Kelezatan Soto Sasak Lombok Gak Bikin Kapok

Kelezatan Soto Sasak Lombok Gak Bikin Kapok
5 (100%) 1 vote

Berlibur ke Lombok memang identik dengan berwisata ke pantai-pantai indahnya. Tetapi selain keindahan alamnya, Lombok juga menawarkan kelezatan kuliner khasnya. Wisatawan mungkin hanya tahu kelezatan Ayam Taliwang sebagai kuliner yang wajib dicicipi jika berlibur di Lombok. Padahal masih banyak pilihan kuliner khas Lombok lainnya yang patut dirasakan kelezatannya. Mau mencicipi kuliner khas Lombok lainnya yang anti mainstream? Mari cicipi Soto Sasak Lombok!

Soto Sasak

Warung Soto Ayam Sasak – Pak Bah Ampenan

Ternyata Lombok juga memiliki kuliner khas berupa soto yang sedikit berbeda dengan soto pada umumnya. Apa keistimewaannya? Soto Ayam Sasak khas Lombok atau biasa disebut Soto Sasak berisi ketupat, mie kuning buatan sendiri, telur utuh, kecambah, kacang dan daging ayam kampung yang disuwir-suwir. Kaldu disiapkan secara matang sehingga menjadi kental dan tidak bening karena diolah dengan rempah-rempah khas Lombok menghasilkan rasa yang luar biasa.

Soto Sasak

Pak Bah sedang menyiapkan Soto Sasak

Hunting kuliner Soto Sasak di sekitaran Kota Mataram cukup banyak, tetapi yang terkenal dengan kelezatannya setahu saya ada 2 (dua) tempat. Kedua-duanya ada di daerah Ampenan. Jika menginap di salah satu hotel atau penginapan di sekitaran Cakranegara di pusat Kota Mataram, sangatlah mudah menemukan warung Soto Ayam Pak Bah maupun Warung Soto Sasak Pabean. Tanyakan saja pada warga sekitar di mana lokasi Soto Sasak di Ampenan. Rata-rata semua pasti tahu dan akan memberikan jawaban termasuk arah menuju lokasi warung.

Soto Sasak

Soto Sasak Pak Bah – Ampenan

Soto Sasak di warung Pak Bah berada di Jalan Industri No. 2A Taman Kapitan Ampenan dekat SMA Hang Tuah Ampenan atau di sebelah selatan SPBU Ampenan atau di sebelah timur Lapangan Malomba Ampenan. Pak Bah sudah berjualan Soto Sasak sejak tahun 1975 yang dimulai dari berjualan menggunakan gerobak dorong, berkembang menjadi warung sangat sederhana dan beberapa kali pindah lokasi sampai pada lokasi warung yang sekarang ini.

kota tua ampenan

Bangunan Kota Tua Ampenan

Satu lagi keberadaan warung Soto Sasak yang terkenal di Ampenan yaitu Warung Soto Sasak Pabean yang berada di emperan toko Jalan Pabean depan Klenteng sebelum gerbang masuk eks pelabuhan di Kota Tua Ampenan. Warung berusia puluhan tahun ini sangat ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin menikmati kelezatan Soto Sasak. Pesan saya, jangan sampai kehabisan karena menu yang satu ini sangat laris saking enaknya! Jam 11-12 pagi biasanya Warung Soto Sasak ini sudah tutup karena menunya sudah habis. Jadi standby dari pagi jika tidak ingin kehabisan.

Soto Sasak Pabean maupun Soto Sasak Pak Bah paket lengkap dibandrol seharga Rp. 17.500,-/porsi. Harga tersebut bisa berkurang tergantung selera kepada menu tambahannya seperti tidak pakai ketupat, telur dan kacang.

soto sasak ampenan

Soto Sasak Pabean – Eks Pelabuhan Ampenan

Biasanya menu Soto Sasak ini enak dinikmati sebagai menu sarapan. Kebanyakan penikmat kuliner soto ini adalah orang-orang kantoran yang mau berangkat, orang-orang yang habis olahraga pagi, dan jelas orang-orang yang kelaparan pagi-pagi 🙂

Sulit kapok jika sudah merasakan lezatnya Soto Sasak Lombok. Jadi jika rasa lapar mendesak, makanlah Soto Sasak!

Duh, menulis ulasan ini membuat saya jadi kelaparan dan pengin makan Soto Sasak lagi…

(Visited 3,007 times, 1 visits today)


About

Admin @infolombok l Suka menggalau di akun @bli_arie yang hobi ke sana ke mari ke mana-mana dan sangat mencintai makanan (tanpa sayur)!


'Kelezatan Soto Sasak Lombok Gak Bikin Kapok' have 2 comments

  1. May 20, 2015 @ 2:55 pm depz

    langsung laperrrrrrrr 😀

    Reply

  2. May 20, 2015 @ 3:09 pm si joni

    waaaah mantep banget ini om, sepertinya unik banget rasanya

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool