Sembalun

Fresh From The Oven: Menikmati Buah Stroberi Segar di Sembalun Lombok

Fresh From The Oven: Menikmati Buah Stroberi Segar di Sembalun Lombok
5 (100%) 2 votes

Setiap spot wisata memiliki daya tarik tersendiri. Pun di Lombok, ada banyak pilihan sesuai dengan ketertarikan wisatawan. Semua ada di Lombok, tinggal dipilih saja, mulai dari wisata pantai, air terjun, gunung, adat, budaya, kuliner, everything is available here in Lombok!

Hebatnya, spot wisata di Lombok bisa menawarkan lebih dari satu point of interest, misalnya saja Desa Sembalun. Di Sembalun, kita bisa menikmati wisata pegunungan, air terjun, agro, budaya, bahkan religi. Wajar jika kemudian Sembalun dikenal sebagai desa wisata.

Sembalun Lombok

Bukit-bukit yang menjulang mengelilingi kawasan Sembalun

Desa Sembalun berada di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Untuk kesini, anda bisa memilih 2 jalur, timur atau utara. Lewat jalur timur gampang saja, tinggal terus ke arah Masbagik sampai Aikmel melewati hutan Lemor sampai ke Sembalun. Berangkat dari jalur timur, waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 2 – 2,5 jam. Dari jalur utara, tinggal tancap gas menuju pusuk sampai ke Bayan, terus ke Sajang sampai di Sembalun. Butuh waktu lebih lama jika anda memilih lewat jalur utara, sekitar 3 – 3,5 jam. Dua-duanya worth it kok! Tergantung pilihan, dan who knows memang ada spot-spot tertentu yang ingin anda singgahi di salah satu jalur tersebut. Waktu yang dibutuhkan sebenarnya sangat tergantung dari speed saat berkendara.

Berada pada ketinggian 1156 mdpl, Sembalun terletak tepat di kaki gunung Rinjani. Hawanya cukup dingin, jadi siapkan saja  sweater atau baju yang cukup tebal jika berkunjung ke sini. Panorama yang cantik dan tanah yang subur menjadikan Sembalun daerah pemasok buah-buahan dan sayur di Pulau Lombok.

Berugaq Sembalun Lombok

Berugaq yang wajib dikunjungi sebagai tempat persinggahan pengunjung

Sembalun Lombok

Rumah-rumah penduduk dengan background bukit hijau dan langit biru

Saya punya julukan khusus untuk Sembalun “Green Village” tentunya karena desa ini didominasi dengan warna hijau pepohonan dan vegetasi pegunungan. Selain itu desa ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang berasal dari lava muntahan Gunung Rinjani.

Salah satu daya tarik Sembalun adalah wisata “petik stroberi”. Si merah mungil ini adalah bagian dari wisata agro Sembalun. Selain stroberi ada juga kebun apel dan berbagai jenis sayuran seperti kentang, wortel, bawang, tomat, dan lain-lain. All are fresh from the garden!

Strowberry

Yuk mampir!

Strowberry

Strawberry..Strawberry..Sweet Sembalun Strawberry

Wisata stroberi Sembalun mudah ditemukan di kebun milik penduduk. Lokasinya rata-rata berada di pinggir jalan, jumlahnya pun cukup banyak. Tinggal pilih mana yang kira-kira cocok di hati. Cihuy! Anda bisa merasakan sensasi memetik sendiri stroberi dari kebunnya dengan membayar tiket seharga Rp. 10.000. Silakan petik dan makan sesukanya, atau ditimbang dan dibawa pulang. Stroberi yang sudah dipetik dihargai Rp.50.000 per kilonya, ada juga yang dibungkus dalam mika kecil dan dihargai Rp.5000. Mau ditawar? Silakan saja. Perlu diperhatikan saat memetik buah agar jangan sampai merusak tanaman ya!

Kebun Strowberry

Berburu stroberi di (anggep aja) kebun sendiri

Kebun Strowberry

Mencoba keahlian menawar..hehehe

Buah-buahan yang lain pun menunggu untuk dinikmati, apel, misalnya. Sayangnya, saban ke Sembalun, saya mungkin kurang beruntung karena belum sempat panen apel atau sayuran dari kebunnya langsung. Ada kebun bunga juga loh ya!

Gini ni kalo pas dapet musim apel, cihuy!

Gini ni kalo pas dapet musim apel, cihuy!

Saat memutuskan ke Sembalun, do expect more than what you read on my post. You will never regret!

Sembalun

Sampai jumpa di Sembalun! 🙂

(Visited 5,077 times, 2 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Fresh From The Oven: Menikmati Buah Stroberi Segar di Sembalun Lombok' have 3 comments

  1. May 21, 2015 @ 4:13 pm slamet riyadi

    wah… ada juga ya… tapi ini di kaki rinjani.
    di semang juga ada, namanya banyuroto , namun ketinggianya gak sampe 1.700 mdpl.
    untuk harga lebih murah hehe
    salam

    Reply

  2. May 22, 2015 @ 11:35 pm depz

    sering ke sembalun malah belum sekalipun metik stroberi
    *tutupmuka*

    Reply

  3. May 25, 2015 @ 9:12 pm Je abd

    Sembalun, surga dari utara…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool