EMAS HITAM SEMBALUN LOMBOK

EMAS HITAM SEMBALUN LOMBOK
5 (100%) 1 vote

Kecamatan Sembalun Lombok Timur saat ini menjadi nominator penghargaan Wisata Halal yang diajukan Dinas Pariwisata dan Budaya Nusa Tenggara Barat (Disbudpar NTB). Di’jago’kan sebagai destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, desa di kaki Gunung Rinjani ini memiliki destinasi-destinasi wisata yang makin lengkap. Salah satunya, ikon sekaligus produsen obat herbal, Black Garlic. Bawang Putih Hitam yang sudah dipasarkan rutin sampai ke Thailand, Korea, Jepang dan negara-negara tetangga ASEAN lainnya.

Terdiri dari enam desa terpisah, Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun Bumbung, Sajang, Bilok Petung dan Timba Gading. Hampir setiap desa memiliki kawasan petak sawah yang ditanami Bawang Putih, bersama-sama dengan strawberry dan berbagai jenis sayuran lainnya.

Ruas Jalan Utama di Sembalun.

Ruas Jalan Utama di Sembalun.

Nha, kalau trip-trip sebelumnya saya fokus eksplore spot-spot wisata alam Sembalun, kali ini saya berburu pengetahuan tentang si Emas Hitam baru Sembalun. Black Garlic bisa didapatkan di sentra toko oleh-oleh di dusun Bebante desa Sembalun Lawang. Atau mumpung sedang ada Festival Muharam di Lapangan Nasional kota Selong Lombok Timur, akses CP penjual black garlic bisa didapatkan di stand gabungan kecamatan se-Lombok Timur di sisi selatan.

Seperti di trip setengah hari saya beberapa bulan lalu, petak-petak sawah Bawang Putih bahkan ada yang lokasinya persis di ruas jalan utama yang membelah Sembalun. Trip eko wisata bukan tak mungkin akan menjadi tren. Bersama-sama para petani memanen bawang putih, memilah hasil panen terbaik yang akan dijadikan black garlic dan menyiapkan satu proses fermentasi di oven-oven milik warga Sembalun. Telah eksis sebagai daerah sentra penghasil bawang putih terbesar sejak lama (tahun 1990an), petak-petak sawah yang ditanami bawang putih menjadi objek tersendiri. Baik bagi para wisatawan penikmat spot paralayang di bebukitan yang kelilingi desa Sembalun, pun juga para one nite camper di bukit-bukit terkenal seperti Pergasingan, Dan Daun dan Nanggi.

Petak sawah Bawang Putih berlatar bebukitan Sembalun.

Petak sawah Bawang Putih berlatar bebukitan Sembalun.

Cuaca dingin hampir selalu konstan sepanjang waktu di Sembalun. Bayangan bersiram matahari pagi nan hangat, setelah semalaman bergelung di balik selimut yang tebal serta berjingkat saat tapakkan kaki di lantai keramik yang dingin saat ambil wudhu untuk sholat Subuh, sirna. Di luar, seterik apa pun, angin dingin masih terasa selimuti tubuh saya. Sedikit kehangatan karena memaksa ikut berjalan kaki menuju satu petak sawah bawang putih, segera mendingin kembali. Perjalanan kaki hampir 1km tak terasa. Niat hati ingin lakukan langsung mencabut panenan bawang putih, saya justru lebih sering berburu view perbukitan yang kelilingi sawah. Terutama ketika awan putih sisakan sedikit ruang terlihatnya angkasa yang biru.

Sayang, saya masih harus jadikan peer untuk trip berkunjung berikutnya. Saksikan langsung proses pemilahan bawang putih, siapkan oven dan menata bawang putih. Di fermentasi sekian waktu dan kemudian dikemas sebagai black garlic. Yang menarik, black garlic sama sekali tidak terasa seperti obat herbal kebanyakan. Saya beruntung diberikan kesempatan mencobai gratis lho! Tekstur kenyal dan hampir tanpa rasa. Kekhawatiran mulut saya berubah berbau naga pun lenyap. Sama sekali tak meninggalkan aroma bawang putih! Khusus bagi yang masih agak parno mengunyah langsung si bawang hitam ini, disiapkan juga kemasan botol yang dicampur dengan madu asli sembalun.

4 kemasan berbeda Black Garlic Sembalun Lombok Timur.

4 kemasan berbeda Black Garlic Sembalun Lombok Timur.

Ny. Hj. Supinah Ali BD (kerudung biru) - Ibu Bupati Lotim, di stand kecamatan Sembalun.

Ny. Hj. Supinah Ali BD (kerudung biru) – Ibu Bupati Lotim, di stand kecamatan Sembalun.

Ny Makmun (sekcam Sembalun) dua ibu-ibu PKK dan saya (kerudung abu-abu).

Ny Makmun (sekcam Sembalun) dua ibu-ibu PKK dan saya (kerudung abu-abu).

Catatan utama bagi para sobat traveller Ezy, black garlic tidak bisa dinikmati oleh: Pertama, alergi bawang putih. Kedua, akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat. Ketiga, buat penderita migrain.
4 varian rasa black garlic disesuaikan dengan kebutuhan para penyuka obat herbal ini. Memiliki tiga rasa utama, yaitu Manis, Asam dan Pahit. Pembeda lainnya, perbedaan lama waktu fermentasi dan menghasilkan warna yang berbeda di masing-masingnya.

Varian Black Garlic berdasarkan lama waktu fermentasi.

Varian Black Garlic berdasarkan lama waktu fermentasi.

Untuk black garlic yang tidak melewati standar kemasan yang dijual ke luar daerah, akan dijadikan bumbu masak. Fillet ayam lada hitam terasa semakin lezat dengan tambahan lumatan kasar black garlic. Berhasil merayu ibu saya dirumah, resep favorit keluarga gulai ayam kampung yang ditambahi lumatan dua siung bawang hitam berikan rasa baru yang sama lezatnya. Hmmm, bebalung Lombok dan varian sambal ketiga dengan rasa pasta bawang hitam buat pelecing ayam sepertinya juga akan lezaaat yaaa.

Khasiat yang diyakini, efek baik konsumsi rutin Black Garlic.

Khasiat yang diyakini, efek baik konsumsi rutin Black Garlic.

Siap kunjungi Sembalun? Tanyakan kuliner Anda sudah ditambahi pelengkap Black Garlic atau tidak yaaa..^_^

(Visited 422 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'EMAS HITAM SEMBALUN LOMBOK' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool