Bermain Bersama Si Nemo di Gili Bidara, Lombok Timur

4.5 (90%) 2 votes

Teman-teman semua pasti tidak ada yang tidak mengenal ikan Nemo. Ya, ikan Nemo alias Clown Fish ini mulai terkenal dan naik daun ketika Pixar yang terkenal sebagai jagonya animasi, membuat sebuah film animasi yang berjudul Finding Nemo. Sejak film ini booming, ikan ini menjadi “buruan” dan objek foto favorit para pecinta snorkeling. Nah, di Pulau Lombok, ada sebuah gili dimana teman-teman -khususnya pecinta dunia underwater– dapat snorkeling asyik sambil bermain dengan si cantik ikan Nemo ini, nama gilinya adalah Gili Bidara.

Gili di Lombok

Gili Bidara

Pada postingan kali ini, saya akan menceritakan pengalaman snorkeling saya sambil bermain dengan ikan Nemo di Gili Bidara.

Seperti biasa, setiap weekend, saya selalu menghabiskan waktu saya dengan menjelajahi setiap sudut keindahan Pulau Lombok. Nah, weekend kali ini, salah seorang teman saya yang berprofesi sebagai seorang master diver mengajak saya untuk pergi snorkeling ke Gili Bidara. Oh ya, FYI, Gili Bidara ini merupakan salah satu gili dari tujuh gili yang ada di kawasan Sambelia. Untuk mencapai gili ini dari Kota Mataram, teman-teman dapat menempuh rute berikut: Mataram-Narmada-Kopang-Aikmel-Sambelia-Desa Padak Luar (tempat penyebrangan)-Gili Bidara. Nah, waktu tempuhnya sekitar 2-3 jam.

Setelah semua peralatan snorkeling dan tentunya kamera underwater siap, kami pun langsung meluncur menuju kawasan Sambelia. Tiba di kawasan Sambelia, kami langsung menuju tempat penyebrangan dan menghubungi salah satu boatman langganan kami untuk mengantar kami menuju Gili Bidara. Tak lama kemudian, sang boatman pun datang dan kami langsung naik ke perahunya. Mesin dihidupkan, jangkar di tarik and here we go.

Cuaca hari itu sangat cerah dan sang mentari bersinar dengan sangat terang. It’s a good news! Karena dengan cahaya yang terang kami bisa melihat dengan lebih jelas di bawah laut. Sekitar 15 menitan berlayar, akhirnya perahu kami berlabuh di Gili Bidara. Tiba di Gili Bidara kami langsung disambut dengan air laut yang sangat bening. Crystal Clear Water! What a nice view!

Spot snorkeling terbaik di Gili Bidara ini adalah di sebelah kanan dermaga jika kita membelakangi bagian pulau. Spot ini memiliki kedalaman 1,5-3 meter. Di spot ini banyak terdapat berbagai jenis dan ukuran ikan serta terumbu karangnya juga masih bagus. Selain itu, di spot ini juga banyak terdapat bintang laut berwarna biru yang mulai jarang ditemukan.

Gili Bidara Lombok

Karena sudah gak sabaran dan penasaran dengan keindahan bawah laut Gili Bidara, begitu perahu berlabuh, kami pun langsung nyemplung dan memulai kegiatan snorkeling kami yang kali ini di pimpin oleh sang master diver. Arus laut pada hari itu lumayan kencang jadi kami harus ekstra waspada agar tidak terbawa arus dan hanyut.

Well, tak lama berselang, kami mulai menjumpai gerombolan ikan yang cukup banyak dan beberapa bintang laut berwarna biru. Setelah itu, tibalah kami di spot utama, spot karang dimana si Nemo tinggal. Tiba di spot utama, kami langsung di sambut oleh ikan-ikan Nemo yang bersembunyi dibalik anemon dan batu karang. Jumlah ikan Nemo-nya cukup banyak. Kami dengan santai mengikuti setiap pergerakan ikan imut ini sambil mengambil beberapa video dan foto sebagai kenangan.

Ikan-ikan ini sangat elok dipandang mata, mereka saling kejar-mengejar satu sama lain, bersembunyi dengan malu-malu dibalik karang, walau sesekali mereka nampak narsis karena seolah seperti sadar kamera ketika lensa kami menghadap wajah mereka. Intinya they are so fascinating. Mereka terlihat begitu lucu dan imut, ingin sekali rasanya kami membawa nya pulang kerumah. Namun, it’s forbidden ya. Ikan-ikan ini gak boleh ditangkap agar tetap lestari dan bisa dilihat oleh anak cucu kita kelak.

Sarangnya si Nemo

Tak terasa kami sudah sangat lama berada di bawah laut, sang pemimpin snorkeling trip pun memutuskan untuk kembali ke pantai dan beristirahat.

Setelah beristirahat dan menyantap makan siang, kami kemudian bermain asik di pantai sambil berfoto ria dan akhirnya pulang ketika sore menjelang.

Well guys, itulah pengalaman snorkeling saya bermain dengan ikan Nemo. Bagi teman-teman Nemo lovers yang ingin bermain bersama si Nemo, maka spot yang satu ini wajib dikunjungi.

Sekian!

(Visited 568 times, 1 visits today)

About

Son of the Beach

'Bermain Bersama Si Nemo di Gili Bidara, Lombok Timur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool