Jegol: Alternatif Oleh-oleh Khas Lombok

Jegol: Alternatif Oleh-oleh Khas Lombok
Vote Us

Pergi liburan, jalan-jalan, nge-trip, vacation, atau apapun sebutannya, kurang lengkap rasanya kalau nggak bawa oleh-oleh dari tempat yang kita kunjungi tersebut. Kalau di Lombok sendiri, sebenarnya banyak Oleh Oleh Khas Lombok yang bisa kamu boyong untuk bawa pulang baik untuk diri sendiri atau buat dibagi-bagi ke sahabat atau keluarga. Beragam bentuk oleh-olehnya beragam juga tempat belinya.

Di Lombok tentu juga banyak tempat yang bisa kamu datangi untuk berburu Oleh Oleh Khas Lombok, semisal pasar tradisional Cakranegara, Pasar Seni Sayang-sayang, Sekarbela, Pasar Seni Senggigi, Banyumulek, Sukarara, Sade, dan banyak lagi. Untuk beberapa tempat yang saya sebutkan ini umumnya menjual produk-produk seperti kain tenun atau songket, gerabah khas Lombok, mutiara Lombok dan bermacam-macam pernak pernik khas Lombok lainnya.

Oleh Oleh Khas Lombok

Store jegol. Pic via instagram @jegol_store

Kalau melirik ke daeran lain, sebut saja beberapa daerah di Indonesia seperti Bali, Jogja dan Makassar punya toko oleh-oleh yang menurut saya iconic banget dan melegenda. Siapa yang nggak kenal dengan toko baju khas Bali yaitu Joger yang sudah menjadi icon oleh-oleh kalau berkunjung ke Bali. Wisatawan, terutama domestik biasanya nggak mau kelewatan mengunnjungi tempat ini. Atau siapa yang nggak tahu Dagadu di Jogja? Toko yang menjual beragam produk souvenir yang segala produknya mengusung Jogja sebagai tema utama.

Begitu pula dengan Bajiki yang ada di Makassar, produk seperti baju kaos yang mereka tawarkan pada pembeli kental akan tema-tema yang berkaitan dengan daerahnya sendiri, yaitu Makassar. Iconic seperti Joger Bali, lalu memposiskan diri sebagai produk souvenir yang mengusung tema khas daerah-nya seperti Dagadu Jogja dan Bajiki Makassar, di Lombok sebuah toko pakaian Oleh Oleh Khas Lombok hadir yang nampaknya mengadopsi konsep ketiga toko oleh-oleh yang sedikit saya bahas tadi.

Oleh Oleh Khas Lombok

T-shirt jegol. Pic via instagram @jegol_store

Namannya Jegol Store, sebuah toko pakaian sekaligus brand clothing lokal yang juga hits di kalangan anak muda di Lombok. Konsepnya sungguh berbeda dengan sejumlah brand clothing lokal di Lombok yang menjamur beberapa tahun belakangan ini. Kebanyakan brand clothing di Lombok kental dengan nuansa asing, namun Jegol sejak awal kemunculannya, sudah nenempatkan diri sebagai toko baju sekaligus brand clothing yang memang khusus mengangkat tema-tema kedaerahan yaitu Lombok pada produk yang mereka tawarkan. Melalui beragam produknya seperti kaos, jaket dan topi, Jegol menampilkan segala hal yang berkaitan dengan Lombok, baik dari bahasa, kuliner, destinasi wisata dan lainnya.

Wisata Lombok

Sate bulayak, makanan khas lombok dalam kaos jegol. Pic via instagram @jegol_store

Jegol konsisten mengusung konsep yang sangat identik dengan Lombok dan suku Sasak-nya. Bukan tanpa alasan. Pemilihan konsep tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Lombok. Produk Jegol selain menjadi alternatif Oleh Oleh Khas Lombok yang bisa diboyong wisatawan yang datang ke Lombok, produk Jegol juga menjadi media mempromosikan Lombok kepada para wisatawan.

Miq Amang, pemuda asli Lombok yang merupakan owner Jegol lebih lanjut mengungkapkan bahwa membentuk Jegol merupakan sebagai bentuk kecintaanya pada daerah kelahirannya yaitu Lombok. Pengalaman menetap dan kuliah beberapa tahun di luar Lombok tepatnya di Malang, Jawa Timur kemudian ditambah dengan niatannya untuk memperkenalkan Lombok di luar daerah inilah yang menyulut semangatnya menciptakan brand Jegol dengan produk-produknya yang unik dan Lombok banget.

Wisata Lombok

Ampenan harbor t-shirt merupakan pelabuhan tua yang menjadi destinasi wisata favorit. Pic via instagram @jegol_store

Jegol menampilkan bahasa sehari-hari masyarakat Sasak, suku asli Lombok dalam design kaosnya, seperti ungkapan-ungkapan Lombok solah gati, matur tampiasih, silak simpang dan banyak lagi lainnya. Selain bahasa, sejumlah produk kaos keluaran Jegol juga menampilkan kaos dengan tulisan-tulisan kuliner khas Lombok, seperti ada kaos yang bertuliskan atau bergambar pelecing kangkung dan sate bulayak. Nggak cukup dengan itu, ada lagi design kaos mereka yang menghadirkan permainan tradisional Lombok yaitu peresean dan alat musik tradisional Lombok yaitu Gendang Beleq.

Wisata Belanja

Kaos rinjani! Pic via instagram @jegol_store

Produk-produk jegol ini bisa didapatkan secara online maupun offline dengan kisaran harga relatif terjangkau. Kebetulan lagi di Lombok, kamu bisa langsung meluncur ke store mereka di Jl. Catur Warga no.29 E-6 Mataram, Lombok. Kalau kamu nggak minat beli kain tenun atau kain songket di Sukarare atau Desa Sade, nggak minat beli mutiara Lombok di Sekarbela, nggak minta juga beli gerabah di Banyumulek, kamu bisa langsung meluncur ke store Jegol sebagai alternatif wisata belanja kamu saat berkunjung ke Lombok.

Enjoy Lombok! Enjoy Shopping, guys!

 

(Visited 817 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Jegol: Alternatif Oleh-oleh Khas Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool