kota-tua-ampenan

Kuliner Lombok: Nyobain Kelezatan Nasi Kuning Kota Tua Ampenan

Kuliner Lombok: Nyobain Kelezatan Nasi Kuning Kota Tua Ampenan
Vote Us

Ampenan, kota tua yang ada di Lombok ini selalu punya pesona. Selain punya pesona sejarahnya, pesona keindahan pemandangan terutama sunset-nya, pesona keragaman etnis dan budaya, Ampenan juga punya pesona lain yaitu kulinernya. Banyak yang bisa diicip-icip di kota tua Ampenan, terutama dan yang paling utama bagi kalian para pemburu kuliner di Lombok. Kuliner apa aja yang ada? Di Ampenan, kalian bisa nyobain nasi sukaraja yang cukup tenar seantero Lombok, ada juga ragam seafood yang bisa dinikmati sembari menonton senja di pelabuhan tua Ampenan.

kota tua ampenan

Selain ragam kuliner khas kota tua Ampenan yang saya sebutkan tadi, ada lagi nih kuliner yang layak buat dicoba yaitu nasi kuning kampung melayu Ampenan. Nasi kuning kampung melayu Ampenan ini juga cukup terkenal. Seperti namanya, nasi kuning ini bisa kalian temukan di salah satu kampung di seputaran kota tua Ampenan yaitu kampung melayu. Ampenan yang dulunya merupakan pelabuhan paling ramai di NTB yang dikembangkan oleh Belanda ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Pecinan tempat bermukimnya etnis Tionghoa, Kampung Arab tempat bermukim etnis Arab, Kampung Bugis dan Kampung Melayu.

Nah kali ini ezytravelers akan saya ajak buat main ke kampung melayu untuk nyobain nasi kuning. Nasi kuning sebenernya gampang ya bisa ditemui dimana-mana. Terus biar kenapa saya ngajakin kalian nyobain nasi kuning ini? Yha… barangkali aja ada dari ezytravelers yang memang suka banget banget banget kulineran terutama nasi kuning, nah sayang kan kalau melewatkan kesempatan nyobain kaya apa nasi kuning yang ada di Lombok? Mumpung ezytravelers lagi di Lombok, dan mumpung lagi berkunjung ke kota tua Ampenan kenapa nggak mampir nyobain nasi kuning ala kota Tua Ampenan?

Dah ah banyak intro ni si eka yah? Pfffttt…

Kapan diajak nyobain nasi kuningnya?

kota tua ampenan

Iyak! Jadi…di suatu pagi yang cerah ceria saya sengaja nyari sarapan ke kota tua Ampenan dan langsung meluncur ke sebuah gang kecil yang berada tepat di dekat pasar Ampenan. Sampai di lokasi yang dicari-cari, saya memarkir motor tidak jauh dari gang kampung melayu, yaitu di depan sebuah warung makan yang menjual nasi kuning yang sedari tadi saya bahas itu. Langsung masuk dan pesan satu porsi nasi kuning.

kota tua ampenan

Tanpa lama menunggu, pesanan saya datang dan ini dia penampakan nasi kuning ala kampung melayu Ampenan, Lombok! Tidak jauh bebeda dari nasi kuning pada umumnya, nasi kuning kampung melayu Ampenan ini disajikan dengan beragam lauk pauk. Satu piring nasi kuning yang ada di hadapan saya ini tampak begitu menggoda dengan baunya yang cukup menggugah nafsu makan. Ada telur dadar, telur opor, tempe goreng pedas manis, serundeng, abon, ayam suwir, sambel dan potongan mentimun tersaji diatas nasi kuning yang masih hangat di depan saya.

kota tua ampenan

nasi kuning

Pada sendokan pertama, harum khas nasi kuning tercium. Rasanya pun begitu gurih. Rempah nasi kuningnya terasa. Berbeda dari beberapa nasi kuning yang pernah saya coba. Selama ini tiap saya makan nasi kuning, yang ada cuma warna kuningnya doang tanpa ada rasa khas nasi kuning yang memang dimasak bersamaan dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Nggak perlu waktu lama untuk menghabiskan satu piring nasi kuning ini. Porsi yang pas untuk perut kecil saya. Untuk satu porsi nasi kuning ini, kalian cuma perlu ngeluaruin duit 10 ribu rupiah, murah meriah! Harganya bisa aja berubah sesuai dengan lauk tambahan yang bisa kalian pilih sesuka hati. Nggak kaya jodoh yang (sayangnya) nggak bisa kita pilih sesuka hati, jodoh mah sesuai takdir, gitu katanya.

Kaaa, ngapain curcol?

Skip laaaah~

kota tua ampenan

pelabuhan

Balik ke topik kita, nasi kuning kota tua! Warung nasi kuning ini buka mulai dari jam 6 pagi sampai jam 8 malam. Buat ezytravelers yang lagi main-main ke kota tua Ampenan bisa mampir pada jam-jam tersebut. Semisal kalau kalian mampirnya pagi pas lagi jam-jamnya sarapan, ada bonusnya! Kalian bisa sekalian main jalan-jalan ke kota tua Ampenan lihat bangunan tua sisa-sia jaman dahulu yang masih kokoh beridiri. Kalian juga bisa mampir ke pantainya yang kalau saat pagi hingga siang hari terlihat mengharu biru. Worth capturing! Bonus yang berbeda, bisa kalian dapat saat sore hari, ada senja cantik di pantai Ampenan, yang tentu saja lokasinya sangat dekat dengan tempat beli nasi kuning ini.

kota tua ampenan

senja

Dah ah segitu aja ceritanya, semoga bermanfaat buat ezytravelers. We meet again soon in another chance, another article yaaaa~

(Visited 306 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Kuliner Lombok: Nyobain Kelezatan Nasi Kuning Kota Tua Ampenan' have 2 comments

  1. February 23, 2017 @ 2:41 am Rubin

    Hallo Mbak Eka.
    Saya Tiba di Lombok Tgl 30 April .. Siapa tahu Kita bisa menikmati nasi kuning di Kota Ampena.
    Sambil Melihat Kota tua Ampena.

    Reply

    • March 8, 2017 @ 9:09 am Eka Fitriani

      hallo! salam kenal. Waaah assik mau ditraktir nih :p

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool