Bendungan Batujai Lombok

Dwi Fungsi Bendungan Batujai Lombok Tengah: Untuk Irigasi dan Rekreasi

Dwi Fungsi Bendungan Batujai Lombok Tengah: Untuk Irigasi dan Rekreasi
5 (100%) 1 vote

Punya list tempat rekresai yang akan dikunjungi? Tentunya punya dong. Kalau boleh ditebak, di list Anda tentunya obyek –obyek seperti pantai, air terjun, gili, perbukitan, pegunungan dan obyek lainnya sudah menjadi tujuan yang menarik untuk liburan. Membuat list tempat yang bakal dikunjungi adalah hal yang menyenangkan, sebelum sampai di obyek tersebut kita sudah terbayang lebih dulu akan keindahannya. Asik bisa menikmati obyek – obyek cantik ketika yang namanya liburan, apalagi liburan di Lombok, sudah pasti tempat – tempat wisatanya mengesankan.

Apakah Anda punya recomended obyek wisata yang lain selain pantai, air terjun, perbukitan, dan keindahan alam penggunungan yang bisa dinikmati suasana dan keindahannya?. Masih banyak tempat lain yang bisa dijadikan sebagai obyek yang menarik untuk dikunjungi, seperti tempat yang satu ini yaitu sebuah bendungan. Bendungan yang terletak di daerah Lombok tengah, Bendungan ini bernama Bendungan Batujai. Yang kita ketahui bendungan adalah sara pertanian yang bisa dimanfaatkan untuk irigasi. Eiiit tunggu dulu, apakah bendungan hanya untuk keperluan irigasi saja? Secara umum ya, tetapi bendungan ini tidak hanya untuk keperluan pertanian tetapi juga sebagi obyek wisata.

•Bendungan Batujai sebagai sarana irigasi
Bendungan Batujai Lombok
Pernahkah Anda melintasi daerah Lombok Tengah bagian selatan? Bila beberapa diantara Anda ada yang pernah , tentunya tahu bagaimana kondisi alam di daerah ini. Kata panas dan kering adalah pilihan kata yang tepat untuk mendiskripsikan suasana sekitar. Suasana yang panas dan kering disebabkan karena minimnya curah hujan di bagian wilayah ini, akibatnya hamparan lahan pertanian masyarakat setempat yang diperkirakan luasnya sekitar 3.500 hektar terancam kekeringan.

Melihat kondisi alam yang demikian, pemerintah Lombok Tengah mengambil tindakan sebagai solusi dari permasalahan dengan membangun sebuah bendungan dengan luas sekitar 1.000 hektar, wow luas banget.
Bendungan Batujai Lombok
Luas bendungan ini disesuaikan dengan kapasitas air yang bisa ditampung yang diperuntukan untuk area pertanian masyarakat desa. Sesuai dengan informasi yang didapat, bendungan ini diresmikan pada tahun 1982 dengan nama Bendungan Batujai. Sesuai dengan namanya bendungan ini berlokasi di wilayah Desa Batujai kecamatan Praya kabupaten Lombok Tengah. Adapun masyarakat desa yang memanfaatkan bendungan untuk keperluan irigasi adalah mereka yang berasal dari desa Penujak, Setanggor, Darek, Ungga Ranggagata, dan sekitarnya. Setelah adanya bendungan ini pemerintah mengharapkan kondisi pertanian yang diperkirakan mengalami bencana rawan pangan bisa teratasi.

Bendungan Batujai sebagai tempat rekreasi
Bendungan Batujai Lombok
Selain bermanfaat untuk pertanian, Bendungan Batujai juga dijadikan sebagai obyek wisata yang bisa dinikmati oleh masyarakt dari berbagai desa. Pemberdayaan sarana pertanian sekaligus sebagai obyek wisata bisa memberikan nilai tambah untuk pengembangan wilayah Lombok Tengah. Hal ini di dukung oleh keindahan alam sekitarnya yang tidak kalah jauh indahnya dengan keindahan alama obyek wisata lain, sehingga hal ini bisa menjadi salah satu faktor penarik wisatawan untuk berkunjung ke bendungan.

Sarana pendukung yang lain selain faktor keindahan alam, oleh pemerintah setempat para pengunjung disediakan kolam pemancingan yang tentunya pemancing maniak bakal lebih menikmati suasana di bendungan ini.
Bendungan Batujai Lombok
Nah utuk para penikmat variasi obyek wisata , yuk sekali-skali berkunjung ke Bendungan Batujai di Praya Lombok Tengah.

(Visited 932 times, 1 visits today)


About


'Dwi Fungsi Bendungan Batujai Lombok Tengah: Untuk Irigasi dan Rekreasi' have 3 comments

  1. May 29, 2015 @ 7:50 am depz

    ini dia bendungan yg fotogenic menurut saya 😀
    dulu pernah sampe jauh2 dr mataram ke tpt ini cm buat hunting poto :))

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool