Produk Daur Ulang Sampah

Cinta Lingkungan? Wajib Beli Oleh-Oleh Produk Daur Ulang Sampah dari Lombok

Cinta Lingkungan? Wajib Beli Oleh-Oleh Produk Daur Ulang Sampah dari Lombok
5 (100%) 1 vote

Mendatangi suatu daerah dalam rangka liburan atau berwisata tak pernah lepas dari oleh-oleh atau buah tangan yang bisa kita berikan untuk keluarga, teman, tetangga, atau pun rekan kerja. Setiap kita pergi berlibur atau berkunjung ke satu daerah, kalimat: “Jangan lupa oleh-oleh yaaa!” dari keluarga maupun kawan karib kerap mengiringi keberangkatan kita.

Biasanya bagi para pejalan, oleh-oleh yang dibawakan sebagai buah tangan tidak lepas dari makanan atau cenderamata khas daerah yang dikunjungi. Berwisata ke Lombok, beragam rupa oleh-oleh bisa dibeli untuk orang-orang tersayang seperti gerabah, perhiasan mutiara, tenun, batik Sasambo, olahan rumput laut, dan masih banyak lagi. Menurut saya, itu jenis oleh-oleh mainstream yang sering dibeli wisatawan saat berkunjung ke Lombok. Ada lagi oleh-oleh yang “tidak biasa” yang saya rekomendasikan bagi Anda para pejalan yang menyambangi pulau nan cantik ini. Apakah itu???

Ialah aneka produk dari hasil daur ulang sampah plastik. Eit, jangan mengernyitkan dahi dulu. Bagi Anda yang mengaku pecinta lingkungan, peduli lingkungan dan tidak ingin alam kita yang indah ini rusak karena keberadaan sampah yang tak terbendung dan berserakan dimana-mana, sangat direkomendasikan untuk membawa buah tangan hasil kreasi sampah plastik dari Kota Mataram.

Lombok Eco Craft

Beberapa tas dari sampah plastik hasil produksi Lombok Eco Craft

Lombok Eco Craft

Dompet dan tempat tissue dari sampah plastik

Di Kota Mataram ada beberapa kelompok kerja (Pokja) peduli lingkungan yang mendaur ulang sampah-sampah plastik menjadi barang yang cantik dan unik. Harganya tidak perlu khawatir, tidak buat kantong jebol kok. Barang daur ulang sampah ini bisa didapatkan salah satunya di Lingkungan Banjar, Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan yang diproduksi oleh ibu-ibu dari Kardus (Kelompok Daur Ulang Sampah). Harga beberapa barang hasil produksi Kardus ini dibanderol mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 150 ribu. Beberapa hasil kreasi daur ulang sampah plastik ini ada tas ransel, clutch bag, dompet, bunga, piring plastik (ingke), taplak meja, bros, tempat tissue, bantal, dan masih banyak lagi.

Ketua Kardus, Hj. Nurhayati mengatakan ada ratusan hasil kreasi sampah yang diproduksi kelompoknya yang dibuat dari kertas kresek bekas, bungkus kopi, sedotan, gelas minuman, botol minuman, koran bekas, dan lainnya. Harga barang kreasi sampah ini tergantung dari kerumitan pembuatannya.

Daur Ulang

Tas cantik dari bungkus kopi

Daur Ulang
Produk daur ulang sampah ini juga bisa didapatkan di show room Bank Sampah NTB Mandiri yang dikelola Aisyah Odist yang juga berada di Kelurahan Banjar Ampenan. Bahkan produksi daur ulang sampah oleh Bank Sampah Mandiri yang dilabeli Lombok Eco Craft ini sudah diekspor ke luar negeri lho, khususnya Jepang dan Australia. Para bule juga menggandrungi produk ini, masa’ kita kalah??

Dengan membeli produk daur ulang sampah ini, kita tidak hanya berkontribusi dalam menjaga lingkungan, tapi juga bisa ikut membantu pemberdayaan ekonomi warga sekitar. Karena sebagian besar produk kreasi sampah ini dikerjakan oleh para ibu rumah tangga.

Daur Ulang

Kumpulan plastik bekas sebagai bahan baku produksi dikumpulkan di gudang Ketua Kardus Kelurahan Banjar

Seperti katanya Duta Besar Amerika Serikat, Robert O. Blake Jr beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Lombok, persoalan sampah ini mengancam eksistensi industri pariwisata di Indonesia. Blake mengatakan Indonesia adalah negara kedua penghasil sampah terbesar setelah Tiongkok.

Sampah plastik ini juga kerap dijumpai di perairan maupun pantai. Sampah plastik ini bisa membunuh ikan dan berdampak pada industri pariwisata karena bisa merusak biota laut. Mari kita ikut berkontribusi menjaga lingkungan kita salah satunya dengan membeli oleh-oleh kreasi daur ulang sampah plastik. Be a smart tourist dear friends! XOXO

(Visited 1,554 times, 1 visits today)


About

Wartawan di koran Suara NTB, pecinta buku, full time dreamer, mimpi keliling dunia karena dunia layaknya buku, harus dibaca sampai tuntas.


'Cinta Lingkungan? Wajib Beli Oleh-Oleh Produk Daur Ulang Sampah dari Lombok' have 12 comments

  1. May 22, 2015 @ 11:37 pm depz

    ini keren bgt!!

    Reply

  2. June 2, 2015 @ 6:50 am dimas

    keren … pengen bisa buat kayak gitu juga..

    Reply

  3. June 2, 2015 @ 6:52 am wayan winarta

    Terus berkreasi dan munculkan ciri khas Lombok.

    Reply

  4. June 12, 2015 @ 9:46 am maya sarinita amra

    Salut buat srikandi-srikandiku..tetap berkarya yaa..

    Reply

    • June 14, 2015 @ 10:19 am Yanet Fawzia

      Salut juga buat pak lurah dan ibu yg terus memberikan pendampingan dan mengalirkan semangat buat para anggota Pokja. Moga semakin sukses ke depannya. aamiin. 🙂

      Reply

  5. August 12, 2015 @ 2:06 pm helmi

    mantap, keren mau belajar kita. Luar biasa ayo cinta lingkungan.

    Reply

    • August 14, 2015 @ 3:38 pm Yanet Fawzia

      Yukk.. 🙂

      Reply

      • September 3, 2015 @ 8:51 am sopian hadi

        Boleh minta informasi tentang bank sampah NTB Mandiri?

        Reply

        • September 3, 2015 @ 4:16 pm Yanet Fawzia

          Bisa datang aja langsung ke pusat produksinya di Lingkungan Banjar, Kelurahan Banjar, masuk lewat depan pom bensi Ampenan atau di belakang Pengadilan Agama Mataram. 🙂

          Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool