindahan Air Terjun Segenter sambil lanjut ngemil.

It was perfect!

Yang pasti, sabtu saya kemarin sangat berkualitas dan menyenangkan setelah berkunjung ke Air Terjun Segenter .

Jadi gimana, tertarik untuk berburu air terjun di Lombok? Lombok memiliki puluhan air terjun lain yang sangat menakjubkan, tentunya tidak kalah cantik. Sekarang kamu hanya tinggal pilih tanggal untuk membooking tiketmu di ezytravel.co.id. Oia, jangan lupa, bawa kembali sampahmu setelah menjejakkan kaki di alam yaaa.

Salam cihuy~

(Visited 239 times, 1 visits today)


About

Simply Complicated


'Berendam di Kolam Air Terjun Segenter Lombok, Segaaarrr…' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool