Gili Goleng, Sekotong, Lombok Barat

Jalan-Jalan Santai Ke Gili Goleng, Lombok Barat

Jalan-Jalan Santai Ke Gili Goleng, Lombok Barat
Vote Us

Gili Goleng adalah salah satu gugusan gili yang terletak di kawasan wisata Sekotong, Lombok Barat. Salah satu gili mungil di Pulau Lombok ini juga merupakan tetangga dekat Gili Asahan.

Akhir pekan ini sebenarnya saya dan empat orang teman saya akan melakukan island hopping ke beberapa gili yang ada di kawasan Sekotong. Rencana awal kami yaitu mengelilingi Gili Layar, Gili Rengit, Gili Asahan dan terakhir Gili Goleng. Namun, sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. Di tengah perjalanan dari Mataram menuju Sekotong, salah satu kendaraan teman saya mengalami kerusakan. Sehingga dia tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Sekotong. Akhirnya, setelah berdiskusi sebentar, hanya saya dan salah seorang teman saya yang melanjutkan perjalanan.

Kami berdua pun kembali melanjutkan perjalanan kami menuju kawasan wisata Sekotong. Adapun rute yang kami lalui, yaitu: Mataram – Gerung – Lembar – Sekotong – Pelabuhan Tembowong. Yep, Pelabuhan Tembowong adalah tujuan pertama kami. Melalui pelabuhan ini kami akan menyewa perahu/boat untuk melakukan island hopping.

Begitu tiba di Pelabuhan Tembowong, kami langsung menemui pemilik perahu dan memberitahukan rencana kami. Namun, setelah ngobrol dengan pemilik perahu, ternyata biaya sewa perahu untuk berkeliling dari Gili Rengit sampai Gili Goleng cukup mahal, apalagi kami cuma berdua. Yah, kalo dibagi empat bersama teman yang lain mungkin masih mampu, tapi kalo dibagi dua rasanya cukup berat.

Kami kemudian mencoba mencari alternatif lain yang lebih murah. Kami berdua berjalan ke pantai dan menemui beberapa orang nelayan yang sedang istirahat di pinggir pantai. Kami bertanya ke beberapa nelayan apakah mereka bisa mengantar kami berkeliling. Namun para nelayan tidak ada yang bisa. Selain karena jaraknya yang jauh, perahu mereka juga terlalu kecil dan mesin perahu mereka tidak mampu. Daripada jalan-jalan kami batal, akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi Gili Goleng saja. Setelah negosiasi harga, kami pun mulai berlayar menuju salah satu gili tidak berpenghuni di Lombok Barat.

Perahu yang kami tumpangi hanya bisa menampung 3 orang penumpang, yaitu: saya, teman saya dan pak nelayan. Saat mulai berlayar, keadaan ombak cukup tenang. Namun, ketika melewati Gili Gede, keadaan ombak semakin membesar. Karena kecilnya perahu, kami dibuat terombang-ambing dan perjalanan kami pun menjadi menegangkan. Selain itu, teriknya matahari dengan mudah membakar kulit kami karena perahu yang kami tumpangi tidak memiliki atap. Oh, perfect! Alhasil, kulit kami langsung menjadi gosong.

Perahu menuju Gili Goleng

Setelah berlayar melewati ombak yang menegangkan selama kurang lebih 45 menit, akhirnya kami tiba di Gili Goleng. Yeah, finally!

Tiba di Gili Goleng, kami langsung beristirahat di gazebo yang telah disediakan untuk pengunjung. Terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat. Setelah cukup beristirahat, kami mulai menjelajahi setiap sudut dari Gili Goleng ini.

Gazebo di Gili Goleng

Gili Goleng adalah salah satu gili tidak berpenghuni dan tidak begitu luas. Terdapat sebuah bukit kecil dan banyak tumbuh pohon kelapa sehingga suasananya menjadi sedikit lebih teduh. Gili ini memiliki perairan yang tenang dan bersih serta pantai dengan pasir berwarna putih yang lembut. Suasana di Gili Goleng sangat tenang dan damai. Jika Ezytravelers berkunjung ke sini, gili ini berasa milik pribadi. No one here except you!

Pohon Kelapa di Gili Goleng

Pepohonan di Gili Goleng

Suasana yang tenang dan damai serta indahnya panorama alam akan membuat Ezytravelers betah berlama-lama di Gili Goleng ini.

Saya dan teman saya kemudian berjalan dengan santai mengelilingi garis pantai Gili Goleng. Sesekali kami bermain air sambil mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan. Sementara itu, bapak nelayan yang mengantar kami tidur di bawah rimbunnya pepohonan ditemani sejuknya angin sepoi-sepoi.

Panorama Gili Goleng

View Gili Goleng

Puas bermain dan berfoto ria, kami kemudian duduk di salah satu gazebo dan menikmati bekal makanan yang kami bawa. Oh ya, FYI, jika Ezytravelers berkunjung ke Gili Goleng, maka jangan lupa membawa bekal masing-masing karena di sini tidak ada penjual makanan. Fasilitas umum pun belum ada sama sekali kecuali beberapa buah gazebo.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Paket Tour, Tiket Pesawat Murah & Penginapan Murah

Berfoto di Gili Goleng

Gili Goleng, menurut kami, merupakan spot piknik yang asyik buat keluarga. Anak-anak dapat berenang dan bermain dengan aman di pantainya yang jernih dan tenang. Sementara orang tua dapat mengawasi anak-anak dari gazebo sambil menikmati indahnya pemandangan alam yang disajikan Gili Goleng. Pasti akan sangat menyenangkan!

Perairan Gili Goleng

Setelah bekal makanan habis, kami kemudian beranjak pulang dengan menggunakan perahu yang sama. Fortunately, ketika berlayar pulang, kondisi gelombang lautnya jauh lebih tenang. Sehingga perahu kami bisa berlayar dengan mulus.

Well, sekian kisah jalan-jalan kami mengunjungi Gili Goleng, salah satu gili mungil nan cantik di kawasan wisata Sekotong, Lombok Barat.

(Visited 184 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Jalan-Jalan Santai Ke Gili Goleng, Lombok Barat' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool