Wisata edukasi kebun sains

Kebun Sains Lombok: Wisata Edukasi di Alam Bebas, Seru!

Vote Us

Traveling is your very personal way to explore, to connect with what’s around you. Dengan definisi tersebut maka traveling tidak lagi dibatasi dengan kunjungan-kunjungan ke touristy spots, enjoying beaches, gili hopping, etc..etc..Mengunjungi tempat-tempat yang jauh dari radar sosial media, wisata kampung atau wisata edukasi juga bisa jadi pilihan menarik. The point is: setiap orang bisa membuat keseruan traveling versi masing-masing.

Ada kolam di pantai? Di Lombok mah apa aja ada! Baca: Tujuh Kolam Pantai di Lombok

Terlebih jika kita baru mengunjungi suatu daerah, maka bisa dikatakan almost every corner is a brand new spot to explore. Di pulau Lombok, hampir semua titiknya indah untuk dikunjungi. Dari kota ke desa, pantai ke gunung, bukit dan air terjun. Setelah puas berkeliling biasanya beberapa pelancong akan memilih untuk rehat sejenak menikmati suasana kampung, melihat lebih dekat aktifitas masyarakat setempat. Seperti wisata desa yang ditawarkan di kampung Mas-Mas. Ada juga traveler yang memilih wisata edukasi, kegiatan volunteer, mengunjungi sekolah, komunitas, dan mendapat pengalaman baru dengan berbagi inspirasi.

Front view wisata edukasi kebun sains

Front view

Nah! Kalau Ezytravelers adalah tipe ke-2 tadi, this place will fit your interest: Kebun Sains! Kebun Sains berada di desa Dasan Geria, kecamatan Lingsar. Cukup 15-20 menit berkendara dari pusat kota. Patokannya adalah Mataram Art Zone di Sayang-Sayang, Rembiga. Terus lurus sampai simpang empat pasar Sayang-Sayang, belok ke arah kiri. Dari sini, Ezytraveler masih akan menemukan satu simpang empat lagi, belok kanan lurus terus sampai di lokasi.

Wisata edukasi Kebun Sains dirancang bagi para pelajar tingkat Sekolah Dasar  sebagai lokasi outing class dengan tema sains dan alam. Kebun Sains berasa dalam satu kompleks dengan Madrasah Alam Sayang Ibu (MSI).

Uji ketangkasan di wisata edukasi kebun sains

Uji ketangkasan

Anak-anak belajar di wisata edukasi kebun sains

Kelas menanam dan pengenalan tumbuhan

Masa iya, liburan kok belajar sains?

Loh, siapa bilang belajar sains membosankan? Apalagi kalau belajarnya di Kebun Sains. Hehehe..

Sebelum berkunjung biasanya para pelajar PAUD/TK/SD akan request tema sehingga kakak-kakak di Kebun Sains dapat menyiapkan zona sesuai target pembelajaran. Umumnya tema-tema yang dipilih berkaitan dengan keanekaragaman hewan, tumbuhan, ekosistem, feeding fish & fishing untuk Anak PAUD/TK, bercocok tanam, membuat kompos, game sains, dan aneka eksperimen fisika maupun kimia yang menarik untuk anak-anak. Camping pun oke! Dengan luas area 1,4 hektar, Kebun Sains cocok untuk berbagai aktifitas outdoor. You are challenged to explore the place!

Germain rakit di wisata edukasi

Wet area: bermain rakit

Perahu ban di wisata edukasi

Perahu ban

Yang jelas, tanpa disadari, saat berkunjung ke Kebun Sains, anak-anak mengenal berbagai konsep dalam ilmu sains dengan cara yang sederhana melalu berbagi interaksi dan permainan.

Zona permainan traditional di wisata edukasi

Bakiak time!

Tenang saja, bagi pengunjung umum, ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor di Kebun Sains! Semakin dekat dengan alam tanpa menghilangkan nuansa liburan.

Lokasi wisata edukasi Kebun Sains sedikit masuk ke area perkampungan, namun akses kemana-mana terbilang sangat mudah. Desain area dibagi sesuai dengan zonasi pemanfaatannya. Ada zona tanaman herbal dan jamu-jamuan. Disini, pengunjung bisa mencicipi langsung jamu sehat yang bahan-bahannya diracik langsung dari kebun sendiri.

Di pinggiran tembok pembatas sengaja ditanami berbagai umbi-umbian lokal mulai dari singkong, lomak, uwi, gembili, dan lainnya. Tak jarang, jenis umbi-umbian lokal ini disuguhkan sebagai cemilan.

Kolam di wisata edukasi kebun sains

Kolam replika Taman Narmada

Next, ada rumah kompos Takakura. Setiap hari sampah organik dari dapur Madrasah akan disetor kesini. Suhu dan kelembabannya dipantau setiap hari oleh peserta didik. So, if you stop there, the students will explain you the process of making Takakura. Mulai dari persiapan bakteri sampai pemeliharaan harian. Kerennya, inisiatif ini bisa ditiru siapa saja, diadopsi ke masng-masing rumah tangga.

Dekat dengan rumah kompos ada area organik. Sayur-mayur, cabai, tomat ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia.

Area organik di wisata edukasi kebun sains

Area organik

Terus ke belakang kita akan melewati jembatan kayu dengan kolam di kiri kanan. Di pojok sebelah barat ada air terjun mini yang menambah asri suasana. Di area belakang Kebun Sains ada total 17 kolam ikan yang belum semuanya terisi. Ezytraveler bisa lho request untuk mancing di kolam-kolam besar yang tersedia. Kolam yang paling besar dibuat seperti replika taman Narmada.

Kolam berugaq di wisata edukasi kebun sains

Kolam berugaq

Oya, selain itu, di Kebun Sains ada banyak berugaq yang disediakan untuk leyeh-leyeh. Dari sini pengunjung bisa menikmati full view area belakang Kebun Sains sambil menikmati makan siang serba fresh? Maksudnya? Iya, Ezytraveler bisa memetik sendiri sayur-sayuran yang tersedia: sayur kangkung, daun turi, terung, kelor, dan aneka sayur lainnya. Ikannya langsung dari kolam, tinggal pilih mau yang goreng atau bakar. Minumnya kelapa muda. Tadaaa..selamat menikmati lunch! Tapi, untuk yang satu ini, harus request dulu ya! Hehehe 😀

Salah satu pojok wisata edukasi kebun sains

Peace

Belum puas foto-foto dengan latar hijau? Tenang, di lokasi wisata edukasi Kebun Sains ada rumah panggung nan cantik yang bisa kamu manfaatkan untuk berfoto ala-ala etnik. Satu lagi, jika berkunjung di bulan-bulan ini, Ezytraveler bisa menikmati wisata buah di Kebun Sains. Rambutan, manggis, dan jambu, langsung dari pohonnya.

Rumah panggung di wisata edukasi kebun sains

Choose your favorite house!

If you come with purpose to volunteer, Ezytravelers akan mendapat kesempatan untuk berbagi inspirasi kepada peserta didik MSI. Share your experiences, your knowledge to expand their horizon. Jika ada wisatawan asing yang datang berkunjung (they come quite often!) maka sebagai tambahannya mereka akan mendapat penjelasan tentang konsep pendidikan Madrasah yang berbasis Islam namun menekankan pada tradisi riset.
Akhirnya, jika ingin rehat sejenak, Ezytravelers bisa memanfaatkan rumah panggung yang didesain sangat nyaman dengan in-bathroom.

Penasaran? Langsung aja bikin plan liburan kamu ke Lombok.

“Intip tiket pesawat, promo
hotel dan paket tour yang tepat untuk liburan Ezytravelers di SINI” Tiket Pesawat ke Lombok, Indonesia Holidays Package, dan Hotel di
Lombok
(Visited 764 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Kebun Sains Lombok: Wisata Edukasi di Alam Bebas, Seru!' have 1 comment

  1. February 6, 2017 @ 6:33 pm Jamaludin

    Keindahan itu menginspirasi. Seperti tulisan manis ini…. menginspirasi untuk bangkit kembali…:)

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool