Kepincut Pesona Cantik Duo Air Terjun di Lombok Tengah

Kepincut Pesona Cantik Duo Air Terjun di Lombok Tengah
1 (20%) 2 votes

Sudah cukup lama sejak kali terakhir saya berwisata air terjun. Lombok nggak cuma punya banyak pantai, tapi juga pesona air terjun yang memikat. Kunjungan wisata air terjun terakhir saya adalah ke Sendang Gile di tahun 2013. Poor! Syukurnya ada kesempatan yang akhirnya memutus kekosongan selama tiga tahun tersebut.

Awal Mei lalu saya kedatangan tamu spesial dari Jogja—our extended family—dan tadaaaa saya menemani mereka untuk trip di akhir pekan. Setelah puas wisata pantai dan gili, mereka request wisata air terjun. Pilihan terdekat—mengingat usia rombongan tidak semuanya muda—jatuh pada duo air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu. Wait, saya pernah mengunjungi kedua air terjun ini. Dulu, dulu sekali, mungkin sekitar tahun 2006. 10 tahun berlalu, cukup banyak perubahan yang terlihat.

Pesona cantiknya duo air terjun di Lombok Tengah

Perjalanan kami dimulai dari Kota Mataram dengan menggunakan mini bus menuju desa Aik Berik, kecamatan Batukliang Utara, memakan waktu sekitar 90 menit (plus stop untuk beli jajanan, hehe). Jalan berkelok dengan view sawah, perkebunan, dan rumah warga menjadi pemandangan yang cukup mengusir rasa bosan.

Pernah terlibat di LSM lingkungan saya sedikit bercerita bahwa Batukliang Utara menjadi salah satu sentra pengembangan produk HKm (Hutan Kemasyarakatan) dengan unggulan berupa nangka dan pisang. Ternyata banyak juga warga yang menanam manggis di halaman rumahnya. Another good selling point in the future 🙂

Sampai di pintu masuk, kami langsung membeli tiket. Harga murah meriah, Rp. 3.000 untuk wisatawan lokal (Sasak Lombok), dan Rp. 10.000 untuk wisatawan luar daerah/asing. Pretty good deal. Karena kami membawa tamu dari luar daerah, maka pihak pengelola menyarankan untuk memakai jasa guide dengan fee Rp. 50.000, dibayarkan sepaket dengan tiket. Rombongan kami terbagi dua, sebagian menggunakan jasa ojek dan sebagian lain memilih berjalan kaki. Harga jasa ojek Rp. 40.000 (PP).

air terjun di lombok tengah

Perjalanan menuju duo air terjun dimulai! Get ready!

Perjalanan dimulai. Seingat saya jalan yang kami lewati dulu tak sebagus sekarang. Trek yang kami lalui kini tertata apik. Pemandangan hijau menyegarkan mata sepanjang perjalanan. Ditambah dengan ornamen bebatuan cantik yang katanya berasal dari sisa-sisa letusan Rinjani.

Air terjung benang stokel di lombok tengah

View cantik menuju spot pertama–Benang Stokel

Honest to be told, I love the guide! Guide yang menemani kami menjelaskan banyak hal, selain sejarah bebatuan, ia juga menunjuk satu spot yang sering dijadikan lokasi cliff jumping. “Tim MTMA juga pernah cliff jumping disini,” ujarnya. Kece bro! Ia juga bercerita bahwa semua guide telah mendapatkan training intensif terlebih dahulu sebelum terjun mengawal tamu.

spot cliff jumping di lombok tengah

spot cliff jumping

ketinggian air terjun di lombok tengah

Well, boleh dicoba. Ketinggian sekitar 3 meter

Kami hanya sebentar di Benang Stokel karena tujuan utamanya adalah Benang Kelambu. Cukup bermain air dan foto-foto. Lanjutkan perjalanan, bos!

Benang Stokel di lombok tengah

Benang Stokel, cuy!

And this even cooler! Jalur menuju benang kelambu pun apik tertata. Rombongan kembali melintasi kawasan hutan. Sejuk rasanya.

Jalur menuju Benang Kelambu lombok

Menuju Benang Kelambu

Semakin jauh berjalan kami melewati warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman ringan. Ups! Ternyata ada pangkalan ojek juga, in case di tengah jalan ada yang merasa tak sanggup lagi, hehehe. Don’t worry, it takes only 30 minutes dari Benang Stukel ke Benang Kelambu. It’s worth the walk, really!

Jasa ojek siap antar. Ditunggu sampai puas main air :)

Jasa ojek siap antar. Ditunggu sampai puas main air 🙂

Sambil mengatur nafas, guide kami memberitahu bahwa total anak tangga yang kami lewati menuju Benang Kelambu berjumlah 178. Kewl.

Can you see the stairs?

Can you see the stairs?

Sampai di lokasi, rombongan pejalan langsung menyusul rombongan yang telah lebih dulu sampai. Jumat pagi itu, Benang Kelambu padat pengunjung, wisatawan tumpah ruah menikmati sejuk air terjun setinggi 35 meter yang dikelilingi oleh nuansa hijau sejauh mata memandang.

Why Benang Kelambu? Seperti namanya, air terjun ini jika diperhatikan dari pusat jatuhnya akan membentuk pola berjajar layaknya tirai. Anggun dan memesona. Cerita lainnya (masih info dari guide), konon Benang Kelambu adalah tempat persembunyian Putri Mandalika setelah menceburkan diri ke laut. Bentuk yang seperti tirai dimaksudkan untuk menjaga Sang Putri saat mandi. Anyway, cerita versi ini baru saya dengar sekarang.

Benang Kelambu di lombok

Ini dia, spot utama kami. Benang Kelambu.

Airnya jatuh melewati sela-sela daun. Kece!

Airnya jatuh melewati sela-sela daun. Kece!

Tinggalkan sejenak keelokan Benang Kelambu. Saya yang saat itu memilih untuk tidak mandi berjalan-jalan ke air terjun mini yang letaknya berada di entry point Benang Kelambu. Air terjun ini mungkin masih merupakan satu kesatuan dari Benang Kelambu. Namun letaknya tersembunyi di balik pepohonan hijau.

Air terjun mini kelambu

Air terjun mini kelambu

Guess what?
Saya menyaksikan langsung ritual mandi selamatan. Beberapa orang warga membawa sesajen sederhana untuk dipersembahakan kepada “penghuni” air terjun. Kemudian air yang diambil dan sudah didoakan digunakan untuk membasuh bagian kepala dan muka. “Ini maksudnya supaya tetap sehat, panjang umur, dan kami lakukan setiap hari Jumat,” jawab inaq (ibu dalam bahasa sasak) yang saya tanyai. Satu lagi keunikan dari tempat ini.

Sesajen air terjun

Sesajen air terjun

Ritual selamatan. Unik ya!

Ritual selamatan. Unik ya!

Selain mandi, foto-foto—selfie atau groupie—adalah hal wajib yang jangan sampai terlewatkan.

Numpang selfie 😀

ada yang sedang shooting video klip Islami.

ada yang sedang shooting video klip Islami.

I think we look cute :)

I think we look cute 🙂

Banyak spot kece yang bisa banget bikin iri mereka yang nggak pernah ke tempat ini. Ditambah lagi ada “kolam tirai” (saya menyebutnya demikian) yang bisa jadi spot unik pengganti kolam renang, main air sampai puas.

Kolam tirai--menampung air yang jatuh dari atas

Kolam tirai–menampung air yang jatuh dari atas

Seperti bersembunyi di balik tirai

Seperti bersembunyi di balik tirai

Ada yang mengatakan “meski mengunjungi tempat yang sama setiap orang pasti kembali dengan pengalaman berbeda” so I dare you guys to visit these waterfalls. Tunggu apalagi, yuk ke Lombok!

(Visited 376 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Kepincut Pesona Cantik Duo Air Terjun di Lombok Tengah' have 1 comment

  1. May 20, 2016 @ 8:56 am BunSal

    Uwooo, catetan must visit spot jadi nambah dong deh.
    Dua spot ini cuma dilewatin mulu sepanjang Selong – Mataram PP.
    Setttillll El..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool