kuliner-khas-sumbawa

Kuliner Khas Sumbawa Singang Ikan yang Segar

Vote Us

Pesona Lombok Sumbawa nggak berhenti cuma pada wisata alamya. Kedua pulau ini, Lombok dan Sumbawa mewakili pulau-pulau lainnya di Nusa Tenggara Barat sebagai destination branding dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata daerah NTB ke mancanegara, sekaligus untuk mendukung branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia sebagai country branding. Kedua pulau ini, Lombok dan Sumbawa sebagai sekilas penampakan wajah Nusa Tenggara Barat, selain memiliki alam yang memang mempesona juga menyimpan pesona lain yaitu pesona kuliner yang mantap punya. Khusus di postingan kali ini saya mau bahas soal kuliner khas Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Seperti setiap daerah di Indonesia, Sumbawa juga punya kuliner khas yang menggoda lidah. Sayang banget untuk dilewatkan! Salah satu kuliner Sumbawa tersebut adalah singang khas Sumbawa. Nah apa itu singang? Ntar saya kasi tahu. Simakin dulu nih cerita saya.

wisata-kuliner

Jadi, kemarin saya sudah mengajak Ezytravelers untuk jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di Sumbawa (you can see my previous post), nah sekarang saatnya kita makan-makan. Saya mau ajakin kalian nyicipin gimana rasanya singang khas Sumbawa itu.

singang-khas-sumbawa

Setelah mengeksplor alam Sumbawa ke daerah-daerah yang lumayan dekat dan masih bisa dijangkau dalam kunjungan singkat, kami kemudian memutuskan untuk menutup perjalanan kami dengan makan-makan sebelum kembali ke Lombok. Kami mencari kuliner khas Sumbawa. Jadi, setelah dari Desa Mantar, kami langsung meluncur ke Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Menurut rekomendasi seorang teman akhirnya kami menuju ke salah satu lesehan yang menjual kuliner khas Sumbawa yang kami cari-cari yaitu singang. Singang bisa dibilang merupakan salah satu kuliner khas Sumbawa yang cukup populer. Ketika berkesempatan ada di Sumbawa, makanan satu itu yang paling saya cari-cari akhirnya. Di lesehan tadi, kami pun memesan menu singang.

kuliner khas sumbawa

Singang merupakan masakan tradisional berbahan dasar ikan segar yang biasanya dijadikan sebagai lauk. Ikan segar yang dibumbui dengan berbagai macam rempah sehingga sekilas singang terlihat ikan dengan kuah kuning. Sepintas singang mirip dengan gulai ikan karena kuahnya itu tadi.

Beberapa lama kemudian, pesanan kami pun datang. Di hadapan kami sudah ada kuliner khas Sumbawa, singang yang terlihat begitu begitu segar. Lihat saja dari paduan warnanya. Warna kuah kuning (sometimes, the color is orange) berpadu dengan warna hijau cabe rawit. Nggak cuma warnanya yang segar, ternyata pas diicip rasa singang ini pun juga segar! Kuah singang terasa agak asam, tapi teteeeep enak!

kuliner khas sumbawa

Sebenarnya, sebelumnya saya pernah mencoba memakan singang tapi di Lombok, dibuatkan oleh kakak ipar yang berasal dari Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari situlah pertama kali saya tahu singang adalah makanan khas Sumbawa. Dari situ juga pertama kali saya nyicip seperti apa rasanya singang.

Pengalaman kedua makan singang ini adalah di Pantai Goa. Pantai Goa merupakan salah satu tempat wisata kukiner yang menyediakan makanan khas Sumbawa terutama Singang itu sendiri. Kalau makan singang di pantai Goa ikannya gede gedeeee. Di pantai Goa pilihan ragam ikannya banyak jadi pembeli bisa pilih mau pakai ikan apa, umunya ikan yang tersedia di sana adalah ikan laut. Sementara singang ikan yang saya makan di lesehan di Taliwang itu adalah ikan air tawar. Meskipun sudah pernah nyobain makan singang di Lombok, menikmati suatu kuliner langsung dari tempat asalnya punya sensasi tersendiri. Ada kepuasan dan kenikmatannya yang berbeda.

kuliner khas sumbawa

So, where we can find this kinda food? Selain di Pantai Goa yang menjadi salah satu pusat kuliner, kalian bisa menemukan singang ini di salah satu lesehan di Taliwang yaitu Lesehan Tanamira. Lokasinya cukup mudah dijangkau. Untuk ke menuju ke Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Ezytravelers mesti ke Lombok terlebih dahulu dan menyebrang dari Lombok ke Pulau Sumbawa meggunakan kapal feri dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur. Barulah meluncur ke Taliwang. But wait, semisal Ezytravelers nggak sabaran banget mau ke Taliwang untuk nyobain singang, berikut contekan info bahan dan cara buatnya~

tiket mudik murah

Berikut ini sedikit contekan bahan dan cara membuat singang yang cukup simpel. Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat singang adalah:

  • Ikan laut (bebas pakai ikan apa saja, sesuai selera, tapi disarankan untuk menggunakan ikan bandeng atau kakap)
  • Bumbu halus secukupnya (kunyit, kemiri, cabe merah kecil/besar, garam, bawang merah)
  • Bawang merah dan bawang putih
  • Air asam jawa
  • Penyedap rasa

Cara membuatnya simpel saja:

  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  • Lalu masukkan bumbu halus (kunyit,kemiri,cabe merah keci/besar, garam, bawang merah) tumis sampai harum.
  • Lalu masukkan air asam jawa secukupnya.
  • Setelah mendidih, masukkan ikan yang sudah di bersihkan dan yang sudah di potong sesuai selera.
  • Kemudian tunggu sampai ikannya terlihat matang lalu di angkat. Singang siap di hidangkan dan siap di santap!

Buruan langsung terbang ke Lombok! Booking hotel murah & Tiket pesawat Jakarta Lombok. Wow! Ada paket tour murah juga untuk Ezytravelers.

Udah segitu aja cerita wisata kuliner dari saya. Jadi, gimana pesona kuliner khas Sumbawa? Mantaap kaaan? Setelah singang, nanti bakal ada lagi makanan khas Sumbawa yang bakal saya share ke Ezytravelers. Share ceritanya doaaaang, nggak makanannya. Hehe… Kalau mau nyoba sendiri rasain singang langsung dari daerah asalnya, sini buruaaaaan ke Sumbawa!

(Visited 242 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Kuliner Khas Sumbawa Singang Ikan yang Segar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool