Jika Lombok Gunung Punya Rinjani, Maka Sumbawa Punya Tambora

Jika Lombok Gunung Punya Rinjani, Maka Sumbawa Punya Tambora
5 (100%) 2 votes

Tidak diragukan lagi keindahan Gunung Rinjani di Lombok sudah terkenal di seluruh dunia. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara memilih liburannya untuk mendaki Gunung Rinjani. Tapi tahukah kalian, Provinsi Nusa Tenggara Barat tidak hanya memiliki Rinjani, tapi ada juga Gunung Tambora. Tidak seperti Rinjani, Tambora terhitung masih sedikit yang mengunjunginya. Jaraknya yang cukup jauh yaitu terletak di Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, membuat para wisatawan berpikir dua kali untuk mendaki Gunung Tambora.

Gunung Tambora

Meskipun banyak yang bilang bahwa Rinjani memiliki pemandangan yang jauh lebih indah daripada Gunung Tambora, namun dari segi sejarah, Tambora jauh lebih unggul. Letusannya pada tahun 1815 tercatat sebagai letusan gunung berapi terbesar di dunia hingga saat ini, jauh melebihi dahsyatnya Gunung Krakatau. sekitar 70 ribu orang meninggal dunia dan iklim dunia tak menentu selama satu tahun akibat dari meletusnya Gunung Tambora. Dengan sejarah seperti itu, bayangkan kamu berdiri di Puncak Tambora dan memandang ke arah kalderanya, tepat 200 tahun yang lalu, disitulah sumber ledakan terdahsyat ibarat neraka dunia yang meneror penduduk dan kerajaan di sekitar Tambora.

Nah, artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat mendaki Gunung Tambora beberapa waktu yang lalu. Tidak hanya sampai puncak, kami bahkan menuruni kaldera Tamboranya. Aktivitas trekking yang sungguh sangat jarang dilakukan karena baru segelintir orang saja yang pernah turun hingga kaldera Tambora. Untuk menuruni kaldera Tambora, kami tidak melewati jalur yang umum digunakan oleh para pendaki di Desa Pancasila, tapi kami menempuh jalur Doro Ncanga. Jalur ini terkenal dengan padang savana nya yang luas diikuti dengan binatang ternak warga di sekitarnya yang berjumlah ratusan yang dilepas liar di di Doro Ncanga. Binatang ternak tersebut didominasi oleh kerbau dan kuda. Bahkan jika kamu beruntung, kamu akan melihat binatang liar seperti rusa, ayam hutan, hingga babi hutan saat kamu melintasi jalur ini.

Gunung Tambora

Saat melewati jalur Doro Ncanga, kami menggunakan hardtop yang kami sewa di Dompu. Hardtop bisa naik hingga Pos 3 Gunung Tambora sehingga untuk mencapai puncak kami hanya perlu berjalan kaki selama 3 jam. Setibanya di puncak kami mendirikan tenda. Keesokan paginya barulah kami memulai perjalanan menuju kaldera Tambora. Ada yang turun dengan berjalan kaki, ada pula yang turun dengan menggunakan parasut paralayang. Jika berjalan kaki, untuk turun membutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan jalur yang masih samar2 sehingga kamu membutuhkan orang lokal yang menguasai medan untuk menemanimu.

Gunung Tambora

Gunung Tambora

Tidak ada mata air sepanjang perjalanan menuju kaldera sehingga kamu perlu membawa persediaan air dari puncak. Jalur yang menantang memaksa kami harus ekstra hati-hati saat menuruni kaldera. Tali karbiner pun sangat diperlukan untuk menuruni jalur ini. Belum lagi bahaya batu lepas yang bisa saja longsor sewaktu-waktu dan menimpa kami.

Tapi semua itu akan terbalas. Saat berada di bawah, di bekas letusan gunung terdahsyat dengan diameter 7 km, semua memori kembali saat 200 tahun yang lalu, betapa mengerikannya tempat kami mendirikan tenda ini 200 tahun yang lalu. Ah, sungguh pengalaman yang tidak akan kami lupakan seumur hidup kami.

Gunung Tambora

(Visited 688 times, 1 visits today)


About

Traveller, Photographer, Entrepreneur, Blogger, and Paraglider


'Jika Lombok Gunung Punya Rinjani, Maka Sumbawa Punya Tambora' have 1 comment

  1. June 17, 2017 @ 12:34 am Adrian

    Kalau Pulau Sumbawa punya Gunung Tambora, Pulau Lombok punya Gunung Rinjani. Terus Pulau Jawa punya apa? Bagaimana dengan Gunung Tengger Purba? Gunung Bromo, Batok belum ada sejak Gunung Tengger meletus dengan sangat dahsyat.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool