Island hopping di Lombok

ISLAND HOPPING! KELILING 4 GILI DI LOMBOK DALAM SEHARI

ISLAND HOPPING! KELILING 4 GILI DI LOMBOK DALAM SEHARI
Vote Us

Island hopping di Lombok?! Emang bisa? Well, mungkin pertanyaan ini yang akan Ezytravelers ungkapkan ketika melihat judul postingan yang satu ini. Tapi tentu saja jawabannya “Yes, for sure”. Dengan perencanaan dan pengaturan waktu yang tepat Ezytravelers bisa keliling empat gili a.k.a Island hopping di Lombok dalam sehari. Gili apa saja? Bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

Empat gili yang dapat dikelilingi dalam satu hari ini merupakan gugusan gili-gili cantik yang terletak di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Ke-empat gili tersebut adalah Gili Petagan, Gili Kapal, Gili Bidara dan Gili Kondo. Keempat gugusan gili ini merupakan spot snorkeling yang sangat indah. Hmmm, dijamin deh Ezytravelers bakalan betah ber-Island hopping di Lombok seharian penuh.

Untuk mencapai gili-gili ini dari Kota Mataram, Ezytravelers harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam menuju Dusun Padak Luar (tempat penyebrangan), Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Rutenya yaitu: Mataram – Narmada – Kopang – Masbagik – Aikmel – Labuhan Lombok – Sambelia – Dusun Padak Luar. Karena jarak dari Mataram menuju tempat penyebrangan cukup jauh, usahakan berangkat sepagi mungkin, sekitar jam 6 atau 7 pagi.

Oh ya, untuk menuju Dusun Padak Luar, Ezytravelers bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Kalau gak ada kendaraan pribadi gimana? Well, karena belum ada angkutan umum yang langsung menuju tempat ini, maka cara termudah yaitu dengan menyewa kendaraan. Di Mataram banyak sekali tempat penyewaan kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Biayanya rata-rata sekitar 600 – 700 ribu/mobil/hari (mobil + driver + BBM) dan 75 – 85 ribu/hari untuk kendaraan roda dua.

Setelah tiba di tempat penyebrangan, usahakan untuk langsung menyewa boat. Biaya carter boat untuk keliling empat gili ini adalah Rp. 400.000/perahu. Jika penumpang lebih dari 8 orang, maka biaya sewanya dihitung Rp. 50.000/orang. Saran nih, akan lebih baik lagi, kalau sehari sebelumnya Ezytravelers sudah booking boatnya duluan. Setelah urusan sewa-menyewa boat selesai, here we go, Island hopping di Lombok pun dimulai.

Adapun rute gili yang akan dikelilingi adalah sebagai berikut:

1. Gili Petagan

Island hopping di Lombok, Gili Petagan

 

Tujuan yang pertama adalah Gili Petagan. Sebagian besar wilayah Gili Petagan dipenuhi oleh hutan bakau dan hanya sebagian kecil wilayahnya yang berpasir. Perairan di Gili Petagan juga masih bersih dan jernih. Ezytravelers akan dibawa berkeliling masuk ke kawasan hutan bakau Gili Petagan yang nampak seperti sungai yang berkelok dengan perahu. Pemandangannya benar-benar luar biasa. Ada beberapa kegiatan yang dapat Ezytravelers lakukan di gili ini, seperti: swimming, snorkeling dan hunting foto.

Island hopping di Lombok, Gili Petagan

 

2. Gili Kapal

Island hopping di Lombok, Gili Kapal

Tujuan yang kedua adalah gili mungil nan cantik bernama Gili Kapal. Jarak Gili Kapal dari Gili Petagan sekitar 15 menit. Gili Kapal merupakan gili mungil yang hanya muncul ketika air laut sedang surut dan akan menghilang kembali ketika air laut kembali pasang. Gili Kapal hanya berupa gundukan pasir putih nan halus dan tidak ada tumbuhan yang tumbuh disini. Di Gili Kapal ini Ezytravelers bisa berenang, snorkeling, berfoto ria atau sekedar bermain air dan ombak.

Island hopping di Lombok, Gili Kapal

 

3. Gili Bidara

Island hopping di Lombok, Gili Bidara

Gili Bidara adalah tujuan ketiga ketika Island hopping di Lombok. Gili ini hanya berjarak sepuluh menit dari Gili Kapal. Perairan di Gili Bidara sangat bersih dan jernih dan terumbu karangnya benar-benar indah. Gili Bidara adalah spot favorit untuk diving dan snorkeling. Banyak para diver professional yang telah menyelam di perairan Gili Bidara. Pasir di Gili Bidara ini sangat halus dan berwarna putih bersih. Selain snorkeling dan diving, di gili ini Ezytravelers juga bisa camping, hunting foto atau cuma bermain air dan ombak. Setelah berkeliling dua gili, biasanya Gili Bidara dijadikan tempat untuk istirahat makan siang.

Island hopping di Lombok, Gili Bidara

 

4. Gili Kondo

Island hopping di Lombok, Gili Kondo

Buruan langsung terbang ke Lombok! Booking hotel murah dan tiket pesawat promo. Gak mau ribet? Ambil paket tour aja!

 

Tujuan terakhir ketika Island Hopping di Lombok adalah Gili Kondo. Gili Kondo terletak di sebelah selatan Gili Bidara. Jaraknya sekitar 10 menit dari Gili Bidara. Perairan Gili Kondo sangat bersih dan jernih dan merupakan spot favorit untuk snorkeling. Terumbu karangnya sangat indah dan banyak ikan berwarna-warni yang berenang dengan bebas. Ezytravelers tidak perlu jauh-jauh berenang ke tengah untuk menemukan gerombolan ikan, cukup 5 meter dari bibir pantai kalian sudah dapat menemukan kawanan ikan-ikan cantik yang berenang dengan bebas. Ezytravelers juga bisa melakukan fish feeding dengan menggunakan roti. Saat melemparkan roti sambil snorkeling, para kawanan ikan akan menyerbu Ezytravelers dan sensainya benar-benar amazing.

Island hopping di Lombok, Gili Kondo

Pasir pantai di Gili Kondo ini berwarna putih dan halus. Kondisi lingkungannya juga masih terjaga dan cukup bersih. Di tempat ini juga sudah ada ‘berugaq’ (gazebo) untuk beristirahat. Pepohonan di tempat ini juga cukup rimbun, jadi Ezytravelers tidak usah khawatir untuk merasa kepanasan.

Well, itulah empat gili di Lombok yang bisa dikelilingi dalam sehari. Kalau Ezytravelers mau Island hopping di Lombok maka keempat gili ini wajib disambangi. Siap mencoba?!

 

(Visited 206 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'ISLAND HOPPING! KELILING 4 GILI DI LOMBOK DALAM SEHARI' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool