Pantai Kecinan

Kecinan, Bukan Sekedar Pantai Persinggahan di Lombok

Kecinan, Bukan Sekedar Pantai Persinggahan di Lombok
5 (100%) 1 vote

Mendengar kata Kecinan sesaat pasti semua mengira itu Pecinan, sebuah wilayah kota yang mayoritas penghuninya adalah orang Tionghoa (Kampung Cina). Pecinan banyak terdapat di kota-kota besar di berbagai negara di mana orang Tionghoa merantau dan kemudian menetap seperti di Amerika Serikat,  Kanada dan negara-negara Asia Tenggara. Tapi Kecinan yang satu ini bukanlah nama sebuah Kampung Cina di Lombok, melainkan nama sebuah pantai.

Iya, Kecinan adalah nama sebuah pantai atau lebih tepatnya sebuah teluk di sebelah utara Pantai Senggigi Kabupaten Lombok Barat (+- 30 menit) dan lokasinya sejalur dengan Pantai Nipah, Teluk Nare, dan Pelabuhan Bangsal di Kabupaten Lombok Utara. Kecinan menjadi pelabuhan alternatif bagi wisatawan yang memiliki paket wisata ke Lombok khususnya yang ingin mengunjungi tiga gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Biaya penyeberangan menggunakan speedboat sewaan dari Kecinan ini lumayan merogoh kocek, sekitar Rp. 350.000,- untuk 5 orang penumpang sekali jalan. Letaknya yang dekat dengan Gili Trawangan membuat Kecinan mulai ramai dijadikan jalur penyeberangan khusus speedboat carteran. Waktu tempuh Kecinan – Gili Trawangan sekitar 15 menit saja, lebih cepat 20 menit daripada Pelabuhan Bangsal di Desa Pemenang. Biasanya wisatawan yang sudah memesan hotel di Gili Trawangan yang menyeberang melalui Pantai Kecinan ini dengan sistem antar jemput. Dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Pantai/Pelabuhan Kecinan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

Speedboat Kecinan

Bagi wisatawan yang tidak menyeberang ke tiga gili dapat menikmati keindahan Pantai Kecinan dengan panorama indah seperti hamparan pasir putih, deretan pohon kelapa yang dikelilingi perbukitan hijau, kapal-kapal nelayan yang bersandar di sepanjang garis pantai, dan yang paling spektakuler adalah penampakan tiga gili di seberang lautan. Banyaknya perahu nelayan yang mengapung di tengah laut untuk kegiatan para pemancing juga menjadi pemandangan unik tersendiri.

View Tiga Gili dari Kecinan

Berwisata di hari libur bersama keluarga di alam terbuka seperti Pantai Kecinan ini diyakini dapat menghilangkan kepenatan tubuh maupun pikiran setelah seminggu menjalani rutinitas pekerjaan. Bermain air dan pasir, berenang, snorkeling, foto-foto, maupun keliling pantai adalah berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini. Beningnya air laut di Pantai Kecinan membuatnya menjadi salah satu spot snorkeling yang sering dikunjungi oleh para penggila hobi ini. Keindahan biota bawah lautnya juga menawarkan sensasi berbeda. Terumbu karang dan aneka ikan kecil berwarna warni dapat dijumpai pada saat menyelam dengan tingkat kedalaman sedang.

TIKET KE LOMBOK

Beningnya Laut Kecinan

Keindahan Pantai Kecinan

Sayangnya di Pantai Kecinan yang indah dengan teluk alaminya ini tidak ada pedagang yang berjualan, jadi disarankan bawa makanan sendiri dari rumah bila tidak mau kelaparan. Alat snorkeling bisa disewa, tapi sebaiknya bawa alat sendiri. Oh ya di pantai ini belum dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai. Hanya ada kamar mandi sekaligus kamar ganti pakaian tanpa atap alias terbuka. Sangat sederhana bahkan bisa dikatagorikan ruangan darurat. Semoga dengan semakin ramainya pengunjung dapat menyadarkan pemerintah untuk melengkapi sarana prasarana bagi pengunjung Pantai Kecinan. Sampai saat tulisan ini ditulis belum ada biaya masuk maupun parkir kendaraan, semua masih alami. Hal itu mungkin disebabkan karena Pantai Kecinan hanyalah sebagai spot wisata baru untuk persinggahan saja bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Gili Trawangan. Tapi saya yakin ke depannya pantai ini akan menjadi primadona baru yang layak ditata dan dikunjungi.

Kalau tidak, kecinan deh saya… 🙂

(Visited 1,657 times, 1 visits today)


About

Admin @infolombok l Suka menggalau di akun @bli_arie yang hobi ke sana ke mari ke mana-mana dan sangat mencintai makanan (tanpa sayur)!


'Kecinan, Bukan Sekedar Pantai Persinggahan di Lombok' have 1 comment

  1. May 7, 2015 @ 6:39 pm Billion Eng

    Tell me more about Lombok, I would like to lead my freinds to Lombok. Esp Chinese food.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool