Berkunjung ke Gili Ujung Betok di Lombok Timur

Berkunjung ke Gili Ujung Betok di Lombok Timur
5 (100%) 1 vote

Sebagai penjelajah Lombok sejati, kita tak akan bosan untuk gerilya menemukan keindahan pulau-pulau kecil yang disebut Gili. Kabupaten Lombok Timur ternyata juga memiliki banyak gili yang tersebar di kawasan Kecamatan Jerowaru, Kecamatan Keruak dan Kecamatan Sambelia. Menurut info, ada 35 gili di Lombok Timur dimana sebanyak 6 gili berpenghuni. Mari kita berkunjung ke sebuah gili di kawasan Pemongkong Jerowaru.

Selamat datang di Gili Ujung Betok - Lombok Timur

Selamat datang di Gili Ujung Betok – Lombok Timur

Gili Ujung Betok terletak di Dusun Ujung Betok bertetangga dengan Dusun Pemongkong Timur Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Rute dari Mataram sama dengan ketika kita akan menuju Pantai Pink Tangsi dan Tanjung Ringgit yaitu melalui Kediri – Praya – Mujur – Ganti – pertigaan Keruak belok kanan menuju Jerowaru – pertigaan Pemongkong belok kiri (ada plank nama pantai) – Gili Ujung Betok. Lama perjalanan sekitar 2 jam kurang menggunakan mobil atau sepeda motor. Semua jalan sudah diaspal hotmix kecuali beberapa ratus meter memasuki kawasan Gili Ujung Betok yang masih berupa jalan tanah.

Panorama Gili Ujung Betok saat air laut surut

Panorama Gili Ujung Betok saat air laut surut

Gili ini hanyalah sebuah pulau kecil yang bertype low lying island atau pulau dataran rendah, berpenghuni sekitar puluhan KK dan bukanlah pulau tujuan wisata seperti gili-gili lainnya. Luasnya kurang lebih seukuran lapangan sepak bola mini atau futsal. Tak heran kalau Gili Ujung Betok tak tercantum di peta karena saking imut ukurannya. Sebagian besar penghuni pulau ini berprofesi sebagai nelayan. Mereka menangkap ikan di sekitar perairan Tanjung Luar dan menjual hasil tangkapannya di TPI Tanjung Luar Lombok Timur.

Kerennya Gili Ujung Betok saat air laut pasang - by @adhynata7

Kerennya Gili Ujung Betok saat air laut pasang – by @adhynata7

Keunikan Gili Ujung Betok adalah adanya jembatan kayu dan jalan rabat beton yang menghubungkan pulau kecil ini dengan daratan Pulau Lombok. Saat air laut sedang surut, kita bisa berjalan kaki dengan mudah ke pulau ini meski tidak ada jembatan tersebut. Kejadian pasang surut air laut yang menjadi momen penting yang menampilkan keindahan pulau ini. Saat kondisi air laut sedang surut maupun pasang sama-sama indahnya! Terdapat beberapa rumah permanen dan bangunan masjid di tengah pulau yang dihuni oleh sekitar 80 kepala keluarga ini.

Narsis di Gili Ujung Betok :)

Narsis di Gili Ujung Betok 🙂

Gili Ujung Betok hanya merupakan gili singgah saja karena sebenarnya gili ini sudah menyatu dengan daratan dengan adanya jembatan penghubung tersebut. Tidak banyak orang yng berkunjung ke gili ini karena sudah ramai dengan penduduk yang menghuninya, kalaupun singgah hanya untuk menikmati keindahan panorama alam di sekitarnya. Deretan pohon bakau menghiasi perairan Gili Ujung Betok dan tampak di kejauhan Gili Sunut yang rencananya akan dibangun sebuah resort mewah oleh investor dari luar negeri.

Tak banyak aktivitas yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Gili Ujung Betok. Selain mengambil gambar dan berfoto dengan latar pulau kecil ini, kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti bercengkrama dengan para penghuni gili atau menginap untuk lebih memahami keseharian aktivitas para nelayan di sana.

Silahkan mampir berkunjung ke Gili Ujung Betok. Lombok gak ada matinya!

Pesan tiket pesawat dan penginapan di Lombok bisa di sini.

(Visited 861 times, 1 visits today)


About

Admin @infolombok l Suka menggalau di akun @bli_arie yang hobi ke sana ke mari ke mana-mana dan sangat mencintai makanan (tanpa sayur)!


'Berkunjung ke Gili Ujung Betok di Lombok Timur' have 2 comments

  1. September 2, 2015 @ 7:07 pm depz

    keren bingits

    Reply

    • September 3, 2015 @ 3:25 pm Ari Diatmika

      Lama banget kita ndak menjelajah Lombok selatan lagi 😉

      Reply

  2. May 8, 2016 @ 1:36 am Harry Azhari

    Wah… ane yang asli lombok belum pernah kesana, hadddeuh… ironis banget rasanya.
    Ketika Air Laut naik itu (menurut ane) justru “lebih” jadi moment puncaknya tuh, Bang.. Gili Ujung Betok berubah jd “The Real” Gili kalo air laut mulai pasang. hehehe..

    Btw, trimz abuat artikelnya, bang… kapan2 ane kesana ding. Sekalian wisata sosial ke penghuni gilinya. (y)

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool