Danau Segara Anak

Gunung Rinjani, Lombok, Surga Para Pendaki

Gunung Rinjani, Lombok, Surga Para Pendaki
5 (100%) 1 vote

IMG_8579

Hello traveler, terutama teman-teman pendaki gunung, wisata di Lombok gak hanya menawarkan pantai yang indah, pasir putih yang lembut sampai yang sebesar merica, gili atau pulau kecil, tapi Lombok juga menyimpan satu surga bagi para pendaki Gunung. Gunung Rinjani dengan ketinggian 3726 mdpl berdiri kokoh dengan gagahnya di tengah-tengah Pulau Lombok.

Gunung dengan puncak tertinggi ketiga di Indonesia setelah Puncak Cartenz dan Puncak Gunung Kerinci ini menyimpan berjuta pesona pemandangan alam yang menakjubkan.

004

Bagi kalian pecinta trekking, ada dua jalur pendakian resmi untuk mendaki Gunung ini yaitu melalui Desa Sembalun dan Desa Senaru. Dari Bandara kedua jalur tersebut dapat kalian tempuh selama kurang lebih 3 jam. Bedanya, Sembalun berada di Lombok Timur, sedangkan Senaru berada di Lombok Utara.

IMG_8827

Karakteristik keduanya pun berbeda. Melalui Sembalun kalian gak langsung “disiksa”. Padang Savana yang luas akan menemani perjalanan kalian hingga pos 3. Tanjakannya pun tidak seberapa, hanya saja cukup panjang. Nah, setelah Pos 3, baru deh “disiksa”. Bukit Penyesalan akan menantang kalian untuk ditaklukkan. Dinamakan penyesalan karena bukit ini menanjak terus, melewati 8 bukit, dan posisinya di tengah. Jadi jika lelah melanda kalian, menyesal deh sudah naik Rinjani. Mau balik udah jauh, mau lanjut udah capek. Hehe.

021

Jika kalian lewat jalur Senaru, dari awal udah “disiksa” men. Nanjak terus sampai Plawangan Senaru. Tapi bonusnya, kalian akan melewati hutan hujan tropis yang sangat lebat jadi sejuk dan gak berasa panasnya, beda dengan Sembalun.

Untuk menuju Puncak Rinjani, kalian harus start dari Plawangan Sembalun dari pukul 02.00 WITA dini hari. Perjalan menuju puncak memakan waktu kurang lebih 4-5 jam. Jadi saat kalian berada di puncak nanti, sunrise akan menyambut kalian.

Untitled_Panorama1

Nah, setelah dari Puncak, baru deh ke Danau Segara Anak. Disana kalian bisa mandi air hangat untuk melepas lelah. Bisa mancing juga biar kalian bisa barbequan malamnya. Kalo kalian gak bisa mancing atau gak bawa alat pancing, coba deh rayu-rayu bapak-bapak yang lagi mancing di sana, sapa tau bapaknya lagi baik. Heee…

Copy of CIMG0222

DSC_8756

Terakhir, tips dari saya, sebelum naik Rinjani jangan lupa persiapkan fisik kalian. Pemanasan selama satu minggu dengan lari-lari kecil selama 30 menit setiap harinya akan membantu fisik kalian tidak terlalu kaget saat mendaki. Jangan anggap enteng kram loh. Yang kedua, persiapkan juga semua perlengkapan trekking dan logistic kalian, jangan anggap remeh karena kasus-kasus di Rinjani seringkali terjadi karena kurangnya persiapan. Dan yang terakhir, jangan buang sampah sembarangan. Bawa kembali sampah kalian!

(Visited 876 times, 1 visits today)


About

Traveller, Photographer, Entrepreneur, Blogger, and Paraglider


'Gunung Rinjani, Lombok, Surga Para Pendaki' have 4 comments

  1. May 26, 2015 @ 9:09 am depz

    selalu bikin rindu tiap baca artikel rinjani
    huhuhu

    Reply

    • May 30, 2015 @ 5:39 pm Harry

      Gunung yang bikin kangen mas Ideepp. Heee

      Reply

  2. June 14, 2015 @ 9:02 am Ajie setio

    Berapa hari kira2, kalo naik lewat sembalum? Apa segara anak itu harus lewat jalur senaru? apa di sana banyak mata air?
    Maaf ya mas, banyak tanya…. Mungkin setelah ini dijawab, nanti akan datang lagi pertanyaan berikutnya

    Reply

    • August 14, 2015 @ 12:46 am Hary Hermanan

      Kalo naik lewat Sembalun, komplit dapat Puncak dan Danau minimal 3 hari. Tapi itu udah ketat banget dan fisik harus kuat.
      Segara Anak berada di tengah2 jadi mau lewat Sembalun atau Senaru tetap ketemu kok.
      Mata air? ada mas. Tapi tetap harus bawa persediaan saat awal2 mulai mendaki 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool