Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

Gili Sunut, Gili di Lombok yang Eksotis

Vote Us

Gili Sunut adalah salah satu gili di Lombok yang terletak di kawasan Jerowaru, Lombok Timur. Tidak kalah dengan gili lainnya seperti Gili Trawangan atau Gili Meno, gili yang tidak berpenghuni ini juga memiliki panorama alam yang begitu eksotis.

Penampakan Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

Liburan semester yang lalu, saya dan salah seorang teman saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satu gili di Lombok yang kini tengah dikembangkan oleh investor menjadi tujuan wisata andalan. Sebenarnya kami sudah beberapa kali melewati Gili Sunut ketika melakukan island hopping, namun kami tidak pernah mampir. Akhirnya, pada liburan kali ini kami bisa menginjakkan kaki kami di gili cantik nan damai ini. Dan tentunya perjalanan kami agak sedikit berbeda kali ini, Biasanya orang-orang mengunjungi gili ini via laut dengan boat dari Pelabuhan Tanjung luar. Tapi kami mengunjungi salah satu gili di Lombok ini via darat dengan melewati jalanan tanah berbatu yang cukup ekstrim.

Kami harus berjibaku melewati jalanan naik turun melewati perbukitan yang cukup terjal. Sampai pada akhirnya kami tiba di puncak sebuah bukit. Ini adalah puncak bukit terakhir dan tempat kami akan memarkirkan kendaraan kami. Oh ya, FYI, di sini tidak ada tukang parkir atau tempat penitipan kendaraan. Bukit ini benar-benar sepi dan tidak ada penduduk yang tinggal di sekitar bukit ini. So, kami harus memarkirkan kendaraan kami tanpa ada yang menjaga. Dan tentunya juga kami membawa gembok tambahan untuk mengamankan kendaraan kami.

Dari puncak bukit ini, Gili Sunut yang eksotis terpampang nyata di depan kami. Kami pun semakin bersemangat untuk segera tiba di salah satu gili di Lombok yang sungguh menawan ini. Kami kemudian segera menuruni bukit dan mencari perahu untuk menyebrang ke Gili Sunut. Unfortunately, kami tidak menemukan perahu yang bisa mengantar kami ke Gili Sunut. Kami sempat putus asa dan berniat untuk membatalkan kunjungan kami. Tapi, ketika hendak beranjak kami bertemu dengan bapak-bapak yang akan pergi memancing. Kata beliau, kalau mau ke Gili Sunut bisa dengan berjalan kaki. Ada semacam “jalur” di laut yang dangkal dan aman untuk dilewati. Wah, kami pun langsung turun ke pantai dan berjalan di jalur yang ditunjukkan oleh si bapak. Well, Gili Sunut ini ternyata cukup unik. Ezytravelers bisa datang dengan berjalan kaki. Sama seperti Gili Genting di Sekotong.

Jalur ke Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

Singkat cerita, kami pun tiba di Gili Sunut dengan aman. Tidak mau membuang waktu, kami langsung menjelajahi setiap inci dari salah satu gili di Lombok yang menawan ini.

Pertama, kami naik ke atas bukitnya dan berfoto ria di padang ilalangnya yang begitu rimbun. Rasanya seperti berada di Padang Savanna Afrika. Sangat eksotis! Dari atas bukit ini, mata kami dimanjakan dengan pemandangan alam berupa laut biru yang begitu menawan.

Pemandangan Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

View Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

Ilalang Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

Selanjutnya, setelah puas mengeksplor bukit dan padang ilalangnya, kami kemudian turun ke pantainya. Pantainya landai dan berpasir putih. Air lautnya bersih dan bening. Ombaknya pun cukup tenang dan aman untuk berenang. What an amazing view!

Garis Pantai Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

Pantai di Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

Laut Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

Puas menikmati keindahan pantainya, kami kemudian berkeliling kebagian tengah pulau. Di sini kami melihat banyak sisa-sisa bangunan rumah yang ditinggalkan pemiliknya. Dulunya, Gili Sunut ini adalah salah satu gili di Lombok yang berpenghuni. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Namun, karena akan dikembangkan menjadi daerah wisata, para penduduk Gili Sunut direlokasi dan diberikan tempat tinggal baru di kawasan Jerowaru.

Bekas bangunan di Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

Capek berkeliling, kami kemudian duduk di pinggir pantai di bawah rimbunnya pepohonan sambil menikmati cemilan yang kami bawa. Suasananya sangat syahdu!

Rasanya kami sangat-sangat betah berlama-lama di salah satu gili di Lombok yang eksotis ini. Panorama alamnya, lautnya, pasirnya, bukitnya, padang ilalangnya sungguh elok dipandang mata.

Setelah bathin terpuaskan, kami pun beranjak meninggalkan Gili Sunut. Kami kembali menyebrangi laut dengan berjalan kaki. Sangat asyik dan seru!

Panorama Gili Sunut, salah satu gili di Lombok

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Paket Tour Murah, Indonesia Holidays Package, dan Tiket Murah

Well, itulah kisah perjalanan kami ketika mengunjungi salah satu gili di Lombok yang sangat eksotis bernama Gili Sunut.

Sampai jumpa pada kisah perjalanan kami selanjutnya.

Ciao!

(Visited 420 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Gili Sunut, Gili di Lombok yang Eksotis' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool