stokel

Duo Benang ( Stokel dan Kelambu ) Wisata Air Terjun di Satu Kompleks

Duo Benang ( Stokel dan Kelambu ) Wisata Air Terjun di Satu Kompleks
5 (100%) 1 vote

Pulau Lombok terkenal dengan kekayaan objek wisata alamnya yang menawarkan banyak pilihan untuk dikunjungi. Mulai dari pantai yang indah, gunung, pengunungan, hutan wisata, juga air terjun.

Khusus untuk wisata air terjun, salah satu yang cukup terkenal adalah air terjun Benang Stokel dan air terjun Benang Kelambu yang berada pada satu kompleks wisata alam di Desa Teratak, Kecamatan Batukeliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah (Sekitar 40 menit perjalanan dari Kota Mataram). Kompleks wisata alam air terjun ini termasuk ke dalam warisan alam kawasan geopark Rinjani – Lombok.

stokel helo

Untuk masuk ke dalam kawasan wisata ini kita perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 3000 dan jasa parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor sedangkan Rp. 15.000 untuk mobil.

Dari tempat parkir ada dua rute yang dapat kita tempuh. Untuk ke air terjun benang stokel kita dapat melalui rute yang pertama. Dari sini kita bisa berjalan kaki dari tempat parkir. Jaraknya sekitar setengah kilo dengan perkiraan waktu tempuh 20 menit. Rute ini ada di sebelah kanan pintu masuk. Untuk sampai ke air terjun Benang Stokel melalui rute ini kita akan melewati hutan yang dihuni oleh monyet. Jadi, anda bisa membawa makanan dan memberi makan monyet-monyet itu jika mau.

Dalam bahasa masyarakat setempat, benang stokel berarti seikat benang. Di air terjun ini terdapat 2 cucuran air yang mengalir pada dinding curam dengan ketinggian sekitar 30 meter. Kita dapat melihat lapisan lava dan breksi yang terlihat bersalingan di dindingnya –alami dan indah, tentu saja. Di lokasi ini ada beberapa bale-bale yang bisa dijadikan tempat beristirahat pengunjung. Air terjunnya sendiri memiliki bendungan sehingga tercipta semacam kolam buatan yang memungkinkan pengunjung bisa berenang.

Dari tempat ini ada jalan pintas untuk menuju air terjun ke dua, jaraknya sekitar setengah kilo dengan perkiraan waktu tempuh 30 menit (karena jalanan menanjak dan terjal). Jalan pintas ini menembus hutan yang ada di atas air terjun Benang Stokel. Atau, kita dapat menuju air terjun ke-dua melalui rute ke dua. Rute ke-dua ini searah dengan jalan masuk dari tempat parkir. Dapat ditempuh dengan kendaraan (karena jaraknya lumayan jauh dan menanjak) atau bisa juga dengan berjalan kaki untuk lebih menikmati alam. Jaraknya Sekitar satu kilo dari pintu masuk dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Di air terjun ke-dua ini air keluar dari celah-celah batu pada dinding terjal kemudian membentuk 4 tingkatan air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter. Di tempat ini juga ada dua kolam buatan dan tangga refleksi yang dialiri air. Air yang keluar menyerupai tirai adalah alasan air terjun ini bernama Benang Kelambu, di mana dalam bahasa masyarakat setempat “kelambu” berarti “tirai”. Suasana hutan yang hijau dan air terjun yang terbentang seperti tirai membuat kita betah berdiam dan melihatnya lama-lama. Indah, tentu saja.

(Visited 418 times, 1 visits today)


About

Anda lebih tahu siapa saya


'Duo Benang ( Stokel dan Kelambu ) Wisata Air Terjun di Satu Kompleks' have 1 comment

  1. May 20, 2015 @ 2:58 pm depz

    mandi di sini paling segerrrrr
    😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool