Kerujuk Menjojak: Satu Lagi, Desa Wisata di Lombok!

Vote Us

Ezytralers, Pernahkah kalian mendengar tentang konsep desa wisata?

Jadi gini, geliat wisata di Lombok belakangan semakin terasa. Buktinya diantaranya kunjungan wisatawan yang kabarnya terus meningkat, hotel-hotel yang almost always full-booked (apalagi saat peak season!). Belum lagi banyaknya event nasional dan internasional yang digelar di Lombok, plus promosi online yang gencar dilakukan. Well, bisa dikatakan Lombok sedang naik daun, guys!

Meski masih banyak kekurangan di sana-sini, saya termasuk yang optimis, bahwa pelan-pelan wisata Lombok, dan NTB pada umumnya akan bergerak terus ke arah yang lebih baik. Above all, Sumber Daya Manusia adalah hal vital yang harus jadi prioritas. Makin kesini, saya makin percaya bahwa SDM yang “sadar wisata” bisa dibentuk dan dibina. Masyarakat mulai menyadari akan kayanya Lombok, dan wisata adalah salah satu jalan untuk mengenalkan Lombok di kancah nasional bahkan internasional.

Baca di Sini Untuk Tau Tentang Masjid Kuno Gunung Pujut Lombok Tengah

Salah satu inisiatif sadar wisata tersebut lahir dalam bentuk wisata berbasis desa, eco village, desa wisata, and so on what you call it in different names. Kalau di posting sebelumnya saya pernah menulis tentang desa Mas-Mas di Lombok Tengah, sekarang ada satu lagi alternatif spot liburan berbasis desa, di kabupaten Lombok Utara, namanya desa Kerujuk.

Main gate desa Kerujuk

Main gate desa Kerujuk

Follow the sign!

Follow the sign!

Dusun Kerujuk berada di desa Pemenang Barat, kecamatan Pemenang Lombok Utara. So as you know it, kecamatan Pemenang terhitung cukup dekat dari kota Mataram, karena cukup melintasi pusuk pass, dan tadaaaa..sampai deh di Pemenang. Hehe.. Lokasi dusun ini memang mengecoh, karena dari jalan raya, tak tampak ada perkampungan. Namun begitu mulai menjelajah masuk sampai ke dalam, kita baru tahu bahwa tata ruang dusun ini memang meluas ke dalam. Perbukitan yang mengelilingi dusun ini menambah asri suasana.

Desainnya kece!

Desainnya kece!

Bagi kami yang suku Sasak, nama dusun ini pasti akan terekam langsung di kepala. Kerujuk dalam bahasa Sasak artinya kepiting. Namanya unik kan? Konon, nama kerujuk muncul dari banyaknya kerujuk yang dulu menghuni daerah pinggiran sungai dusun ini, bahkan hingga ke pemukiman warga yang rumahnya memang berdekatan dengan sungai. Versi lainnya mengatakan “kerujuk” asal katanya adalah bahasa Arab yang artinya pulang. Sejauh apapun merantau pasti akan selalu pulang ke kampung halaman.

Well, so now what’s special about Kerujuk?

Yang pertama dan utama, tentu potensi desa. Lepas dari penataan dan fasilitas yang kini sedang dan masih akan terus diperkaya, Kerujuk punya potensi alam pegunungan yang oke. Letaknya dekat dengan kawasan hutan dengan sungai yang mengalir jernih. Poin plus-plus yang menjadikan Kerujuk layak jadi desa wisata.

Suasana hutan di desa Kerujuk

Suasana hutan di desa Kerujuk

Sungai mengalir jernih di desa Kerujuk

Sungai mengalir jernih di desa Kerujuk

Kerujuk juga punya potensi perkebunan. Iya, disini kita mudah menjumpai buah-buahan seperti durian, manggis, rambutan, mangga, yang semuanya bisa disuguhkan kepada wisatawan. Tentunya sesuai musim ya! Selain itu, disini juga banyak dijumpai pohon aren, dimana warga juga menjadikan pembuatan gula aren sebagai salah satu mata pencaharian mereka. Potensi ini makin lengkap dengan adanya area persawahan yang luas dan subur. It’s green everywhere…

bermain-di-desa-wisata-lombok

Serunya bermain di desa Kerujuk

Serunya bermain di desa Kerujuk

Sementara ini, paket wisata yang ditawarkan desa wisata Kerujuk adalah paket wisata bermain. Paket inilah yang disebut Kerujuk Menjojak (menjojak: bermain dalam bahasa Sasak). Wahana permainan outbond sederhana memang sengaja disiapkan di tempat ini. Plus berbagai permainan tradisional yang bikin kita pengen balik ke masa kecil dulu. Sebut saja permainan egrang, balap karung, pukul kendi, sorong ban, dan aneka permainan sejenis lainnya.

Cocok untuk outbond

Cocok untuk outbond dan melatih kekompakan tim

Penataan main spot desa wisata Kerujuk sengaja didesain se-alami mungkin. Bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alam seperti bambu dan kayu. Di awal masuk kita disuguhi jembatan bambu yang kece buat spot foto. Beberapa bangunan dengan desain unik juga tengah dipersiapkan. Salah satunya adalah PAUD untuk belajar dan bermain anak-anak. Desa Kerujuk juga tengah dipersiapkan menjadi zero waste area, mandiri dalam pengelolaan sampah, baik melalui daur ulang sampah maupun inisiatif hijau lainnya. Targetnya tentu bukan hanya menjadi lokasi wisata biasa, namun lebih kepada ekowisata. This seems like a great idea! Kombinasi kampung dengan dengan potensi ekologi dan sumber daya manusia yang terus bergerak maju.

Desain bangunan berbahan kayu dan bambu

Desain bangunan berbahan kayu dan bambu

Kedepannya, akan ada beberapa paket wisata yang disediakan di dusun Kerujuk. Ada paket trekking menyusuri hutan dan sungai menuju air terjun. Outbond training dengan fasilitas lengkap, high rope atau low rope. Tak lupa juga river tubing, menggunakan ban atau pelepah pisang, plus bermain rakit mengikuti aliran sungai. Can’t wait to see it! 

What about food? 

No worries, fellas. Makanan ala kampung sudah disediakan dan include dalam paket wisata yang ditawarkan. Ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena bisa menikmati fresh meal langsung dari dapur warga. Hehe..

Seru basah-basahan!

Seru basah-basahan!

Bisa nyanye main ginian juga!

Bisa nyanye main ginian juga!

Sekarang saja, keasrian dan suasana kampung di dusun Kerujuk sudah mampu menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Bagaimana kalau semuanya ready yaa? Ceritanya pasti bakal lebih seru dari sekarang! Pssst! Kerennya desa wisata Kerujuk ini tak lepas dari kerja kolaborasi pemerintah Kabupaten Lombok Utara dengan masyarakat Kerujuk. Keren kan!

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel di Mataram , tour murah, dan tiket pesawat ke Lombok
Permainan di desa wisata kerujuk

Serunya euy!

So? Pilihan wisata di Lombok makin bergam lho, Ezytravelers. Yuk, persiapkan liburan seru kalian di Lombok! 🙂

*all pictures are taken from Facebook owned by Mbak Almira, salah satu inisiator desa ekowisata Kerujuk. 

(Visited 1,229 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Kerujuk Menjojak: Satu Lagi, Desa Wisata di Lombok!' have 1 comment

  1. November 13, 2016 @ 7:08 pm Ahmad Kardi Al-Bayani

    Artikelnya bagus. Bahasanya kekinian dan pas buat anak muda yg suka traveling.
    Saya kasi saran perlu juga dijelaskan apa arti menjojak dlm judul artikel. Kejelasan kerujuk alakah masih ada sekarang atau tidak.
    Mantap. Go a head KLU
    #Menjojak Bareng Kanca Kerujuk#

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool