Enaknya Menyantap Ikan Bakar Setelah Capek Mengelilingi Gili Gede, Lombok Barat

4.5 (90%) 2 votes

Gili Gede, sesuai namanya, merupakan gili terbesar di Pulau Lombok yang terletak di kawasan wisata Sekotong. Gili ini hanya dihuni oleh beberapa ratus penduduk yang berasal dari berbagai suku dan daerah. Nah, sebagian besar penduduk yang mendiami gili ini berprofesi sebagai nelayan. Laut dan ikan merupakan sumber utama mata pencaharian mereka. So, para warga lokal di sana sangat menjaga kelestarian laut mereka.

Well guys, weekend ini saya dan salah seorang teman saya (cewek) berkesempatan untuk mengunjungi Gili Gede dalam rangka rekreasi santai setelah lima hari sebelumnya penat bekerja.

Pukul 7.30 pagi, saya sudah stand by di depan rumah teman saya dan saya harus menunggu dia selesai mengemas semua barang bawaannya. Setelah semua siap, saya pamitan kepada kedua orang tuanya dan kami pun memulai perjalanan panjang kami menuju Gili Gede. Untuk mencapai Gili Gede Lombok Barat, kami harus melewati jalanan panjang dan berliku sampai daerah Tembowong (tempat penyebrangan menuju Gili Gede). Adapun rutenya yaitu: Mataram – Gerung – Lembar – Sekotong Timur – Sekotong Tengah – Sekotong Barat – Pelangan – Tembowong – Gili Gede.

Tiba di Tembowong (tempat penyebrangan) sekitar pukul 9.30, kami kemudian memarkirkan kendaraan kami dan langsung menuju bibir pantai untuk mencari public boat yang akan ke Gili Gede. Tiba di pantai kami langsung menemukan public boat yang siap berangkat ke Gili Gede, tanpa pikir panjang kami pun langsung naik ke atas boat itu dengan terlebih dahulu membayar tiket sebesar 20.000 rupiah/orang bolak-balik. Cukup murah menurut kami.

Jarak dari tempat penyebrangan ke Gili Gede Lombok Barat ini tidaklah jauh, sangat dekat, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk berlayar. Tak lebih 10 menit kami sudah tiba di Gili Gede, kami langsung memutuskan untuk memanjat salah satu bukit untuk mendapatkan best view-nya. Dalam perjalanan menuju bukit, kami melewati perkampungan warga yang menjual berbagai jenis ikan yang masih dalam kondisi segar. Wahh, ingin sekali rasanya kami menyantap ikan-ikan itu.

Well, setelah berjalan beberapa menit melewati medan yang cukup mudah, kami pun tiba di puncak bukit. View dari puncak bukit ini benar-benar luar biasa indahnya. Hamparan laut biru yang luas, gili-gili dan perbukitan. Pokoknya maknyuss deh!

Gili Gede Lombok barat

Sampai di puncak bukit kami beristirahat sejenak sebelum mulai mengeksplor setiap jengkal gili ini. Namun, tiba-tiba teman saya nyeletuk, “gue ngantuk nih, pengen tidur”

“Jiahhhh, jauh-jauh kesini tidur. Mau tidur dimana?” Jawab saya.

“Gue ngantuk banget nih. Tadi malam begadang. Gue tidur sini aja, lu sana dah pergi foto-foto” jawab teman saya.

Demit! Oke fine!” Jawab saya.

Akhirnya saya dengan ditemani tripod dan kamera pergi berkeliling disekitar puncak bukit untuk mencari spot yang bagus untuk fotoan. Disekitar puncak bukit ini banyak terdapat spot yang cukup bagus dengan view laut. Tanpa pikir panjang, saya langsung menghidupkan kamera dan memencet shutter dengan membabi buta. Setelah puas jeprat-jepret, saya memutuskan untuk kembali ke tempat saya meninggalkan teman saya. Oh, my! Dia masih tertidur pulas di bawah pohon yang rimbun.

Saya pun membangunkannya karena kami harus mulai berjalan mengelilingi gili ini. Dia pun bangun dengan enggan dan sedikit ngomel dengan wajah yang tidak karuan rupa dan bentuknya.

Well, kami pun mulai berjalan mengelilingi gili yang sangat-sangat luas ini. Kondisi yang terik tidak menghalangi langkah kami untuk terus berkeliling di gili ini. Nah, di bagian belakang gili, kami menemukan sebuah spot pantai yang cukup bagus untuk fotoan. Kami pun berhenti sejenak untuk berfoto ria. Tapi, untuk kedua kalinya, teman saya kembali tertidur dengan pulas di bawah sebuah pohon yang cukup rimbun. Tidak mau ambil pusing, saya kemudian mengambil tripod dan kamera dan langsung berfoto ria sendiri.

Gili Gede Lombok barat

Puas berfoto-ria (sendiri), saya kemudian membangunkan teman saya dan kami pun melanjutkan perjalanan kami mengelilingi Gili Gede. Saking luasnya ni gili, kaki kami mulai terasa pegal dan kami memutuskan untuk beristirahat sebentar sambil menikmati cemilan yang kami bawa. Tidak jauh dari tempat kami istirahat, ada sebuah gubuk dimana di sana ada beberapa warga yang bergerombol. Karena penasaran, kami pun mendekat. Dan ternyata oh ternyata, para warga yang bergerombol itu sedang pesta ikan hasil tangkapan mereka. Ikannya sangat banyak dan terlihat begitu lezat. Perut kami mulai keroncongan melihat pemandangan yang begitu lezat ini. *nelenludah*

Tiba-tiba seorang mbak-mbak yang melihat kami mendekat berkata, “wah, mas sama mbak nya mesra banget. Sini mas dan mbak mampir”. (Mesra apanya?! Orang lagi kelelahan gini) ucap saya dalam hati sambil senyum kepada si mba.

Akhirnya kami mendekat ke tempat mereka.

“Mas sama mba lagi BULAN MADU ya disini?” Tanya si mba tiba-tiba. Dalam hati (Aamiin, semoga). Kami hanya senyum mendengar pertanyaan si mba itu dan kemudian berkata, “enggak kok mba, cuma jalan-jalan biasa”. Si mbak kemudian membalas, “sini ayo mas, mbak, kita bakar ikan sama-sama. Ikannya banyak nih”

Melihat ikan yang banyak nan lezat, kami pun mulai tergiur dengan ajakan si mba. Saya kemudian saling pandang dengan istri saya, eh, teman saya maksudnya dan kami mengiyakan. Pesta di mulai!

Gili Gede Lombok barat

Kami memilih ikan sesuai keinginan kami dan langsung memanggangnya. Setelah matang, kami mengangkat ikannya dan sepiring sambal pedas menanti. Tanpa pikir panjang, kami langsung menyantap ikan bakar kami dengan lahap tanpa ampun. So tasty! Pokoknya maknyusss!

Tak cukup satu ikan, kami mengambil ikan lainnya dan langsung memanggangnya. Setelah matang, kami langsung menyantapnya tanpa ampun. Oh my, what a perfect day! Saya dan istri, eh salah lagi, teman saya sangat beruntung bisa bertemu para warga yang sangat ramah dan baik hati ini.

Tak terasa sudah banyak sekali ikan yang kami lahap dan perut kami sangat kekenyangan. So full!

Selesai urusan santap-menyantap, kami kemudian duduk santai bersama para warga dan saling bertukar cerita dan pengalaman. Sungguh asik! Suasana kekeluargaan yang sangat harmonis.

Waktu sudah semakin sore dan kami harus segera kembali ke Mataram. Setelah mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para warga atas jamuan ikannya, kami kemudian beranjak pulang dengan menumpang boat yang sama yang kami gunakan ketika datang.

Sekian dulu kisah jalan-jalan saya hari ini. Sampai jumpa pada kisah jalan-jalan saya selanjutnya.

(Visited 338 times, 1 visits today)

About

Son of the Beach

'Enaknya Menyantap Ikan Bakar Setelah Capek Mengelilingi Gili Gede, Lombok Barat' have 2 comments

1. August 1, 2016 @ 9:34 pm Dzikri

Kayaknya wajib disinggahin nih. Ada spot yang bagus untuk berkemah di Gili Gede?

• August 1, 2016 @ 9:58 pm depz

banyak kak 🙂

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool