Bulan Budaya di Lombok

Come and Join, Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015. Don’t Miss it!

Come and Join, Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015. Don’t Miss it!
5 (100%) 1 vote

Ayo buruan pesan tiket ke Lombok ! Sudah saatnya Anda menyisihkan sebagian waktu kerja Anda dan berleha-leha di pulau Lombok. Because you know why? Something big is going to happen di pulau eksotis ini! Believe me, this is something you don’t wanna miss.

Sobat travellers pasti bertanya-tanya kan, “ada apa sih?”

Tenang.. semuanya akan saya jawab dalam tulisan ini. So, keep reading this article.

Hallo, penikmat keindahan nusantara. Bagaimana kabarmu? Sudah sejauh mana kah engkau mengenal Ibu Pertiwi? Sudah sadarkah Anda bahwa negeri kita ini tak kalah luar biasa indahnya dibandingkan dengan belahan dunia lainnya? Masya Allah, sungguh kekayaan alam yang magnificent.

Terbentangnya pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke menjadikan Indonesia kaya akan warisan leluhur. Indonesia telah lama dikenal sebagai bangsa yang terdiri dari beragam suku, bahasa, dan budaya. Bayangkan, 17.504 pulau, 1.340 suku, dan 546 bahasa daerah. Angka yang spektakuler. Kebayang deh gimana kayanya kita akan budaya. Ngga heran banyak Negara tetangga yang berusaha mengklaim berbagai warisan nenek moyang kita.

Ini nih, salah satu baliho event yang lagi banyak dibicarakan orang

Ini nih, salah satu baliho event yang lagi banyak dibicarakan orang

Kenyataan ini menjadi kekayaan yang perlu dibanggakan serta dilestarikan dari generasi ke generasi. Hal ini pula yang menjadikan Indonesia memiliki daya tarik tersendiri di mata internasional dan menjadi modal utama dalam dunia pariwisata.

Lalu, apa kaitannya semua wacana itu dengan Lombok? Sabar.. just keep reading.

Setelah event Tambora Menyapa Dunia, yang merupakan rangkaian acara memperingati 200 tahun acara tiup-tiup lilinnya (baca: meletusnya) Gunung Tambora, NTB kembali lagi mengguncang dunia dengan event-event luar biasanya. Kali ini merupakan ajang yang sangat bergengsi untuk tidak dihadiri. Merugilah sobat travellers bila melewatkan moment penting ini. Bagaimana tidak, karena kekayaan budaya Lombok-Sumbawa akan dikemas dalam satu wadah selama kurang lebih sebulan penuh. Analoginya, Anda dapat mengenal Lombok-Sumbawa dalam waktu yang singkat tapi penuh makna.

Budaya Peresean ini merupakan sebuah seni tradisional pertarungan antara dua orang. Seru nih!

Budaya Peresean ini merupakan sebuah seni tradisional pertarungan antara dua orang. Seru nih!

Well, sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya NTB, Pemerintah setempat mengadakan Bulan Citra Budaya NTB bertajuk “Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015” yang akan dimulai pada tanggal 18 Agustus 2015. Seluruh kegiatan pada event ini akan dipusatkan di Kota Mataram.
Kegiatan BBLS (Bulan Budaya Lombok-Sumbawa) ini akan akan menampilkan berbagai kegiatan atraksi budaya di seluruh NTB, termasuk kerajinan khas provinsi, seperti mutiara, gerabah, cukli, kain tenun, dan handcraft lainnya.

1439917594716

Bakalan ada Kerajinan Gerabah juga, lhoo…

Pokoknya, everything that has anything to do with budaya NTB akan disajikan selengkap-lengkapnya untuk Anda.”Leh uga nih” (bahasa anak kekinian yang artinya, boleh juga nih).

Selain itu, acara yang berlangsung sampai pada tanggal 16 September ini juga akan menampilkan pentas seni lintas etnis yang tinggal di daerah setempat, seperti Tiongkok, Arab, Bugis, Jawa, dan lainnya. At least ini adalah salah satu bentuk merangkul ke-anekaragaman etnis ke dalam satu wadah yang bernama BBLS. GREAT!

Seni musik tradisional suku Sasak, Gendang Beleq

Seni musik tradisional suku Sasak, Gendang Beleq

Disamping itu, BBLS juga mengundang 10 Negara untuk memeriahkan acara ini, diantaranya Korea Selatan, Jepang, Tiongkok, Italia, Amerika Serikat, India, dan beberapa negara di ASEAN. Mereka tidak hanya hadir sebagai tamu, melainkan ikut mempersembahkan budaya mereka masing-masing untuk tampil dalam event ini. Cukup menarik bukan?

Waw.. This is a big opportunity to know more about NTB, especially Lombok. Tidak hanya untuk sobat travellers, tapi untuk saya juga. Yuk, ramai-ramai jadi generasi yang ngga cuma sibuk dengan followers di akun sosial kita, tapi sibuk menjadi followers sejati budaya Indonesia.

Nah, benar kan kata gue? Emang rugi benar kalau sampai ngelewatin event besar yang satu ini.

And did you know? Agustus-September adalah waktu yang baik untuk naik Rinjani. Selain cuaca dan iklim yang mendukung, view di Gunung Rinjani lagi bagus-bagusnya (actuallya, panorama disana emang selalu cantik sih). Jadi, bisalah ya menyelam sambil minum air. Seusai ngehadiri event akbar ini, monggo langsung cabs ke Gunung Rinjani.

How about that, Sob? Good news, right? So, what are you waiting for? Buruan urus surat cutinya. It’s now or never, yay.
See you there!

(Visited 249 times, 1 visits today)



'Come and Join, Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015. Don’t Miss it!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool