Keunikan Desa Bayan Lombok Utara Menyita Perhatian Wisatawan

Keunikan Desa Bayan Lombok Utara Menyita Perhatian Wisatawan
5 (100%) 1 vote

“ Yang unik pasti menarik”

Penggalan kalimat di atas mengawali tulisan berikut yang membahas tentang Desa Bayan.

Desa Bayan Lombok

Desa Bayan_ Sebuh desa yang terletak di bagian Lombok Utara. Desa ini terkenal karena keunikan yang dimilikinya. Kunikan yang dimaksud adalah terkait dengan kearifan lokal yang dijalani oleh masyrakat setempat. Dimana hal tersebut merupakan kebijakan yang berasal dari turunan generasi terdahulu dan masih berlaku sampai sekarang. Kehidupan masyarakat setempat diwarnai dengan kepatuhan terhadap aturan-aturan yang sifatnya bernilai baik untuk kehidupan bermasyarakat.

Kebertahanan masyarakat dalam menjalani kehidupan dibawah aturan yang telah disepakati tidaklah mudah, mereka harus melewati bentangan sejarah peradaban dari tahun ketahun penuh dengan tantaangan yang harus mereka lewati, mengingat hantaman budaya yang berkembang dengan arus yang sangat kuat, tetapi dengan membangun sikap fanatisme, terbukti bahwa mereka bisa melestarikan adat istiadat yang sudah tercipta. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa para wisatawan tertarik untuk datang mengunjungi Desa Bayan. Selain memiliki aset wisata budaya Desa Bayan juga terkenal dengan bangunan bersejarah berupa Masjid Bayan Beleq dan rumah tradisional yang berlokasi di salah satu gubuk yang terkenal dengan nama Gubuk Karang Bajo.

Masjid Bayan Beleq
Masjid Bayan Beleq

Masjid Bayan Belek adalah salah satu masjid tertua di Lombok. Masjid Bayan merupakan peninggalan sejarah yang sarat budaya, sejarah, dan makna filosofis. Banyak hal yang bisa dipelajari dari sejarah proses pendirian masjid pada waktu dulu. Salah satunya adalah tentang sejarah keberadaan Masjid Bayan Belek di Desa Bayan. Dari informasi sejarah yang didapatkan, Masjid Bayan Belek memegang peranan penting dalam sejarah masukknya Islam di Lombok pertama kali.

Masjid ini tidak hanya dikunjungi wisatawan muslim tetapi juga banyak dari mereka yang non muslim mempunyai ketertarikan untuk mengetahui sejarah masjid ini. Terkait dengan bangunannya, masjid ini tidaklah seistimewa bangunan masjid-masjid sekarang. Bentuknya yang sederhana dan bahan bangunannya yang terbuat dari bambu dan beratapkan dedaun kelapa membuat sebagian orang tidak percaya, masjid tersebut bisa bertahan samapai sekarang.

Tetapi menurut warga setempat renovasi masjid tetap dilakukan dengan syarat bahan bangunan tidak boleh diganti dengan bahan jenis lain, misalnya menggati pagar dengan bata, atau mengganti atap dengan memasang genteng. Selanjutnya konstruksi bangunannya pun tidak sesederhana yang terlihat, bentuk masjid ini secara filosofi memiliki makna tersendiri.

Gubuk Karang Bajo
Gubuk Karang Bajo

Gubuk Karang Bajo adalah sebuah gubuk yang kehidupan masyarakatnya masih sangat tradisional. Pola ketradsionalan ini bukan semata-mata mereka tidak mengikuti modernisasi kehidupan tetapi ini adalah cara mereka memegang teguh adat yang berlaku. Bila anda ingin mengetahui kondisi dan informasi lebih jauh tentang bagaimana kehidupan masyarakat Gubuk Karang Bajo, mau tidak mau anda harus menyempatkan diri untuk masuk ke wilayah tersebut. Memasuki kawasan Gubuk Karang Bajo tidaklah sama halnya ketika anda memasuki perkampungan biasa, gubuk tersebut memiliki aturan tersendiri. Adapun tahapan yang harus dilalui berdasakan pengalaman yang pernah didapatkan ketika berkunjung ke Gubuk Karang Bajo adalah sebagai berikut :

Pertama tama, pengunjung terlebih dahulu melapor kedatangan dan tujuannya kepada tokoh yang bertugas menerima kunjungan. Selanjutnya sebelum berkeliling gubuk, pengunjung akan diberikan pengarahan tentang sekilas info mengenai Gubuk Karang Bajo dan pengunjung akan mendapat penjelaskan tentang tata letak bangunan perumahan disertai aturan yang berlaku.

Gubuk Karang Bajo

Setelah mendapat pengarahan pengunjung diperbolehkan untuk jalan-jalan melihat perumahan tradisinal dan sesekali bertanya tentang adat istiadat yang berlaku. Ketika pengunjung berkeliling, maka mereka bisa melihat perumahan masyarakat Gubuk Karang Bajo yang masih sangat tradisional, pemisah anatara bangunan yang satu dengan yang lain adalah pagar yang terbuat dari bambu dan memiliki nama tersendiri. Rumah rumah ini ditempati oleh tokoh pranata adat setempat.

Gubuk Karang Bajo

Gubuk Karang Bajo

Selain dapat melihat rumah – rumah tradsional Gubuk Karang Bajo, pengunjung juga bisa melihat alat- alat peninggalan zaman dahulu. Pada waktu itu kami melihat lesung menyerupai perahu kayu yang konon orang-orang dahulu memakainya sebagai alat untuk menumbuk padi ramai-ramai. Dan hal lain yan kami lihat adalah sebuah batu penggilingan yang masih tersusun rapi.

Gubuk Karang Bajo

Ingin berkunjung ke desa Bayan? Agar sampai ditujuan anda bisa memilih naik motor atau mobil. Jarak tempuh bila rute perjalanan dari Mataram ke Bayan maka anda diperkirakan bakal menempuh 3-4 jam perjalanan. Ada dua pilihan jalur menuju Bayan, melewati Sengigi atau Pusuk. Jangan khawatir bila anda melewati senggigi maka sepanjang jalan anda sekaligus bisa menikmati suasana pantai, tetapi bila anda melewati pusuk juga tambah seru, anda bisa menikmati pemandangan hutan.

Yuk seru seruan buat rencana liburan “ berkunjung ke Desa Bayan”

(Visited 376 times, 1 visits today)


About


'Keunikan Desa Bayan Lombok Utara Menyita Perhatian Wisatawan' have 2 comments

  1. June 28, 2015 @ 7:29 am eliyan

    kapan kesini lagi sist? saya ga pernah masuk ke Karang Bajo…heuuu

    Reply

    • June 28, 2015 @ 7:36 pm hurmayani

      Ayoo aj sista, seruuu..sy ksana wkt excursion dulu

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool