jalan-jalan-ke-sumbawa

Dari Lombok Jalan-jalan ke Sumbawa, Ada Apa Aja Di sana?

Vote Us

Ezytravelers punya agenda liburan ke Lombok dalam waktu dekat? Jangan lupa tulis juga di agendamu untuk jalan-jalan ke Sumbawa. Sumbawa lho ya bukan Sumba. Sumbawa dan Sumba itu berbeda. Sumbawa merupakan pulau yang masih berada di provinsi yang sama dengan Lombok yaitu provinsi Nusa Tenggara Barat. Sementara Sumba itu ada di Provinsi NTT. Tidak kalah dengan Lombok, Sumbawa juga punya banyak pesona. Apa aja? Yuk simak cerita perjalanan saya di Sumbawa~

jalan-jalan-ke-sumbawaJalan lintas Pototano.

Perjalanan ke Pulau Sumbawa dapat ditempuh dengan berkendara dari Mataram, Lombok menuju ke Pelabuhan Kayangan, Lombok. Kemudian dari Pelabuhan Kayangan, perjalanan berlanjut dengan kapal feri menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa. Jarak antara Lombok dengan Sumbawa yang relatif dekat bikin orang Lombok (seperti saya)  jadi gampang untuk jalan-jalan ke Sumbawa. Setiap melakukan perjalanan ke Sumbawa satu hal yang selalu menarik perhatian saya adalah rumah tradisional khas suku samawa (sebutan untuk orang asli Sumbawa) yang dengan mudah bisa kita temui, mulai dari titik pertama kali kita menginjakkan kaki di gerbang Pulau Sumbawa yaitu Pelabuhan Poto Tano. Di sini banyak kita jumpai rumah-rumah tradisional yang terlihat begitu etnik, otentik dan eksotik!

jalan-jalan-ke-sumbawa

Rumah di Poto Tano.

Entah kenapa ketika melakukan perjalanan jauh ke luar daerah, rumah tradisional khas daerah selalu menarik perhatian saya. Keberadaan rumah tradisional ini membuat suatu daerah semakin terlihat kekhasannya yang membedakan daerah satu dengan lainnya, yang tentu saja bisa menambah kesan tersendiri bagi para pelancong yang berkunjung ke daerah tersebut. Kesan berbeda inilah yang saya rasakan tiap kali jalan-jalan ke Sumbawa. Rumah tradisional khas Sumbawa berupa rumah panggung yang terlihat begitu sederhana. Masyarakat Sumbawa masih banyak yang mempertahankan dan menempati rumah panggung tersebut. Rumah panggung punya orang Sumbawa ini bisa kita temui mulai dari pemukiman warga yang ada di pesisir pantai seperti daerah Poto Tano hingga ke atas gunung seperti daerah Mantar. Apalagi di perkampungan pada umumnya di Sumbawa, rumah-rumah panggung tradisional ini masih kokoh berdiri.

jalan-jalan-ke-sumbawa

Rumah di Mantar.

Menurut saya, ini salah satu nilai plus yang dimilik oleh Sumbawa, kekhasan bangunannya yang masih bertahan. Disamping wisata alamnya yang mempesona, bangunan rumah tradisional para masyarakatnya juga mampu menjadi pesona bagi setiap mata yang melihat, yaitu mata para pelancong yang sudah lelah melihat gedung bertingkat mencakar langit, ruko-ruko yang tidak ada habisnya serta bangunan modern lainnya.

jalan-jalan-ke-sumbawa

Rumah di Mantar.

Jalan-jalan ke Sumbawa terus mengingatkan saya pada momen ketika saya berkesempatan jalan-jalan ke Sumatra Barat. Di benak saya, Sumbawa dan Sumatra Barat punya vibe dan ciri yang sama. Dimana kedua daerah ini menarik perhatian saya karena masyarakatnya masih mempertahankan rumah tradisional mereka. Di Sumatra Barat juga masih bisa dengan mudah kita melihat rumah tradisional yaitu rumah gadang. Jadi kalau jalan-jalan ke Sumbawa dan ke Sumatra Barat, kita nggak perlu jauh-jauh ke desa adat untuk melihat rumah tradisional khas daerah tersebut, karena di perjalanan pun mata kita sudah dimanjakan dengan pemandangan etnik rumah-rumah warga yang masih mempertahankan bentuk rumah tradisional khas daerahnya.

jalan-jalan-ke-sumbawa

Rumah di Poto Tano.

Sementara jika dibandingkan dengan daerah Lombok, untuk melihat rumah-rumah tradisional khas Lombok kita harus menempuh perjalanan menuju daerah-daerah tertentu seperti ke desa-desa adat yang ada di Lombok diantaranya Desa Sade atau Karang Bayan. Nggak bisa dengan mudah kita lihat dimana-mana. Dari pengalaman jalan-jalan ke Sumbawa hingga dan Sumatra Barat ini membuat saya sadar akan satu hal. Bahwa nggak cuma tempat wisata (yang terkadang sudah dikemas dengan sedemikian rupa hingga nggak otentik lagi) yang bisa mempesona seorang wisatawan. Keotentikan masyarakat dan bangunan rumahnya juga bisa jadi pesona yang begitu berkesan.

jalan-jalan-ke-sumbawa

Pulau di sekitar pelabuhan Poto Tano.

Dah ah ngomongin bangunan tradisional, saya ngajakin kalian jalan-jalan ke Sumbawa nggak cuma untuk memperhatikan bangunan tradisional ini kok. Saya mau ngajakin kalian ke beberapa tempat wisata alam dan juga beberapa tempat untuk wisata kuliner. Tapi sebelum saya kasi tahu perjalanan saya kemana aja di Sumbawa, nih saya kasi tahu dulu beberapa places to go kalau kalian jalan-jalan ke Sumbawa. Here you go~

jalan-jalan-ke-sumbawa

Pulau di sekitar pelabuhan Poto Tano.

1. Pelabuhan Poto Tano. Pelabuhan ini katanya merupakan salah satu pelabuhan terindah di Indonesia. Emang nggak salah juga sih, karena pemandangan dari pelabuhan yang dikelilingi perbukitan dan gugusan pulau kecil ini emang indah. Jangan sampai melewatkan pelabuhan yang satu ini tanpa mengabadikan momen traveling-mu

2. Pulau Kenawa merupakan pulau kecil dengan pantai yang indah dan padang savana yang luas. Untuk menuju pulau ini kalian harus menyeberang dari Pelabuhan Poto Tano selama kurang lebih 1,5 jam menggunakan kapal nelayan.

jalan-jalan-ke-sumbawa

Savana di kenawa.

3. Pulau paserang adalah satu pulau kecil juga berada dekat dengan Pelabuhan Poto Tano yang bisa ditempuh dengan waktu 15 menit untuk menjangkaunya. Selain pulau ini masih banyak lagi gugusan pulau kecil lainnya yang ada di sekitaran Pelabuhan Poto Tano.

4. Mantar, sebuah desa yang diberi julukan negeri di atas awan berada di diketinggian 630 mdpl ini pernah menjadi lokasi film Serdadu Kumbang. Desa wisata ini  berada di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, tepatnya di Kecamatan Pototano.

jalan-jalan-ke-sumbawa

Pemandangan dari puncak bukit mantar.

5. Air terjun Agal katanya merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia berada di Desa Marente, Alas, Sumbawa Besar.

6. Air Terjun Jereweh berada di Taliwang ibukota Sumbawa Barat. Air Air terjun ini punya banyak nama sebutan seperti Air Terjun Semporon Tangkil, Air Terjun Kalela, Air Terjun Ai Koa dan Air Terjun Janup.

7. Pantai Kencana terletak di Jl. Raya Poto Tano Km. 11, Badas, Sumbawa Besar.

jalan-jalan ke sumbawa

Air terjun agal.

Tempat wisata di Sumbawa tentu saja masih lebih banyak lagi dari list yang di atas. Dari beberapa tempat yang saya sebutkan di atas, saya bakal bahas lebih lanjut cerita perjalanannya dan saya juga bakal ngajakin kalian nyobain kuliner ajib khas Sumbawa diantaranya singang, sepat dan beberapa jajanan khas Sumbawa lainnya. Tapi saya ceritanya nggak sekarang ya, nanti aja di tulisan selanjutnya. Tetep pantengin terus hellolombokku.com buat nyimak cerita jalan-jalan saya di Sumbawa ya!

(Visited 238 times, 1 visits today)

About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Dari Lombok Jalan-jalan ke Sumbawa, Ada Apa Aja Di sana?' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool