Gili Rengit

Gili Rengit, Secret Island in Lombok That is Worth a Visit!

Gili Rengit, Secret Island in Lombok That is Worth a Visit!
Vote Us

Suasana yang sepi dan tenang sepertinya memang ciri khas pulau-pulau kecil atau gili di wilayah Sekotong, Lombok Barat. Sebut saja Gili Gede, gili terbesar di Sekotong dan mungkin juga terbesar di Lombok ini, meskipun banyak dihuni oleh penduduk, sangat jauh dari hingar bingar. Begitu juga Gili Layar, gili yang berdekatan dengan Gili Gede.

Di Gili Layar hanya terdapat satu penginapan saja. Bahkan gili tetangganya, yaitu Gili Rengit tidak ada penginapan sama sekali. Sepi tanpa penghuni. Cocoklah kalau gili-gili di wilayah Sekotong ini dapat julukan secret island. Dan tentu sangat cocok juga buat jadi tempat pelarian, menyingkir dari hingar bingarnya kota dan segala macam kesibukan kita. Menyingkir dari bisingnya suara kendaraan, menggantinya dengan suara deburan ombak gili. Menyingkir dari segala macam kegiatan yang sangkut pautnya dengan pekerjaan, sekolah atau perkuliahan, menggantinya dengan kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan di gili.

Salah satu lokasi yang cocok untuk hal semacam itu adalah di Gili Rengit, yang akan saya bahas pada postingan kali ini. Bicara soal Gili Rengit, pulau kecil ini tetiba langsung membuat saya amazed karena jernihnya air laut yang membentang biru setibanya saya di pulau ini. Akan sayang banget kalau nggak nyebur. Airnya minta banget untuk diceburin. Tapi karena trip kami di Gili Rengit saat itu cuma sebentar, pada akhirnya saya memutuskan untuk menunda ide berenang dan hanya berkeliling menikmati suasana di gili ini.

Gili Rengit

Airnya jernih bangetttttttt. Pengen nyeburrrrr

Gili di Lombok

Horor ya?

Seturunnya dari boat sesaat setelah sampai di Gili Rengit saya langsung mencoba untuk masuk lebih dalam lagi. Di Gili ini cukup rindang karena memang banyak terdapat pepohonan. Semakin dalam masuk ke Gili Rengit, perasaan saya mulai berubah dari yang awalnya amazed melihat jernihnya air di Gili ini saat awal kedatangan, menjadi terasa horor melihat kondisi sebuah restoran dan beberapa bangunan kecil lainnya di Gili ini yang terbengkalai tak terurus. Suasananya sontak berubah jadi agak mistis. Entah bangunan ini milik siapa dan kenapa bangunan ini ditinggalkan begitu saja. Saya memutuskan langsung berbalik arah menyimpan rasa penasaran saya dan berjalan kembali ke depan dermaga Gili Rengit untuk melihat-lihat lagi ada apa aja dan enaknya ngapain aja di Gili Rengit ini.

Gili Rengit Lombok

Restoran dan bar yang nggak keurus.

Gili Rengit

Viewnya lagi kece, cekrek dulu sebelum berenang.

Activities to do there?

Di Gili Rengit ini terdapat sebuah dermaga yang juga menjadi spot favorit para pengunjung. Selain tentunya untuk lokasi berfoto ria, dermaga ini banyak dijadikan lokasi mancing oleh para pengunjung. Selain memancing, aktifitas lain yang paling banyak dilakukan pengunjung adalah berenang cantik dan snorkeling asik. Soal snorkeling, bisa jadi alam bawah lautnya pasti keren, karena banyak banget orang yang datang snorkeling di Gili Rengit ini mulai dari turis lokal sampai turis asing datang bersama rombongannya. Jangankan dengan snorkeling, dari atas dermaga saja kita sudah bisa melihat dengan jelas ikan kecil yang banyak sliweran saking jernihnya air di Gili Rengit ini, apalagi dengan langsung turun ke dalam air dengan snorkeling. Pasti kereeeeeen.

Tapi kalau lagi mager alias malas gerak, malas berpanas-panasan mau berenang, pengunjung di Gili Rengit bisa juga ngadem di pinggir pantai yang banyak pepohonannya sambil menikmati pemandangan dan suasana di sini. Hammock-ing is a great idea here!

Gili Rengit

Fishing….

Gili Lombok

Snorkeling seruuuuu

How to get there?

Untuk menuju ke Gili Rengit kita harus menempuh jarak Mataram-Sekotong (kalau start-nya dari Mataram) dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 2 jam dengan kendaraan bermotor melewati jalan beraspal yang terbilang mulus. Sesampainya di Sekotong tepatnya di daerah Tembowong atau Pelangan, di sini ada dermaga kecil yang melayani penyebrangan bukan hanya ke Gili Rengit saja, tapi juga beberapa gili lainnya seperti Gili Gede, Gili Layar dan Gili Asahan. Dari dermaga ini kita masih harus menempuh beberapa puluh menit saja untuk bisa sampai ke Gili Rengit dengan menggunakan boat nelayan dengan merogoh kocek sebesar 200-300 ribu rupiah untuk sewa per boat-nya.

Gili Lombok

Dermaga penyebrangan di Sekotong menuju gili.

Gili Rengit Lombok

The kiddos lagi enak ngadem ni.

Any tips?

Yes! Tips buat yang mau berkunjung ke Gili Rengit, jangan lupa bawa bekal makanan, karena di sini tidak ada yang menjual makanan dan semacamnya. Bawa alat snorkeling! Karena di sini nggak ada tempat penyewaan. Pancing juga buat yang hobi mancing! Bawa hammock juga! Bawa pacar, gebetan, sahabat kamu biar ada yang temenin, nggak ngenes jalan sendiri kaya aku. Hiks.

Yak omongan mulai ngawur, mari kita tutup tulisan ini. Sekian dan terima kasih. Jadi, kamu kapan main ke Lombok? 😀

Mau liburan ke Lombok? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 250 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Gili Rengit, Secret Island in Lombok That is Worth a Visit!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool