Pantai Seger

Dong Ayok Ke Lombok! Lombok Itu Indah…

Dong Ayok Ke Lombok! Lombok Itu Indah…
5 (100%) 1 vote

“Dong ayok ke Lombok!”

Kalimat yang terkesan mengajak semua orang untuk mengunjungi Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini akhir-akhir ini sering menjadi jargon atau tagline masyarakat Lombok. Terus apa uniknya?

Coba perhatikan susunan kata-kata dalam kalimat tersebut. Lazimnya kata ‘dong’ diletakkan setelah kata ‘ayo’ bahkan untuk lebih menegaskan lagi dan menjadi ciri khas prokem bahasa khas Lombok ditambahkan huruf ‘k’. Jadi kalimat ajakan ‘dong ayok ke Lombok‘ sama artinya ‘ayo dong kunjungi Lombok’ 🙂

Apa saja keunikan Lombok sampai bisa membuat semua orang jadi penasaran mengunjunginya? Buktinya mana? Biar gambar yang berbicara…

1. Wisata Alam Terlengkap

Iya. Lombok menawarkan pesona keindahan wisata alam seperti pantai, pulau kecil (gili), gunung, air terjun, sungai, bukit, bahkan sawah nan hijau menguning. Bisa dibanggakan bahwa Lombok memiliki kelebihan pada keindahan alamnya yang lengkap dan masih alami. Keindahan alam tersebar di seluruh penjuru Pulau Lombok sehingga banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan wisatawan yang akan berkunjung.

Sebagai contoh Gunung Rinjani yang sudah diakui sebagai Geopark Nasional dan sedang diajukan menjadi Geopark Dunia merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3726 mdpl yang lokasinya berada di beberapa kabupaten di pulau ini. Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Utara memiliki kelebihan dengan keberadaan gili-gili indah yang jumlahnya mencapai ratusan. Semua kota/kabupaten di Pulau Lombok memiliki garis pantai yang sambung menyambung mengelilingi daratan pulau seribu masjid ini.

Mandalika Resort

Mandalika Resort – Lombok Tengah

Panorama Senggigi Hill

Panorama Senggigi dari atas bukit – Lombok Barat

Gili Genting

Gili Genting dan Gili Poh – Lombok Barat

2. Wisata Budaya

“You can see Bali in Lombok but not Lombok in Bali”

Jargon tersebut ingin menunjukkan bahwa banyak hal yang ada di Bali bisa dilihat di Lombok khususnya sosial budaya masyarakatnya. Adanya akulturasi Budaya Islam Sasak – Hindu Bali bisa ditemukan di Pura Lingsar Kabupaten Lombok Barat di mana dalam satu area terdapat tempat pemujaan umat Islam (Wetu Telu) dan umat Hindu yang letaknya berdampingan. Event tahunan Perang Topat juga menjadi bukti keharmonisan dua agama ini.

Gunung Agung Bali

Tampak Gunung Agung Bali dari Pantai Meninting – Lombok Barat

Banyaknya peninggalan berupa bangunan bersejarah dari masa Kerajaan Cakranegara yang dipimpin Raja AA. Gde Ngurah seperti Pura Mayura di Cakranegara, Pura Lingsar di Lombok Barat, Taman Narmada di Lombok Barat bisa menjadi pilihan utama wisata historis dan religi. Event Pawai Ogoh-ogoh yang diadakan setahun sekali juga menyedot animo wisatawan berkunjung melihat akulturasi budaya ini.

Ulasan tentang Taman Narmada bisa dibaca di Narmada 1 dan Narmada 2.

3. Akun Twitter @infolombok

Suatu akun sosial media (Twitter) yang dibuat sejak 8 September 2009 dan sudah memiliki 35.000 followers. Akun ini menjadi akun unik yang identik dengan promosi pariwisata daerah khususnya Pulau Lombok. Banyak followers yang terbantu dengan keberadaan akun ini. Pertanyaan-pertanyaan seputar objek wisata, kuliner, hotel, akses jalan ke spot wisata dan lain-lain menjadi diskusi rutin yang memenuhi timeline setiap harinya. Saat ini sudah banyak akun sejenis yang membantu memberikan informasi atau sekedar berbagi foto-foto keindahan pulau tercinta ini. Masing-masing akun memiliki gaya tersendiri. Iya beda gaya satu tujuan. Promosi keindahan Lombok.

Uniknya apa nih? Dong ayok ke Lombok ntar ketemuan ma blimin hehehe…

Info Lombok

Logo @infolombok

4. Wisata Kuliner dan Oleh-oleh

Setiap daerah memiliki ragam kuliner khas dan memiliki penggemarnya masing-masing. Pun kuliner khas Lombok yang menawarkan sensasi pedas yang berbeda. Ayam Taliwang, Sate Bulayak, Sayur Lebui, Nasi Bebalung, Pelecing Kangkung, Sate Ikan Tanjung, Nasi Puyung, Soto Sasak dan lain-lain mulai dikenal dan menjadi menu wajib bagi wisatawan yang berkunjung. Enak? Ehm… Silahkan datang dan cicip! 😉

Pilihan oleh-oleh khas dari Lombok selain makanan bisa berupa kaos disain khas Lombok, cemilan manisan dan dodol rumput laut, kacang mete, telur asin, tahu, terasi, kerajinan gerabah dan cukli.

Sate Bulayak

Sate Bulayak dan Pelecing Kangkung

5. Spot Selfie Favorit

“Siapapun modelnya yang penting latarnya!”

Koq gitu? Iya. Kalau mau berfoto ria dengan objek wisata Lombok sebagai latarnya, saya yakin siapapun yang melihat foto itu pasti setuju dan akan fokus pada keindahan latar fotonya. Begitu banyak spot-spot indah dan cantik yang bisa dijadikan background foto narsis atau foto selfiemu. Nih salah satu gaya narsis di spot objek wisata Lombok! Ayo lebih fokus lihat modelnya atau latarnya yang indah? 🙂

Pantai Seger

Narsis di Pantai Seger – Lombok Tengah

Nah itu dia beberapa hal unik yang menyebabkan Kanak Sasak dengan bangganya bisa ngomong:

Dong ayok ke Lombok! Lombok itu indah…

(Visited 1,842 times, 5 visits today)


About

Admin @infolombok l Suka menggalau di akun @bli_arie yang hobi ke sana ke mari ke mana-mana dan sangat mencintai makanan (tanpa sayur)!


'Dong Ayok Ke Lombok! Lombok Itu Indah…' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool