Taman Narmada

Keasrian Taman Narmada yang Menyimpan Nilai Sejarah (Part 1)

Keasrian Taman Narmada yang Menyimpan Nilai Sejarah (Part 1)
5 (100%) 1 vote

Ayo ke Lombok!

Hello traveler nusantara, ada satu tempat wisata bersejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Taman Narmada. Taman yang terletak kurang lebih 10 kilometer dari kota Mataram, tepatnya di desa Lembuak, kecamatan Narmada, Lombok Barat ini memiliki pemandangan yang begitu asri. Taman Narmada merupakan miniatur dari Gunung Rinjani, sebagai tempat pemujaan dan peristirahatan Raja Lombok pada saat musim kemarau. Taman yang dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung  Karang Asem. Digunakan juga sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima pada tahun Caka (dalam Hindu).

Taman Narmada

koleksi pribadi @deehati

Namun sejak Belanda berkuasa, taman ini dibuka sebagai tempat rekreasi umum. Taman Narmada telah dijadikan Cagar Budaya sejak tahun 1992, berdasarkan UU no. 5 tahun 1992. Selain menyuguhkan keindahan dan keasrian taman yang sejuk, tempat ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Nama Narmada sendiri diambil dari kata Narmadanadi, anak sungai Gangga yang sangat suci di India. Menurut kepercayaan umat Hindu, air merupakan suatu unsur suci yang memberikan kehidupan terhadap makhluk di dunia ini.

Taman Narmada

koleksi pribadi @deehati

Taman Narmada

koleksi pribadi @deehati

Taman yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektar ini telah beberapa kali mengalami pemugaran. Kompleks Taman Narmada dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu Candi Bentar, Telaga Kembar, Halaman Jabalkap, Bale Loji, Merajan (Sanggah), Halaman Mukedas, Bale Loji, Bale Terang, Halaman Pesarean, Halaman Bencingah, Telaga Ageng, Kolam Renang, Telaga Pandawangi, Bale Petirtaan, Pura Kelasa dan Pura Lingsar. Secara umum taman Narmada memiliki fasilitas yang terdiri taman, kolam renang dan mata air yang berasal dari Gunung Rinjani. Mata air yang dipercaya oleh penduduk setempat memiliki khasiat sebagai air awet muda.

Taman Narmada

koleksi pribadi @deehati

Taman Narmada

koleksi pribadi @deehati

Untuk bisa menikmati keindahan taman, kolam dan bangunan bersejarah di dalamnya, kamu bisa membeli tiket masuk ke dalam Taman Narmada hanya dengan 6.000 rupiah/orang, nominal yang terbilang cukup murah. Sedangkan untuk masuk ke area kolam renang, kamu cukup merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah/ orang. Ada 2 kolam renang di area tersebut. Kolam renang untuk anak dan kolam renang untuk dewasa. Tidak hanya itu, kamu juga bisa unjuk keberanian di sini, ada wahana Flyingfox yang terlentang di atas telaga Ageng, tiket untuk menaiki wahana ini adalah 35.000/ orang. Area yang sangat asri dan sejuk ini sangat nyaman untuk kamu yang ingin menenangkan diri. Di dalam area kolam renang juga terdapat stand makanan yang menjual sate bulayak.

Taman Narmada

koleksi pribadi @deehati

Taman Narmada

koleksi pribadi @deehati

Taman Narmada

koleksi pribadi @deehati

Nah, untuk ulasan bagian-bagian yang terdapat di kompleks  Taman Narmada, kamu bisa menantikannya minggu depan. Tapi bagi kamu traveler yang sudah penasaran, buruan datang ke Lombok dan berkunjung langsung ke Taman Narmada.

(Visited 577 times, 1 visits today)


About

Simply Complicated


'Keasrian Taman Narmada yang Menyimpan Nilai Sejarah (Part 1)' have 2 comments

  1. May 28, 2015 @ 12:28 pm depz

    menarik dan informatif 🙂

    Reply

    • June 1, 2015 @ 1:02 pm deehati

      piknik asik di sini keknya seru tuh.. hayuuuukk rame2 ke sini.. 😀

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool