bukit-selong-feature

Pesona Panorama Bukit Selong dan Desa Adat Beleq Sembalun Lombok

Pesona Panorama Bukit Selong dan Desa Adat Beleq Sembalun Lombok
5 (100%) 1 vote

Pada beberapa waktu lalu Lembah Sembalun, Lombok Timur meraih penghargaan sebagai destinasi bulan madu ramah wisatawan muslim terbaik dalam Kompetisi Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016 atau World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab (UEA). Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani ini memang sudah lebih dulu familiar bagi traveler terlebih yang hobi trekking ke Gunung Rinjani. Sembalun semakin dikenal lebih luas lagi setelah mendapat penghargaan tersebut. Momen yang paling saya ingat terkait semarak pemilihan dalam kompetisi ini adalah ketika masih dalam waktu voting dimana foto Sembalun terpampang sana-sini wara-wiri di dunia maya dan di dunia nyata. Salah satu spot foto wisata Sembalun yang menjadi media promosi saat itu adalah foto dengan berlatar belakang sebuah bukit dengan persawahan kotak-kotak bak permadani warna-warni. Kemudian tampak juga foto dengan latar rumah adat dibawahnya. Saya pun penasaran dengan tempat tersebut. Belakangan saya tahu kalau itu adalah Bukit Selong.

menuju bukit selong

Lembah Sembalun, Lombok Timur meraih penghargaan sebagai destinasi bulan madu ramah wisatawan muslim terbaik dalam Kompetisi Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016.

Yak, namanya Bukit Selong, terletak di desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Berada di kaki Rinjani, Sembalun banyak memiliki bukit-bukit yang punya pesona dan pemandangan alam yang indah termasuk Bukit Selong ini. Seperti yang sebelumnya sudah saya gambarkan di atas, Bukit Selong terkenal dengan pemandangan petak sawah yang berwarna-warni yang terlihat seperti karpet dari atas bukit. Untuk menuju Bukit Selong, wisatawan harus melakukan trekking namun tidak seberat trekking ke bukit-bukit tetangga sepert Bukit Dandaun, Bukit Pergasingan, Bukit Nanggi, atau Bukit Anak Dara. Oleh karena itu, tidak heran kalau Bukit Selong ini disebut-sebut semacam bukit yang dengan lima menit saja sampai puncak, kata orang. LOL. Yaa mungkin tidak lima menit juga sih ya. Umpanya seperti itu, saking dekatnya (dibandingkan mendaki bukit-bukit yang lain). Di bawah Bukit Selong wisatawan bisa jeprat-jepret poto berlatar sawah yang hits itu. Lalu jika trekking lebih atas lagi, maka wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang  lebih dekat dengan Bukit Pergasingan. Sementara view lain dari Bukit Selong ini adalah Desa Adat Beleq Sembalun Lawang.

bukit selong

Panorama bukit selong.

Dulu saya pikir Desa Adat Beleq Sembalun Lawang ini merupakan rumah adat yang berada di pinggir jalan raya di Sembalun. Tapi ternyata berbeda. Rumah adat yang ada pinggir jalan Sembalun itu disebut dengan Desa Adat Sembalun Bumbung. Desa Adat Beleq Sembalun Lawang ini konon katanya adalah desa dan rumah pertama di lereng Gunung Rinjani. Di desa ini hanya ada 7 rumah asli yang sudah berumur ratusan tahun. Desa Adat Beleq ini berada dalam pagar yang terbuat dari batu kali yang tersusun mengelilingi komplek desa kecil ini. Atap Rumah adat ini terbuat dari bambu dan alang alang kemudian lantainya terbuat dari tanah liat campur kotoran sapi, seperti yang biasa wisatawan lihat pada rumah adat desa sade di Lombok tengah. Lantai yang bercampur adukan tanah dengan kotoran sapi ini dipercaya berfungsi menghalau nyamuk.

bukit selong

Bukit Selong terkenal dengan pemandangan petak sawah yang berwarna-warni yang terlihat seperti karpet dari atas bukit.

Lebih lanjut soal rumah adat yang satu ini, uniknya ruangan yang ada di rumah ini memiliki keunikan fungsinya. Setiap ruangan di Desa Adat Sembalun Lawang ini mempunyai fungsi masing-masing. Seperti misalnya Bale Gada adalah khusus untuk menyimpan persenjataan seperti keris, pedang, tombak, cendekan dll, Bale Maling adalah tempat menaruh alat sehari-hari seperti cangkul, linggis, palu, sabit, parang, golok, lading, timpas dsb, Bale Botol adalah tempat menyimpan berbagai botol minyak goreng, minyak tanah, minyak obat dsb, Bale Dalem adalah tempat menyimpan logistik dan tempat anak gadis tidur yang sudah siap di-pidangi dan di-apeli, Ringga adalah tempat menaruh makanan siap saji yang digantung persis di tengah rumah dan tidak terjangkau anak-anak, Pepara adalah tempat menyimpan soak (tempat menyimpan pakaian), Sesokan, tempat menyimpan ipuq (tempat uang dsb), Soak adalah alat yang terbuat dari daun lontar untuk dijadikan lemari penyimpan pakaian dan aksesoris lainnya, Kekeben adalah alat seperti soak tetapi terbuat dari anyaman bambu, Kerao’an adalah alat gegesek khusus untuk menaruh kitab suci (http://budaya.kampung-media.com/).

bukit selong

Panorama desa adat beleq sembalun lawang lombok timur.

Last but not least, how to get there? Ke Bukit Selong dan Desa Adat Beleq?

Bukit Selong atau juga disebut Bukit Desa Belek/Blek/Beleq dapat dicapai via dua rute yaitu bisa lewat jalur timur atau jalur utara. Kalau lewat jalur timur, rute yang dilalui adalah Kota Mataram menuju Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Kemudian kalau memilih jalur utara, rute yang dilalui adalah Kota Mataram menuju Senaru dan akan berujung di Desa Sembalun Lawang.

Nah, Itulah dia! Yuk lah ke Lombok!

bukit selong

A breathtaking view of bukit selong.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel lombok, tour murah, dan tiket pesawat lombok
(Visited 726 times, 1 visits today)

About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Pesona Panorama Bukit Selong dan Desa Adat Beleq Sembalun Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool