Makam Loang Baloq Lombok

Jodoh Adalah Harapan, Loang Baloq Lombok (Mungkin) Adalah Jawaban

Jodoh Adalah Harapan, Loang Baloq Lombok (Mungkin) Adalah Jawaban
5 (100%) 1 vote

Jodoh. Lima huruf yang tidak akan serta merta hadir begitu saja. Butuh upaya untuk menrmukannya. Salah satunya adalah dengan berwisata ke Lombok. Kok bisa? Tentu saja. Bukankah jodoh sebenarnya bisa bertemu di mana saja? Bisa jadi!

Berbicara tentang jodoh, tentu tidak cukup dengan usaha saja. Namun dibutuhkan juga doa. Semua pasti sudah tahu, dong! Tentang doa, kadang apa saja bisa menjadi sarana terwujudnya. Percaya atau tidak, tergantung seberapa keyakinan akan diwujudkan olehNya.

Makam Loang Baloq Lombok

Gapura Depan Makam Loang Baloq Lombok

Lalu apa hubungannya antara doa, jodoh, dan Lombok?

Sabaarrr…

Di Lombok terdapat sebuah tempat wisata religi yang dipercaya bisa memudahkan untuk menemukan jodoh. Tentu objek wisata ini hanyalah sarana. Sebab bagaimanapun juga, jodoh adalah rahasiaNya.Lalu di mana objek wisata tersebut? Makam Loang Baloq namanya. Di makam yang dibangun sejak lama ini, dipercaya bisa membantu membuka tabir rahasia jodoh yang telah dipersiapkanNya. Tentu kepercayaan ini tidak sepenuhnya benar. Tergantung pada keyakinan masing-masing.

Makam Loang Baloq Lombok

Jalan Masuk Makam Loang Baloq Bagian Dalam yang Luas

Memasuki kawasan pemakaman ini, Anda akan langsung disuguhi pemandangan yang sungguh menakjubkan. Dengan jalan masuk berundak pendek yang lebar, memungkinkan pengunjung leluasa untuk menikmati setiap jengkalnya. Setibanya di dalam komplek, Anda akan kembali dikejutkan dengan kondisi pemakaman yang berbeda dengan lainnya. Komplek teduh ini sangat terjaga kebersihannya. Terlebih area di sekitar beringin tua yang telah tumbuh ratusan tahun lamanya.

Makam Loang Baloq Lombok

Suasana Komplek Makam Loang Baloq Lombok yang Teduh

Makam Loang Baloq Lombok

Akar Beringin Tempat Mengikat Doa di Makam Loang Baloq Lombok

Bagi masyarakat Lombok, makam Loang Baloq tentu tidak asing lagi. Bagaimana tidak. Makam ini dianggap keramat dan menyimpan nilai sejarah. Bukan tanpa alasan. Di dalam komplek pemakaman yang terletak tak jauh dari pusat kota ini terdapat tiga makam yang diyakini keramat. Ketiga makam ini berada di bawah pohon beringin tua yang sangat besar dengan akar menjuntai.

Makam Loang Baloq Lombok

Cerita Sejarah Makam Loang Baloq Lombok

Makam pertama adalah makam Makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak di Loang Baloq Lombok[/caption]. Beliau ini adalah salah seorang penyiar agama Islam di tanah Lombok. Menurut babad yang tertulis — ditulis ulang pada sehelai kain vinyl di jalur masuk– ulama besar bernama asli Sayyid Tobri ini pada tahun 1866 telah datang ke Palembang. Selanjutnya ulama besar dari Jazirah Arab ini melakukan perjalanan dan mendarat di pesisir Ampenan kota Mataram. Di sini, beliau mulai menyampaikan petuah-petuah dari ajaran kebenaran Islam, sehingga dipercaya oleh masyarakat Lombok. Di komplek ini juga terdapat makam Datuk Laut dan Anak Yatim yang sering dikunjungi peziarah untuk mendoakan semoga arwah beliau diterima di sisiNya.

Makam Loang Baloq Lombok

Bagian Dalam Makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak di Loang Baloq Lombok

Makam Loang Baloq Lombok

Bagian Dalam Makam Datuk Laut di Loang Baloq Lombok

Makam Loang Baloq Lombok

Makam Anak Yatim di Loang Baloq Lombok

Komplek pemakaman yang berhadapan langsung dengan taman air Loang Baloq ini ramai pada saat musim ziarah. Utamanya yaitu sebelum dan sesudah bulan Ramadan. Seminggu setelah hari raya Idulfitri, jumlah kunjungan masyarakat meningkat drastis. Maklum, pada saat ini diselenggarakan event Lebaran Topat oleh Pemerintah Kota Mataram. Dan, makam Loang Baloq adalah pusat event tahunan ini. Pada saat lebaran topat, dilakukan doa bersama untuk keselamatan, biasanya dipimpin Walikota. Dilanjutkan dengan makan ketupat bersama-sama dan acara ngurisang (mencukur rambut bayi).

Sedangkan pada hari-hari biasa, kunjungan masih relatif sepi. Ada yang hanya sekadar melepas penat di berugaq (gazebo) yang disediakan. Pun beberapa pengunjung yang datang masing-masing membawa doa dan harapan. Selain berdoa, beberapa di antaranya juga melakukan ritual nazar sekaligus berdoa agar mendapatkan jodoh dengan mengikat akar pohon.

Makam Loang Baloq Lombok

Salah Satu Berugaq (Gazebo) di Loang Baloq Lombok

Makam Loang Baloq Lombok

Prasarana Pendukung di Makam Loang Baloq Lombok

Nah! Tertarik untuk segera menemukan jodoh? Loang Baloq (mungkin) adalah jawaban.:)

Ayo ke Mataram dan temukan jodohmu sekarang!

(Visited 857 times, 1 visits today)


About

Seorang pencinta formula fisika, gejala alam semesta, dan rangkaian aksara yang cinta mati dengan serpihan surga di bumi -- pulau Lombok.


'Jodoh Adalah Harapan, Loang Baloq Lombok (Mungkin) Adalah Jawaban' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool