Desa Wisata Tetebatu

Burung Walet Waterfalls Desa Wisata Tetebatu

Vote Us

Tren desa wisata makin menyebar di empat kabupaten di pulau Lombok. Salah satu desa wisata di Lombok, tepatnya di Lombok Timur yaitu Desa Tetebatu. Tak hanya kental dengan spot wisata serba alami, desa ini juga kental dengan budaya kearifan lokal.

Semakin berkembang dengan jalur pendakian Rinjani yang melalui sisi tebing selatan, desa wisata Tetebatu juga memiliki spot-spot lain yang bisa dinikmati Ezytravelers. Yang kekinian dan pastinya instagramable banget, air terjun Burung Walet di sisi selatan desa. Berjarak hanya selemparan batu dari petak sawah milik keluarga, spot yang sedang femes ini saya kunjungi di sela kesibukan rutin harian. Pilihan eksplor spot di hari kerja memungkinkan kita juga bertemu para petani yang sedang sibuk di sawah mereka masing-masing.

Sejak masa kecil saya dulu, spot-spot di Tetebatu seperti Wisma Soedjono, air terjun Jeruk Manis serta persawahan yang kerap diramaikan oleh turis manca juga sesekali menjadi destinasi keluarga kecil saya. Khusus air terjun Burung Walet, saya update ulang demi destinasi pilihan Ezytravelers.

Sebelum tuliskan sisi-sisi indah baru dari spot air terjun Burung Walet dan beberapa spot terdekat lainnya dari tempat ini, mengingatkan ulang, desa wisata di Lombok, yaitu Tetebatu terletak di kawasan kaki gunung Rinjani. Berkendara sekitar 1.5 jam selepas keluar dari kompleks Bandara Internasional Lombok di Praya Lombok Tengah atau sekitar dua jam jika diakses dari kawasan wisata pantai Senggigi Lombok Barat. Tentu saja akan jauh lebih nyaman jika Ezytravelers mencoba sensasi baru menginap di beberapa bungalow, cottage atau hotel sederhana yang saat ini sudah tersedia cukup banyak di desa ini. Bagaimana dengan mencoba rendezvous kisah-kisah jaman Belanda atau Jepang yang terurai saat habiskan malam di Wisma Soedjono?

Nah, lantas, pesona seindah apa yang bisa kita temukan di spot air terjun Burung Walet?

Desa Wisata di Lombok

Air Terjun Burung Walet desa wisata Tetebatu

Di sekian kali trip saya antar tamu wisata keluarga, sebagian besar mereka memiliki ekspektasi kaum urban (kota besar) kebanyakan, temukan kealamian suasana pedesaan di salah satu perjalanan wisata mereka. Iyap, here we are. Ruas jalan tanah dengan serakan dedaunan hutan serta bambu yang coklat kontras di latar semak serta pepohonan yang serba hijau. Semilir angin segar hantarkan wewangian ilalang di kejauhan. Perjalanan yang terasa tak melelahkan.

Semakin mendekati spot air terjun, sedikit bergelap-gelap ria di lorong menuju spot tak menyurutkan langkah rombongan saya. Sayang sekali, sensasi kelebatan wallet yang dulunya mengiringi perjalanan kini hilang. Entah kawanan burung ini mungkin menyingkir karena ‘mengalah’ oleh keramaian para pengunjung air terjun.

Desa Wisata di Lombok

Yay, air terjun desa wisata Tetebatu sampai juga

Desa Wisata di Lombok

Ada yang berani telusur sungai ke spot air terjun Burung Waletnya..

Desa Wisata di Lombok

Burung Walet waterfalls rock path

Akhirnya, di kejauhan mulai terlihat air terjunnya. Tak sedikit pengunjung yang rela berbasah-basah karena tergoda dingin dan sejuknya air terjun ini. Saya sih lebih memilih mencari angle foto-foto cantik, demi apdet spot destinasi menarik baru di akun instagram saya. Hahhay..

Tak bisa berlama-lama di spot ini, saya segera berbalik arah. Tawaran teman untuk kunjungi satu spot baru lainnya sungguh menggoda hati.

Spot yang paling tepat jika dihabiskan bersama keluarga tercinta. Beberapa berugak untuk leyeh-leyeh. Rimbunan pohon di hutan-hutan di sekeliling spot menyejukkan batas pandang. Udara sejuk sepanjang waktu membuat waktu yang terluangkan enggan berakhir. Namun karena tak bersama anak-anak, saya abaikan momen menunggu senja di spot ini. Kesukaan saya saat kunjungi destinasi wisata mana pun.

Meski hanya kunjungi dua spot Desa Wisata di Lombok dari sekian destinasi wisata alami nan cantik di desa wisata Tetebatu, saya yakin telah bisa berikan rujukan apdet spot wisata destinasi baru untuk liburan Ezytravelers berikutnya di Lombok. Apalagi jika trip wisata Ezytravelers habiskan waktu sepekan. Spot-spot alami nan cantik ini highly recommend untuk dikunjungi.

Desa Wisata di Lombok

Spot ngadem desa wisata Tetebatu

Desa Wisata di Lombok

Must re-visit spot at desa wisata Tetebatu

Spot air terjun Burung Walet berikan kesan mendalam bahwa destinasi wisata alami masih menjadi spot-spot favorit Ezytravelers. Manalagi untuk para penikmat nuansa pedesaan nan asri. Ezytravelers sudah kantongi tiket pesawat, koper atau ransel yang lengkap dengan perlengkapan berlibur nan seru plus mengesankan? Cuss masukkan spot air terjun Burung Walet di Tetebatu selatan menjadi destinasi favorit desa wisata di Lombok.

“Intip paket, tiket dan hotel murah untuk perayaan akhir tahun kamu di sini yuk!” Paket Tour Murah, Indonesia Holidays Package, dan Tiket Murah
(Visited 320 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Burung Walet Waterfalls Desa Wisata Tetebatu' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool