Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Blusukan di Lombok? Ke Pantai Jagog Dalem aja!

Vote Us

Pantai Jagog Dalem adalah salah satu spot blusukan di Lombok yang belum banyak diketahui orang banyak. Pantai ini merupakan saudara dekat dari Pantai Jagog Luar yang merupakan spot memancing di Lombok. Secara administratif, Pantai Jagog Dalem terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Jaraknya dari Kota Mataram sekitar 55 KM. Pantai Jagog Dalem tersembunyi di balik sebuah bukit dan sedikit susah untuk dijangkau. Nah, karena terletak di tempat yang cukup susah dijangkau, maka tidak heran kalau Pantai Jagog Dalem ini masuk dalam daftar spot blusukan di Lombok yang masih sangat-sangat anti-mainstream.

Nah, pada postingan kali ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya ketika ‘blusukan’ ke Pantai Jagog Dalem bersama seorang fotografer.

Seperti biasa, setiap hari libur atau weekend, selalu saya habiskan untuk pergi menjelajahi setiap pantai yang ada di Lombok. Namun, weekend ini saya merasa buntu dan tidak tahu arah dan tujuan. Karena buntu, akhirnya saya menghabiskan waktu dengan online dan online. Ketika asyik online, tiba-tiba saya mendapat sebuah pesan dari seseorang. Nah, dia adalah seorang fotografer dan minta diajakin blusukan di Lombok. Saya pun membalas pesannya dengan cepat dan mengiyakan permintaannya. Setelah sedikit berdiskusi, kami pun memutuskan untuk mengunjungi Pantai Jagog Dalem. Kenapa Pantai Jagog Dalem? Well, karena pantai ini memang keren, pemandangannya luar biasa menawan dan bebatuannya sangat indah.

Singkat cerita, keesokan harinya, kami akhirnya bertemu di meeting point yang telah kami sepakati sebelumnya. Dari meeting point (Mataram), kami mulai berkendara menuju kawasan Desa Mekarsari. Perjalanan dari Mataram menuju Desa Mekarsari membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Setelah tiba di Desa Mekarsari, kami menitipkan kendaraan kami disalah satu rumah warga. Oh ya, FYI, Pantai Jagog Dalem ini belum dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata, jadi tidak ada fasilitas umum apapun dan tidak dikenakan biaya masuk, kecuali biaya penitipan motor di rumah warga. Dan Pantai Jagog Dalem ini hanya dikunjungi oleh orang-orang tertentu yang suka blusukan di Lombok.

Setelah urusan titip-menitip selesai, kami kemudian mulai berjalan menyusuri pinggiran pantai dan mendaki bukit untuk dapat tiba di Pantai Jagog Dalem. Dari rumah warga, kami harus berjalan kaki sekitar 1 jam dengan medan yang cukup ekstrim. Dibutuhkan fisik yang kuat dan tenaga lebih untuk menaklukkan medannya ini. Nah, ketika mulai mendaki bukit, ada sesuatu yang berbeda yang saya temukan. Jalan setapak yang biasa saya lewati sebelum-sebelumnya tertutup semak berduri yang tajam dan rimbun. Saking rimbunnya, jalur yang sudah ada sampai tertutup dan susah dikenali. Akhirnya, dengan pelan namun pasti, kami pun mulai berjalan memasuki semak-semak yang rimbun dan tinggi.

Jalur Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Well, fortunately, setelah berjibaku melewati rerimbunan semak-semak, kami akhirnya tiba di puncak bukit Pantai Jagog Dalem. Yeah! Dari atas bukit ini, terhampar pemandangan pantai yang sangat menawan dan eksotis. Sambil istirahat sejenak, kami mulai memencet shutter kamera kami dan mengabadikan panorama Pantai Jagog Dalem yang begitu indah dari atas bukit ini. Tidak mengherankan kalau pantai ini jadi spot blusukan di Lombok yang wajib dikunjungi.

Pose di Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

View Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Panorama Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Setelah cukup beristirahat dan mendapatkan beberapa foto, kami kemudian melanjutkan perjalanan kami menuruni bukit. Medan yang kami lewati ketika menuruni bukit cukup terjal dan curam, jadi kami mesti berhati-hati.

Bukit Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Tak lama kemudian, tibalah kami di Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok yang sangat menawan. Oh yeah, finally! Tiba di TKP, teman saya si fotografer mulai menyiapkan gear-nya dan mencari best spot untuk memotret. Sedangkan saya mulai menjelajahi setiap sudut Pantai Jagog Dalem ini.

Garis Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Pantai Jagog Dalem memiliki garis pantai yang pendek dan kebanyakan didominasi oleh bebatuan. Banyak terdapat bebatuan di sini dan ukurannya pun bervariasi. Namun, ada satu batu berukuran sangat besar dan sangat unik yang menjadi ciri khas dari salah satu spot blusukan di Lombok ini. Batu ini memanjang dan berbentuk lancip/runcing dibagian ujungnya. Batu ini menjadi spot favorit untuk berfoto. Pantai Jagog Dalem juga dikelilingi oleh perbukitan. Pantai ini masuk ke dalam kawasan pantai selatan dan memiliki ombak yang ganas. Jadi, berenang di pantainya tidak direkomendasikan.

Batu Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Motret Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Bebatuan Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Ombak Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Namun ezytravelers gak usah khawatir, di balik sebuah batu, terdapat kolam pantai alami yang bisa digunakan untuk berendam. Dan dijamin, ketika masuk ke dalam kolam pantai ini, ezytravelers gak bakalan mau beranjak.

Kolam Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Berendam di Kolam Pantai Jagog Dalem, spot blusukan di Lombok

Setelah capek berkeliling, kami kemudian duduk santai beristirahat menikmati cemilan yang kami bawa sambil menikmati sejuknya semilir angin yang sejuk. Suasana sekitar yang tenang dan damai serta indahnya pemandangan di depan mata kami semakin menambah nikmatnya berada disalah satu spot blusukan di Lombok ini.

Setelah cukup beristirahat dan teman saya si fotografer sudah mendapatkan banyak foto yang keren, dengan melewati jalur yang sama, kami kemudian beranjak pulang dengan perasaan bahagia riang gembira.

Well, itulah kisah perjalanan kami mengunjungi salah satu spot blusukan di Lombok yaitu Pantai Jagog Dalem.

Buat ezytravelers yang berjiwa petualang, maka spot blusukan di Lombok yang satu ini wajib dikunjungi.

Sekian!

(Visited 308 times, 1 visits today)

About

Son of the Beach

'Blusukan di Lombok? Ke Pantai Jagog Dalem aja!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool