kuliner lombok timur

Kuliner dan Takjil Ramadhan Lombok Timur

Kuliner dan Takjil Ramadhan Lombok Timur
1.8 (36%) 5 votes

Sejak memutuskan ingin kembali menetap di Lombok di awal 2014 lalu, saya sudah menyiapkan diri untuk sepenuhnya memasak selama sebulan penuh di bulan ramadhan. Bukan apa-apa, saat tinggal di Semarang, saya lebih terbiasa membeli lauk pauk atau takjil siap santap. Pilihan warteg memang jauh lebih banyak, juga opsi kuliner berbagai daerah. Satu kondisi yang tidak bisa saya dapatkan lagi di kota Selong, ibukota kabupaten Lombok Timur, kota kelahiran serta tempat tinggal saya saat ini.

Kabupaten Lombok Timur umumnya cukup homogen dengan prosentase muslim mayoritas hampir di semua desa atau kecamatan. Saat ramadhan tiba, hampir semua warung makan tutup dan pasar-pasar tradisional hanya menyediakan jenis-jenis kuliner atau takjil yang masih berupa bahan dan harus diolah terlebih dahulu sebelum disantap.

Jika suatu saat anda tiba-tiba harus berkunjung ke Lombok Timur saat ramadhan dan kebingungan harus berbuka atau sahur di mana? Maka anda harus menyimak contekan saya di ulasan ini.

kuliner lombok timur

Pusat Kuliner Taman Kota Selong

Spot kuliner ini terletak di jantung kota Selong dan mudah diakses dari arah mana saja. Juga cukup dekat dari hotel-hotel serta penginapan di kota Selong. Diapit dua ruas jalan raya utama, jalur masuk dan keluar kota, berbagai macam kuliner bisa sobat Ezy dapatkan di sini. Ssssttt, beberapa warung tenda bahkan menyediakan soto Solo, sate dan gulai Madura pun ada. Tak hanya itu, bibi-bibi yang berjualan dengan meja panjang sederhana pun sajikan kuliner komplit khas Lombok. Di kompleks tengah taman, warung-warung tenda juga sediakan serba es campur, bakso dan soto a la Lombok, soto dengan taburan serundeng yang gurih. Di bagian tengah ini pula Anda bisa temukan musholla kecil jika ingin segera tunaikan sholat maghrib.

Dua spot lainnya bahkan sangat dekat dengan dua masjid cantik Lombok Timur. Iyak, Masjid Agung Al Mujahidin kota Selong dan Masjid At Taqwa Pancor, pusat perdagangan Lombok Timur.

kuliner lombok timur

Masjid Agung Al Mujahidin Selong dan Taman Tugu.

kuliner lombok timur

Masjid At Taqwa dan Pusat Perdagangan Pancor Lombok Timur

Di kompleks Masjid Raya Kota Selong memang hanya ada gerobak pedagang cilok dan gerobak tenda yang sediakan es kelapa muda serta minuman instan seperti kopi sachet atau soda yang jamak ditemukan di tempat lain. Namun spot kuliner ini selalu ramai karena menjadi tempat hang out remaja kota Selong atau para penikmat joging yang ngabuburit menunggu waktu berbuka.

Sementara di sekitar Masjid At Taqwa Pancor, cukup banyak warung makan, bakso, soto dan gulai yang biasanya akan ramai di waktu berbuka. Terutama saat musim berbelanja baju lebaran sudah mulai, sobat Ezy harus sabar di antrian yaaa. Di kompleks perdagangan ini pula ada salah satu supermarket yang sudah eksis cukup lama. Entah karena semakin sedikitnya sentra-sentra penjual kuliner atau takjil di Selong, di supermarket ini juga menyediakan menu takjil bahkan paket ayam Taliwang yang cukup lengkap.

Selain tiga spot sentra kuliner di atas dan satu supermarket, biasanya takjil umum seperti berbagai varian kolak, es campur, es buah di jual di pinggir jalan di atas meja-meja sederhana. Beberapa lesehan dan warung makan relatif baru buka menjelang maghrib. Anda bisa dapatkan lesehan-lesehan dan warung-warung makan ini di ruas jalan menuju pantai Labuhan Haji atau kawasan selatan kota Selong.

Salah satu kuliner takjil khas yang paling sering bikin saya kangen saat jauh dari Lombok, namanya Keludan. Biasanya, karena tak bisa membuat sendiri, saya menanyakan ke ibu untuk bahan utamanya . Dan dari petunjuk ibunda, bahan utamanya adalah Tepung beras, campuran sedikit kapur sirih sebagai pengental adonan, daun suji untuk pewarna hijaunya. Bahan utama dimasak menjadi bubur baru kemudian dituang di nampan atau dibungkus daun pisang (kanan bawah di foto Feature Image). Setelah dingin dan padat, dipotong-potong tipis dan disajikan dengan parutan kelapa serta kuah gula merah kental.

kuliner lombok timur

Keludan dan gula merah, kelapanya masih di pohon 😀

kuliner lombok timur

Keludan, dawet a la Sasak Lombok.

Di bibi-bibi penjual menu takjil, keludan biasanya dijual bersama dengan lupis, serabi, geguli (rrr, bahasa Indonesianya apa yak? 😀 takjil ini berbahan dasar tepung sagu, dibentuk sederhana dengan masing-masing ujungnya runcing seperti snack sagu keju) dan ketan kukus biasa. Tekstur keludan legit dan lembut serta hijau cerahnya mengundang selera.

Untuk kuliner pelecing kangkung, di Lombok Timur agak unik karena bahan utamanya umumnya hanya kangkung dan tauge rebus. Jarang mencampur topping kacang tanah goreng, serundeng kelapa, kukusan sambal parutan kelapa atau kecambah segar. Sambal tomatnya benar-benar raw food, karena kecuali terasi yang dibakar atau digoreng, baik cabai serta tomatnya benar-benar segar. Tidak dikukus atau pun di goreng. Untuk urap, beberapa langganan saya kadang sertakan irisan halus rebusan daun singkong atau irisan halus rebusan daun turi dengan potongan pendek kacang panjang dan lagi lagi, tauge rebus. Kelapa parutnya hanya dibakar dan baru akan diparutkan jika ada yang membeli. Sambal urap khas dengan sengir jeruk purut dan sambal terasi goreng.

Duh, menulis kuliner dan takjil saat berpuasa begini benar-benar uji nyali yak..:P

Akhirnya, efek dari menulis ini, menu berbuka keluarga kecil saya adalah pelecing kangkung dan takjil keludan segar, gurih serta yummyyy…Ah iya, saat menikmati keludan dengan kelapa parut dan gula merah yang diencerkan sendiri, sepintas rasanya seperti es dawet. Wah, jadi baru tahu juga, ternyata kue basah keludan ini, rasa lain dawet a la Sasak Lombok.
Ok sobat Ezy, contekannya sudah lumayan lengkap kan? So, dont worry and always be happy when you visiting East Lombok.

(Visited 274 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Kuliner dan Takjil Ramadhan Lombok Timur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool