Festival Mentaram: Atraksi Khasanah Budaya Lombok

Festival Mentaram: Atraksi Khasanah Budaya Lombok
5 (100%) 1 vote

Kegiatan bertema kebudayaan selalu menarik untuk disaksikan. Budaya merupakan salah satu elemen penting dari sektor pariwisata. Atraksi budaya sangat menjual dan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah. Berbagai daerah di Indonesia memiliki event kebudayaan yang digelar tiap tahun, misalnya Bali dengan PKB (Pekan Kesenian Bali atau Jember Fashion Week yang sangat iconic.

Di Provinsi Nusa Tenggara Barat sendiri banyak event budaya yang diselenggarakan setiap tahunnya, dan yang telah masuk agenda wisata tahunan adalah Bulan Citra Budaya yang biasanya digelar sebagai rangkaian acara HUT NTB pada bulan Desember. Kota Mataram, sebagai ibukota provinsi juga sepertinya ingin memiliki event tahunan untuk menarik wisatawan berkunjung. Untuk itu mulai 2015 ini, Pemerintah Kota Mataram menyelenggarakan Festival Mentaram yang digelar hari Sabtu, 8 Agustus sore. Festival ini dibuka dengan parade budaya.

Gendang Beleq

Gendang Beleq

Tarian pembuka

Tarian pembuka

Gong Festival Mentaram ini dibuka dengan tarian massal. Sebanyak 1.500 orang penari yang melibatkan pelajar dan sanggar tari di Kota Mataram. Mereka menampilkan gerakan tari Rudat dengan iringan sholawat. Setelah itu ditampilkan pula tari kolaborasi bertema Reramputan Paer Bawaq Kote Mentaram. Tarian ini adalah garapan dari penari sepuh asal Kota Mataram, H. Abdul Hamid yang mengolaborasi berbagai jenis tarian.

Salah satu bagian cerita tari Reramputan Paer Bawaq Kote Mentaram

Salah satu bagian cerita tari Reramputan Paer Bawaq Kote Mentaram

Reramputan Paer Bawaq Kote Mentaram mengisahkan Dende Seleh, seorang puteri kerajaan yang hilang terbawa angin. Raja pun murka, marah, dan terus menerus bermuram durja. Namun pada akhirnya Dende Seleh kembali ke kerajaan dan membawa pangeran yang tampan. Raja pun berbahagia. Epic!

Dende Seleh sebelum hilang terbawa angin.

Dende Seleh sebelum hilang terbawa angin.

Enam kecamatan di Kota Mataram mengikuti parade kebudayaan dengan menampilkan atraksi yang berbeda-beda. Kecamatan Ampenan menampilkan praja besunat atau anak-anak yang akan dikhitan diusung dengan tandu bak raja dan dibawa berkeliling. Kecamatan Sekarbela menampilkan tradisi ngurisan atau prosesi pemotongan rambut bayi yang baru lahir dengan diiringi bacaan sholawat. Kecamatan Mataram menampilkan tradisi nyongkolan, lengkap dengan pasangan pengantin laki-laki dan perempuan yang diiringi dengan gendang beleq, musik tradisional Lombok.

Kecamatan Selaparang menampilkan tradisi betetulak. Bebetulak adalah tradisi dalam rangka menyambut tahun baru Islam yang jatuh setiap tanggal 1 bulan Muharram tahun Hijriah. Tradisi tersebut telah berlangsung sejak abad ke–XVI sampai sekarang. Betetulak juga dipercaya sebagai sebuah tradisi untuk menolak bala. Kecamatan Cakranegara menampilkan tradisi metatah atau potong gigi dari masyarakat Hindu. Sedangkan Kecamatan Sandubaya menampilkan dulang penamat. Dulang penamat ini berisi makanan lengkap yang diusung dan dipersembahkan kepada tamu kehormatan. Ditampilkan juga berbagai atraksi lainnya seperti presean, bale ganjur, barongsai, reog Ponorogo, tari khas Mbojo, marching band, dan fashion show busana dengan bahan tenun Lombok.

20150808_162135

Tari tradisional Mbojo untuk penyambutan tamu

20150808_163216

Bale Ganjur

20150808_161145

Prosesi sebelum nyongkolan

20150808_163136

Iring-iringan prosesi metatah atau potong gigi

Festival Mentaram telah dicanangkan menjadi ikon Kota Mataram dan akan rutin digelar setiap tahun, tepatnya pada bulan Agustus. Yuk jangan lewatkan Festival Mentaram di tahun-tahun selanjutnya. Susun rencana liburan anda jauh-jauh hari dan buru tiket promo via www.Ezytravel.co.id

(Visited 578 times, 1 visits today)


About

Wartawan di koran Suara NTB, pecinta buku, full time dreamer, mimpi keliling dunia karena dunia layaknya buku, harus dibaca sampai tuntas.


'Festival Mentaram: Atraksi Khasanah Budaya Lombok' have 3 comments

  1. August 12, 2015 @ 10:50 am BunSal

    Liputan dan informasi yang keren.
    Semacam jadi harus nonton di pekan budaya tahun depan..^_^

    Reply

  2. August 12, 2015 @ 8:30 pm depz

    setuju sm bunsal

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool